10 Film Natal Paling Inspiratif yang Bisa Mama Tonton Bareng Keluarga Selama Liburan Natal dan Tahun Baru

10 Film Natal Paling Inspiratif yang Bisa Mama Tonton Bareng Keluarga Selama Liburan Natal dan Tahun Baru

4.2K
Liburan Natal dan tahun baru sudah di depan mata, senang pasti dong. Bagi Mama yang akan menghabiskan liburan Natal dan tahun baru di rumah, film Natal ini jangan sampai dilewatkan ya.

Menonton film-film bernuansa Natal bisa dianggap sebagai salah satu tradisi keluarga untuk menghabiskan hari libur Natal dan akhir tahun. Apalagi, TV swasta maupun TV kabel juga rutin menayangkannya. Tak tanggung-tanggung film Natal pun hadir setiap hari untuk menemani si kecil selama liburan.

Bagi Mama yang beragama Nasrani, mengajak si kecil menonton tayangan TV maupun DVD film-film Natal populer tersebut bisa sekaligus menjadi cara untuk mengajarkan makna Natal yang sebenarnya.


So, inilah 10 film Natal paling inspiratif versi Rocking Mama yang kaya makna dan selalu menjadi favorit keluarga.

1. Home Alone 1 – 4

Film Natal satu ini menceritakan seorang anak berusia 8 tahun bernama Kevin McCallister yang merayakan Natal seorang diri di rumah. Kevin nggak sengaja tertinggal oleh keluarganya yang berlibur ke Paris, Prancis. Keseruan cerita terletak pada ide jebakan Kevin yang sangat brilian ketika harus berhadapan dengan 2 pencuri yang ingin merampok rumahnya.

Sekuel kedua Home Alone muncul pada tahun 1992, tetap dibintangi oleh Macaulay Culkin sebagai Kevin McCallister. Kali ini cerita berputar pada pengalaman Kevin yang tersesat di New York. Ia terpisah dari rombongan keluarganya yang ingin menghabiskan libur Natal di Miami, Florida. Lagi-lagi Kevin bertemu dengan penjahat yang pernah merampok rumahnya, yang masih saja masuk perangkap jebakan-jebakan Kevin.

Pada sekuel ketiga (1997) dan keempat (2002), tokoh Kevin McCallister sudah diganti karakter anak yang lain, dengan rentang umur yang sama yaitu 8 – 9 tahun dengan aksi yang sama, menghentikan aksi kejahatan. Trik-trik yang digunakan pun nggak kalah briliannya.


BACA JUGA


Film Coco dari Pixar Meraih Box Office di Minggu Pertama Pemutarannya - Ini Dia 3 Hal yang Bisa Dipelajari Anak-Anak dari Miguel!

Film Coco dari Pixar Meraih Box Office di Minggu Pertama Pemutarannya - Ini Dia 3 Hal yang Bisa Dipelajari Anak-Anak dari Miguel!

Film Coco tak sekadar menjadi film yang enak ditonton, tapi juga menawarkan banyak sekali nilai kebaikan hidup, terutama bagi anak-anak. ...

Read more..


2. The Polar Express

Film Natal animasi yang diangkat dari buku anak populer karya Chris Van Allsburg ini mengisahkan petualangan seorang anak yang tak percaya akan Santa Claus.

Ia akhirnya melakukan perjalanan ke Kutub Utara di malam Natal dengan kereta Polar Express. Sayangnya, menemukan Santa Claus memang bukan perkara mudah, banyak tantangannya.

Dan setelah ia bertemu Santa, dirinya tetap saja kurang percaya, meski akhirnya berhasil meyakinkan diri sendiri untuk percaya. Bahkan, ia bisa mendengar suara lonceng kereta Santa dan terpilih sebagai penerima hadiah pertama dari Santa.


3. Frosty the Snowman

Frosty, si manusia salju, hidup di film berkat topi ajaib dari beberapa anak. Namun topi ajaib itu juga membawa petaka bagi Frosty, karena seorang penyihir jahat ingin memilikinya agar bisa memenuhi semua keinginannya. Berkat persahabatan Frosty dengan Karen, ia pun bisa membebaskan diri dari sang penyihir.


4. The Santa Claus

Komedian Tim Allen, memerankan Scott Calvin, yang tak sengaja menjatuhkan Santa Claus dari atap rumahnya sehingga ia meninggal!

Scott lalu menemukan sepucuk kartu dari kantong Santa, berisi pesan bahwa Scott-lah sang Santa Claus berikutnya. Tiba-tiba tubuh Santa menghilang dan Scott pun sudah berpakaian Santa.

Tak ada pilihan lain, Scott dan Charlie, anaknya, meneruskan pekerjaan Santa pada malam Natal. Meski dibuat menggila dengan perubahan tubuh seperti Santa, lama-lama Scott menerima juga tugas itu, setelah hampir kehilangan hak asuh Charlie.

Ia kemudian bahkan bangga menjadi Santa.


BACA JUGA


Ajak Anak Nonton Film R-Rated? Beberapa Alasan Berikut Semoga Meyakinkan Mama untuk Tak Melakukannya Lagi

Ajak Anak Nonton Film R-Rated? Beberapa Alasan Berikut Semoga Meyakinkan Mama untuk Tak Melakukannya Lagi

Ajak anak nonton film nggak bisa sembarangan! Please perhatikan rating film yang akan ditonton. Salah-salah, Mama malah akan membawa si ...

Read more..


5. Christmas Story

Seorang anak yatim piatu bernama Nikolas kehilangan kedua orangtuanya akibat kecelakaan. Karena kasihan, maka penduduk desa memutuskan untuk merawat Nikolas bersama-sama.

Setiap Natal, Nikolas memiliki kebiasaan pindah ke rumah baru di desa itu. Nikolas yang baik hati itu sangat bahagia karena memiliki tetangga-tetangga yang baik juga.

Hingga suatu hari, ia ingin berterima kasih kepada mereka dengan membuatkan mainan untuk anak-anak dari orangtua yang sudah merawatnya.


6. Stuart Little

Film Natal produksi tahun 1999 ini mengisahkan pasangan Mr. Dan Mrs. Little yang ingin mengadopsi anak untuk menjadi adik dari George, anak kandung mereka.

Mereka pun jatuh hati pada Stuart, seorang tikus putih kecil.

Namun tak demikian dengan George dan Snowbell, kucing peliharaan keluarga Little. Snowbell bahkan berusaha menyingkirkan Stuart, dengan bantuan beberapa kucing liar yang suka berkeliaran di lingkungan rumah tinggal mereka.

Stuart yang pintar dan baik hati harus berusaha kembali ke keluarga Little karena ia sangat menyayangi Mr. dan Mrs. Little, serta George.


7. Elf

Sewaktu kecil, Buddy tak sengaja masuk ke karung mainan Santa. Alhasil, Buddy pun akhirnya dibesarkan oleh para elf—peri pembantu Santa, hingga akhirnya ia sadar, dirinya berbeda.

Santa meminta Buddy untuk pergi ke New York untuk menemui ayah kandungnya, Walter Hobbs, direktur perusahaan yang terkenal tak berperasaan menurut daftar Santa.

Buddy yang ramah, ceria dan senang membantu, nggak peduli. Lewat aksi Buddy yang humoris, mereka akhirnya pun berteman, bahkan berhasil menyelamatkan Natal bersama.


BACA JUGA


7 Film Keluarga Tak Biasa yang Bisa Mama Tonton Akhir Pekan Ini Bersama Keluarga

7 Film Keluarga Tak Biasa yang Bisa Mama Tonton Akhir Pekan Ini Bersama Keluarga

Di rumah saya, film keluarga menjadi salah satu media pemersatu. Bila salah satu anggota keluarga duduk manis depan televisi, yang lain ...

Read more..


8. Arthur Christmas

Kesibukan Santa Claus menjelang Natal tergambar dalam film ini, termasuk rahasia Santa bisa mengirimkan hadiah ke seluruh dunia saat malam Natal.

Ternyata Santa tak tinggal sendirian. Ia dibantu oleh Grandsanta, Mrs. Santa, Steve, dan Arthur.

Tahun ini, Arthur mendapatkan giliran mengemban misi penting, yaitu mengirimkan hadiah pada anak-anak. Petualangan pun dimulai, saat diketahui ada hadiah yang ketinggalan. Arthur pun berjuang sekuat tenaga untuk tetap mengirimkan hadiah kepada anak tersebut. Karena kalau tidak, reputasi Santa Claus yang menjadi taruhannya.


9. Jingle All the Way

Seorang ayah, diperankan oleh Arnold Schwarzenegger, mendapatkan permintaan hadiah Natal dari anaknya berupa mainan Turbo Man.

Saat itu, hampir seluruh kota memang sedang ngehits banget tuh Turbo Man, sehingga nyaris semua toko kehabisan. Namun, karena hadiah Natal itu istimewa, maka dibela-belain deh si Ayah untuk mendapatkannya demi permintaan si anak.

Ia pun rela mencari ke mana-mana, bahkan mengejar orang tua yang berhasil membeli Turbo Man.

Hasilnya, nol.

Si ayah kemudian mencari akal, dan memutuskan menjadi seorang Turbo Man, demi anaknya. Hal ini malah membuat anaknya bangga, meski nggak mendapatkan mainannya.


10. How the Grinch Stole Christmas

Karakter makhluk hijau yang disebut Grinch ini diceritakan sebagai sosok yang suka banget menghancurkan suasana Natal.

Ia selalu mencuri dekorasi dan hadiah-hadiah Natal, serta menghambat persiapan perayaan Natal. Meski begitu, penduduk kota tak dendam dengan Grinch, yang diperankan oleh Jim Carrey.

Mereka justru mengundangnya untuk hadir di acara Natal. Hal tersebut membuat hati Grinch pun luluh, sehingga ia berubah menjadi baik.


BACA JUGA


Menonton Film Bareng Anak di Bioskop, Mama Perlu Memperhatikan 7 Hal Ini Agar Sukses Menonton Dari Awal Hingga Akhir!

Menonton Film Bareng Anak di Bioskop, Mama Perlu Memperhatikan 7 Hal Ini Agar Sukses Menonton Dari Awal Hingga Akhir!

Menonton film bareng anak di bioskop kesayangan kadang susah dilakukan terlebih jika si kecil masih balita. 7 hal ini perlu Mama perhatikan ...

Read more..


10 film Natal inspiratif ini dijamin akan membuat liburan Natal dan tahun baru lebih berwarna. Mama pun bisa mengajarkan pada si kecil bagaimana berbagi kasih dengan sesama, menolong orang yang membutuhkan hingga pentingnya kehadiran keluarga. Film Natal ini lebih menghibur tapi tidak menyampingkan unsur edukasi di dalamnya.

Well, Mama yang beragama Nasrani sudah siap belum pohon Natal dan kue-kuenya untuk perayaan Natal besok?

Selamat menyongsong Natal dan selama berlibur dengan keluarga.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "10 Film Natal Paling Inspiratif yang Bisa Mama Tonton Bareng Keluarga Selama Liburan Natal dan Tahun Baru". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar