10 Kampung Warna-Warni Di Indonesia Ini Nggak Kalah Cantik dengan Semua Kampung Artistik yang Ada di Luar Negeri!

10 Kampung Warna-Warni Di Indonesia Ini Nggak Kalah Cantik dengan Semua Kampung Artistik yang Ada di Luar Negeri!

3.9K
Kampung warna-warni tengah ngehits di negara kita. Mama udah pernah mengunjunginya belum? Kalau belum, 10 kampung warna-warni ini bisa jadi referensi untuk Mama pilih.

Ada banyak kampung warna-warni di dunia, sebut saja Cinque Terre Italy yang sangat ngehits, ada juga Chefchaouen Morroco yang kental dengan warna biru, dan masih banyak lainnya. Tapi, tetap saja Santa Marta, Rio de Janeiro Brasil yang selalu saya ingat.

Memang sih saya belum pernah ke sana tapi karya kampung warna-warni di sana bisa dibilang unik, barangkali karena ‘dibidani’ oleh dua seniman terkenal asal Belanda kali ya. Vibrasi warna-warnanya pun menyejukkan mata.

Kini, pariwisata di negara kita pun bersolek dengan menghadirkan kampung warna-warni di berbagai kota.

Kampung warna-warni ini nggak kalah cantik kok dengan yang ada di luar negeri. Penasaran kota mana saja yang sudah menghadirkan kampung warna-warni? Let’s check it out!


BACA JUGA


Hello Radio - Humor Kekinian Bikin Nggak Berhenti Ngakak! Favorit Mama yang Mana?

Hello Radio - Humor Kekinian Bikin Nggak Berhenti Ngakak! Favorit Mama yang Mana?

Mama udah dengar Hello Radio belum? Beuh, Hello Radio lagi booming nih, asli bakal bikin Mama nggak berhenti ngakak

Read more..


10 Kampung warna-warni yang bisa Mama masukin ke dalam list wisata keluarga.


1. Kampung Wisata Warna-Warni Lubuk Linggau, Sumatera Selatan

sumber : sigerindo

Kampung warna-warni ini terletak di pemukiman di kawasan daerah aliran sungai tepatnya di Kelurangan Lubungkinggau Ulu, Kecamatan Lubuklinggau Barat II dan Uluk Surung, Kecamatan Lubuklinggau Utara II.

Konon, proyek ini menghabiskan 3 ton cat untuk penyelesaiannya.


2. Kampung Rumah Warna-Warni Teluk Seribu, Balikpapan

sumber : travel kompas

Lokasi kampung warna-warni terletak di kelurahan Manggar Baru, Balikpapan Timur dan berjarak 30 menit dari Bandar Udara Sepinggan.

Rumah kayu milik warga dicat dengan warna mentereng . Pengecatan ini menghabiskan 8.000 liter cat. Untuk proyek ini disponsori oleh cat Avian sebagai bentuk penyaluran CSR.

Jika Mama pengin berwisata ke kampung ini, cukup membayar Rp. 3.000,- untuk tiket masuk. Dan di ujung kampung, terdapat kapal-kapal untuk disewakan. Harga sewa untuk kapal berkapasitas 15-20 orang sekitar Rp. 300.000,- sedangkan untuk berkapasitas 30 orang dikenakan tarif Rp. 500.000,-. Mau naik perorangan pun bisa, Mama cukup membayar Rp. 10.000 – Rp. 20.000,-.

Psst, katanya lebih menarik jika Mama mengunjungi tempat ini saat petang hari.


3. Kampung Warna-Warni Sungai Kalilo, Banyuwangi

Tahu nggak Ma, dulu sungai ini pemandangannya biasa saja bahkan dijadikan tempat pembuangan sampah oleh masyarakat sekitar. Tapi, kini semua berubah! Coba lihat, kampungnya menjadi lebih bersih dan berwarna.

Sebuah kerja sama yang apik dari Institut Teknologi Sepuluh November (IKA-ITS) Surabaya, Pemkab Banyuwangi dan masyarakat sekitar membuat sungai yang dulunya kotor berubah menjadi tempat obyek wisata baru.

Mama ingin berkunjung ke kampung warna-warni ini? Tenang saja Ma, lokasinya sangat strategis kok, berada di tengah kota tepatnya di Kelurahan Singonegaran, Kecamatan Banyuwangi.


BACA JUGA


Masukkan 11 Lagu EDM Rekomendasi Rocking Mama Ini ke Dalam Playlist Untuk Menemani Aktivitas Mama yang Energik!

Masukkan 11 Lagu EDM Rekomendasi Rocking Mama Ini ke Dalam Playlist Untuk Menemani Aktivitas Mama yang Energik!

Lagu EDM memang lagi ngehits! Ya, soalnya lagu-lagu EDM ini memang asyik banget jadi teman beraktivitas apa saja. Berikut 11 rekomendasi ...

Read more..


4. Kampung Penas Cipinang Selatan, Jakarta Timur

Siapa bilang ibukota nggak punya kampung warna-warni?

Kalau begitu, Mama mesti ke kampung Penas Cipinang Selatan, Jakarta Timur. Kampung warna-warni ini terletak di bantaran kali Cipinang.

Memang sih sekarang ini baru belasan rumah yang dicat oleh warga. Dan konon, kampung ini bebas asap rokok loh! Wow keren banget ya kan, Ma!


5. Kampung Wisata Jodipan, Malang

foto by : Rino Anugrawan

Nah ini yang paling ngehits ya, Ma. Kampung wisata Jodipan, Malang.

Dulu, kampung ini merupakan pemukiman kumuh. Sekarang disulap dengan berbagai warna menjadi sangat menarik, bersih dan merupakan obyek wisata yang wajib dikunjungi jika berwisata ke Malang.

Kampung wisata Jodipan memiliki 107 rumah yang dicat dengan 17 warna. Gambar yang menghiasi dinding rumah dilukis oleh komunitas mural.

Untuk memasuki kampung wisata Jodipan ini, Mama cukup membayar Rp. 2.000,-. Uang ini akan digunakan untuk perawatan lingkungan.


6. Kampung Warna-warni Kenjeran, Surabaya

Jika Jodipan dari Malang ngehits di kalangan traveler, Surabaya pun nggak mau kalah. Kampung Bulak, Kenjeran, Surabaya yang lokasinya di pesisir utara kini disulap oleh Pemkot Surabaya menjadi kampung warna-warna.

Awal mula kampung ini pun tak jauh beda dengan kampung warna-warni lainnya, kumuh. Dan sekarang wajah kampung kumuh itu berubah menjadi cantik dengan sentuhan warna-warni.

Lokasinya pun mudah dijangkau, dekat dengan Jembatan Suroboyo. Iyes, jembatan ini merupakan salah satu ikon wisata baru di Surabaya.

Melihat kampung warna-warni dari atas jembatan di malam hari pastinya sangat romantis ya, Ma. Apalagi berduaan sama Papa. Duh, so sweet...

Untuk masuk ke kampung warna-warni ini, Mama cukup mengeluarkan uang Rp. 2.000,- saja.


7. Kampung Warna-Warni Code Yogyakarta

sumber : tribunnews

Jika Mama berkunjung ke Jogja, sempatkan untuk mengunjungi kampung warna-warni Code ini.

Lokasi kampung warna-warni ini terletak di Kampung Code Utara RT 01 RW 01, Kota Baru, Gondokusuman, Yogyakarta.

Yang unik dari kampung warna-warni ini adalah pemilihan warnanya. Kuning, merah, putih dan biru adalah warna yang dipilih warga Code Utara untuk menghiasi rumah-rumahnya.

Melihat kampung warna-warni Code dari jembatan Gondolayu terasa lebih asyik apalagi di malam hari.


8. Desa Wisata Bejalen, Ambarawa

sumber : twitter

Kampung warna-warni bisa Mama temui juga di Jawa Tengah. Lokasinya berada di Desa Bejalen, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Mama tak perlu khawatir karena kampung warna-warni ini jaraknya 3km dari pusat kota. Akses jalannya mudah, bisa Mama tempuh dengan kendaraan beroda dua atau empat.


9. Kampoeng Kelir Kroman, Gresik

Jawa Timur memegang rekor nih, propinsi dengan kampung warna-warni terbanyak!

Satu lagi datang dari Gresik. Iyes, kampung warna-warni ini namanya Kampoeng Kelir yang artinya kampung berwarna.

Kampoeng Kelir ini diresmikan tahun 2016. Menurut data, sekitar 104 bangunan dicat menjadi berwarna. Dalam kegiatan baksos untuk mencat ini turut hadir Gus Ipul dan Iwan Fals.

Dulu kawasan ini terkenal kumuh, sekarang berubah menjadi sangat menarik dengan warna-warni yang menarik perhatian pengunjung.


10. Kampung Warna-warni Wonosari, Semarang

foto by : safimakki

Nah ini yang terbaru dari ‘seri kampung warna-warni’. Iyes, letaknya di Wonosari, Semarang.

Kampung warna-warni ini hits banget Ma. Coba deh Mama search di Instagram, banyak banget foto-foto berlokasi di tempat ini.

Konon untuk proyek kampung warna-warni ini menghabiskan dana hingga 300 juta dari bantuan pemerintah setempat.

Bisa dikatakan kampung warna-warni Wonosari ini bakal menggeser Jodipan sebagai kampung warna-warni paling hits. Tempatnya sangat instagramable, mural-mural di sana beberapa di antaranya dibikin versi 3D loh Ma.

Mata dunia tengah tertuju di kampung warna-warni ini. Sebut saja Vogue, House Beautiful hingga BoredPanda dan beberapa media ngetop di luar negeri memberitakan tentang hadirnya kampung ini. Ish, keren banget kan?


BACA JUGA


10 Buku yang Paling Banyak Dibaca di Seluruh Dunia - Sudahkah Mama Membaca Semuanya?

10 Buku yang Paling Banyak Dibaca di Seluruh Dunia - Sudahkah Mama Membaca Semuanya?

Buku adalah gudang ilmu. Mau buku fiksi atau nonfiksi, semua perlu banget kita baca untuk menambah wawasan kita sendiri. Sudah baca 10 buku ...

Read more..


Melihat perkembangan wisata negara kita rasanya patut berbangga ya, Ma. Pemerintah dan warga bergotong royong untuk membangun wisata.

Ada satu benang merah dari keseluruhan kampung warna-warni, letaknya di pinggir kali maupun sungai. Nggak hanya itu, awal mula kampung-kampung ini pun kumuh, dan disulap menjadi cantik dengan bantuan pemerintah setempat maupun program CSR beberapa perusahaan.

Tak menutup kemungkinan ke depannya kampung warna-warni ini bakal merambah ke seluruh provinsi di seluruh Indonesia. Kita tunggu saja ya kehadirannya.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "10 Kampung Warna-Warni Di Indonesia Ini Nggak Kalah Cantik dengan Semua Kampung Artistik yang Ada di Luar Negeri!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ranny Afandi | @rannyafandi

Content creator. Aquarian. Movie lover. Bookaholic. Read my stories at www.hujanpelangi.com | Find me on IG & twitter : @rannyrainy

Silahkan login untuk memberi komentar