Tahu Nggak sih, Ma, 10 Minyak Esensial ini Tanaman Asli Indonesia Lho!

www.naturesownessence.com

Tahu Nggak sih, Ma, 10 Minyak Esensial ini Tanaman Asli Indonesia Lho!

1.5K
Smell is a potent wizard that transports us across thousands of miles and all the years we have lived. ~ Helen Keller

Mama suka memakai minyak esensial untuk relaksasi? Barangkali Mama suka memakai merek-merek impor? Mungkin juga di antara kita sudah familiar dengan minyak esensial alami seperti tea tree oil, lavender atau chamomile.

Tapi, tahukah Mama jika tanaman-tanaman berikut ini hanya tumbuh di Indonesia, dan khasiatnya sudah mendunia.


1. Kapur Barus (Benzoin)


Nama latin : Styrax benzoin

Ini bukan kapur barus yang biasa kita kenal dalam bentuk bola pengusir ngengat ya, Mama. Tapi pohon kapur barus yang tumbuh subur di Sumatera dan Jawa.

Selain diolah menjadi obat serangga, kapur barus bisa untuk perawatan kulit pecah-pecah, obat rematik, asma, flu, juga mengatasi gusi radang. Kapur barus juga digunakan dalam industri parfum dan sabun.


2. Kamper Kalimantan (Borneol)


Nama Latin : Dryobalanops aromatica

Sesuai namanya, Kamper Kalimantan ini adalah tanaman khas Kalimantan. Selain minyak kamper ini terkenal sebagai obat keseleo, juga dapat diolah menjadi sabun, parfum, penangkal serangga dan obat batuk. Di Tiongkok dan Jepang kamper bahkan digunakan untuk pernis dan tinta.


3. Kayu Putih (Cajuput)


Nama latin : Melaleuca cajuputi

Tanaman yang tumbuh subur di wilayah Indonesia Timur ini tentu sudah cukup akrab bagi Mama untuk obat gosok dan menghangatkan tubuh. Tapi tahukah Mama, kayu putih juga digunakan sebagai obat batuk, permen pelega tenggorokan dan obat kumur. Sedangkan dalam industri makanan, kayu putih juga digunakan untuk perisa dan minuman bersoda.

Hmmm. *buka kaleng minuman bersoda*


4. Kenanga (Cananga)


Nama latin : Cananga odorata

Bunga ini banyak didapati di daerah Jawa dan Maluku. Di samping diolah menjadi parfum, bunga Kenanga juga mampu untuk menangkal gigitan serangga, lho.


5. Cengkih (Cloves)


Nama latin : Syzygium aromaticum

Di Maluku, terdapat produksi utama pengolahan minyak esensial cengkih, biasanya produk akhirnya berupa balsem dan parfum. Di Jawa, cengkih dipakai untuk bahan campuran pada industri rokok. Sementara di luar negeri, aroma cengkih dijadikan pengharum pasta gigi, sabun dan kosmetik.


6. Kemukus (Cubebs)


Nama latin : Piper cubeba

Meski kini tergolong langka, tapi tanaman asli Indonesia ini tersebar secara merata di penjuru nusantara. Kemukus biasa dijadikan obat batuk, obat infeksi dan campuran sabun antiseptik. Yuk Mama, kita turut lestarikan keberadaan kemukus ini, karena khasiatnya yang nggak bisa dianggap enteng.


7. Lengkuas (Galangal)


Nama latin : Alpinia Officinarum

Lengkuas adalah flora endemis Jawa. Hampir semua masakan Jawa menggunakan rimpang lengkuas sebagai bumbu penyedap. Di samping melezatkan makanan, lengkuas ternyata berkhasiat untuk antiseptik dan meredakan kembung.


8. Pala (Nutmeg)


Nama latin : Myristica fragrans

Maluku terkenal sebagai daerah dengan kekayaan alam yang berlimpah, dan salah satunya adalah pala. Selain untuk bumbu dan perisa makanan, pala juga berkhasiat untuk meredakan nyeri juga sebagai bahan baku parfum pria.


9. Akar wangi (Vetiver)


Nama latin : Vetiveria zizanoides

Sekilas nama tanaman ini mirip dengan salah satu penyanyi dangdut Indonesia kakaknya Alam ‘Mbah Dukun’ ya. Hahaha. Tapi jangan salah. Bagi Mama yang memiliki keluhan dengan jerawat, akar wangi adalah solusinya. Oleh sebab itu minyak esensialnya sering dijadikan bahan campuran kosmetik.


10. Ylang ylang


Nama latin : Cananga odorata var. genuina

Selain Indonesia, saudara jauh kenanga ini juga banyak tumbuh di Filipina. Pada masa lalu bunga keringnya bermanfaat untuk mengobati malaria, sementara bunga segarnya dijadikan obat asma. Dunia kosmetik pun menjadikan ylang ylang sebagai solusi untuk kulit iritasi dan berminyak.


Jadi, apakah Mama berminat menjadikan salah satu dari tanaman di atas sebagai penghias halaman rumah? Kayaknya bakalan asyik banget ya, kalau kita butuh tinggal petik aja. Tinggal mencari cara pemrosesannya, siapa tahu juga nanti Mama bisa buka usaha essential oil sendiri. *otak bisnis*


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tahu Nggak sih, Ma, 10 Minyak Esensial ini Tanaman Asli Indonesia Lho!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Nadia Pratiwi | @nadiapratiwi

Mengaku INTJ-A dan feminis. Penggemar sastra klasik dan buku-buku nonfiksi di luar profesinya, serta sedikit eksentrik.

Silahkan login untuk memberi komentar