11 Resolusi Tahun Baru untuk Hidup yang Lebih Sehat di Tahun 2017 (Selain Resolusi Menurunkan Berat Badan yang Terlalu Mainstream)

11 Resolusi Tahun Baru untuk Hidup yang Lebih Sehat di Tahun 2017 (Selain Resolusi Menurunkan Berat Badan yang Terlalu Mainstream)

4.8K
Resolusi tahun baru pengin menurunkan berat badan? Ah, mainstream sekali! Dan, apa hasilnya? Biasanya hanya tinggal jadi resolusi, tanpa realisasi. Lebih baik, kita meresolusikan hidup yang lebih sehat saja yuk! Berat badan turun itu bonus!

Salah satu resolusi tahun baru yang paling ngehits, adalah menurunkan berat badan. Ha! Ini memang resolusi tahun baru sejuta umat nih, Ma. Setiap orang--tepatnya perempuan--pasti memasukkan satu ini dalam daftar resolusi tahun baru mereka.

Hmmm ... Kita ubah sedikit yuk! Bukan hanya menurunkan berat badan saja, tapi bagaimana kalau kita beresolusi untuk hidup lebih sehat di tahun 2017 ini?

Resolusi tahun baru untuk hidup yang lebih sehat nggak perlu harus selalu direalisasikan dengan menargetkan hal-hal sulit kok. Awali impian ini dengan mempraktikkan gaya hidup sehat sederhana yang tak membutuhkan usaha terlalu keras. Atur dan ubah gaya hidup Mama sekeluarga secara perlahan, namun konsisten.


11 Resolusi Tahun Baru untuk hidup yang lebih sehat di tahun 2017 bersama keluarga


1. Pilih local food


Resolusi tahun baru untuk lebih sehat bisa dimulai dengan memilih dan mengonsumsi local food. Misalnya nih, Ma, mulai memperkenalkan makanan tradisional pada anak-anak, bahwa ada banyak sekali makanan nonberas nonterigu lain yang enak banget dijadikan camilan atau snack (yang cara pembuatannya pun praktis!), misalnya yang terbuat dari singkong, ubi, atau jagung, berbelanja di pasar tradisional ketimbang ke supermarket, hingga memilih sayur dan buah-buahan lokal.

Nah, soal sayuran dan buah-buahan lokal ini, kini kualitasnya dapat bersaing dengan produk impor lho. Malahan variasinya lebih beragam. Secara logika, sayur dan buah impor membutuhkan jalur distribusi yang panjang sebelum sampai ke tangan kita, sehingga memengaruhi kandungan nutrisinya.

Ya kan, logikanya nggak akan se-fresh buah lokal kan?


2. Cooking with love


Daripada terus menerus jajan, sesekali sisihkan sebagian waktu sibuk Mama untuk memasak makanan kesukaan, untuk diri sendiri dan keluarga sebagai resolusi tahun baru untuk tahun ini. Lebih sehat, dan pastinya lebih nikmat ya kan? Dan lebih memuaskan!

Nggak ada yang lebih membahagiakan selain mendengar pujian yang diberikan atas usaha Mama di dapur kan? Rasa lelah, jari yang barangkali berubah warna jadi kekuningan saat mengupas kunyit, serta aroma dapur yang melekat di baju, otomatis hilang semua, berganti dengan rasa bahagia yang membuncah. Betul, Ma?

Dengan memasak sendiri, Mama bisa tahu dengan pasti apa yang ada dalam semangkuk soto buatan Mama. Dagingnya dari kualitas terbaik yang Mama pilih sendiri di pasar, bumbu dibuat dari racikan bumbu yang sudah Mama pastikan kesegarannya, dan yang terpenting, sepanci soto daging itu dibuat dengan penuh cinta dan disajikan dalam mangkuk terbaik di atas meja makan bersih yang ditata apik.

Hasilnya? Tentunya lebih istimewa, yes? Orang-orang tercinta menjadi sehat, Mama pun menjadi lebih sehat karena hati merasa senang dan bahagia.


BACA JUGA


Ini Dia 7 Resep Masakan Praktis dan Cepat yang Cocok Banget buat Ibu Bekerja yang Nggak Suka Repot di Dapur!

Ini Dia 7 Resep Masakan Praktis dan Cepat yang Cocok Banget buat Ibu Bekerja yang Nggak Suka Repot di Dapur!

Resep masakan praktis dan cepat selalu diburu oleh ibu bekerja demi penghematan waktu dan tenaga. Jangan lupa, tambahkan resep masakan ...

Read more..


3. Grow your own food


Nah, kalau biasanya Mama selalu membeli sayur dan buah dari supermarket, atau dari tukang sayur yang lewat, coba deh sekarang Mama berkebun dan menanam sendiri sayur dan buah yang biasa Mama konsumsi sebagai resolusi tahun baru.

Mengapa menanam sendiri jauh lebih sehat?

Pastinya Mama nggak perlu khawatir dengan ancaman pestisida dan insektisida buatan yang sering kali menjadi momok dalam produk-produk hortikultura kan? Meski nggak semua Mama tanam sendiri, tapi seenggaknya panen kecil bahan segar kebutuhan dapur Mama berkontribusi dalam mengurangi zat kimia berbahaya dalam sepiring hidangan favorit keluarga.

Tanam sendiri, rawat sendiri, panen sendiri, dan nikmati hasilnya bersama keluarga. Nikmat mana lagi yang hendak kaudustakan, Ma?


4. Kurangi makanan instan


Yak, ini juga merupakan resolusi tahun baru yang mahapenting nih, Ma!

Well, instant food memang menjadi salah satu solusi praktis di zaman yang serba cepat ini ya, Ma. Bukannya dimusuhi juga sih, tapi lebih baik dibatasi. Bagaimanapun, kepraktisannya sangat membantu di saat-saat genting .

Namun, harus dipahami juga bahwa untuk mendapatkan keinstanannya tersebut, berbagai bahan tambahan pangan pun diperlukan. Meski Mama nggak perlu harus parno juga, karena para pelaku industri pangan pasti telah menggunakan zat aditif yang aman untuk makanan dalam dosis yang sesuai.


5. Know your food


Mama pasti sudah tahu kan, bahwa asupan gula, garam dan lemak yang berlebihan akan berbahaya bagi kesehatan karena dapat memicu terjadinya penyakit?

Nah, tahun ini, sebagai resolusi tahun baru untuk hidup yang lebih sehat, cobalah batasi konsumsi garam, gula, dan lemak meski nggak berarti juga Mama harus sama sekali berhenti menggunakannya. Hanya saja, Mama harus mulai memperhatikan apa saja yang ada dalam seporsi sajian yang terhidang di hadapan Mama.

Gula bisa saja bersembunyi dalam nasi, mi, ataupun cake favorit Mama. Garam pun begitu, selalu ada dalam semua jenis makanan. Lemak juga tersimpan dalam seporsi steak, ayam dan ikan goreng, hingga cupcakes.

Know your food berarti sadarilah ada apa saja dalam setiap suap makanan yang masuk ke dalam tubuh, dan kemudian mengaturnya sesuai kebutuhan tubuh.

Jika pagi sudah sarapan lontong sayur, makan siang melahap Fettucini Carbonara saus krim, maka jangan lagi ngemil Red Velvet Cake atau gorengan di sore hari. Gantilah dengan umbi-umbian rebus. Dan untuk makan malam, coba kurangi porsi nasi, atau makan malam dengan nasi merah dengan sayuran yang banyak plus seporsi besar buah-buahan segar, yes?


6. Eating the rainbow


Merah, kuning, hijau, di piring keluargakuuu ... *malah nyanyi*

Well, warna-warni pelangi memang cantik ya, Ma. Begitu juga untuk makanan. Zat warna yang terkandung dalam tiap bahan makanan tersebut memiliki peranan yang penting untuk kesehatan tubuh kita lho.

So, mari kita masukkan si warna warni ini dalam daftar resolusi tahun baru kita untuk hidup yang lebih sehat. Let’s paint your plate with color!

Setiap warna mewakili kandungan senyawa tertentu yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Buah-buahan dan sayuran berwarna merah, seperti pada tomat, semangka, atau jeruk Bali, kaya dengan likopen yang berperan mencegah risiko kanker. Warna ungu seperti pada buah bit, anggur, blueberry, mengandung pigmen antosianin yang sangat ampuh melindungi kerusakan sel. Beta karoten pada wortel, labu, mangga, ubi jalar, sangat penting untuk pembentukan vitamin A.

Nah, kan, nggak cuma indah, ternyata warna itu menyimpan banyak hal yang sehat!


BACA JUGA


Warna Buah dan Sayur-Sayuran Kita Ternyata Mempunyai Arti Masing-masing Lho! Kenali, Yuk!

Warna Buah dan Sayur-Sayuran Kita Ternyata Mempunyai Arti Masing-masing Lho! Kenali, Yuk!

Makan buah dan sayur-sayuran dengan variasi warna masih sangat dianjurkan, karena ternyata masing-masing buah dan sayur-sayuran ini ...

Read more..


7. Sarapan sehat itu penting!


Sibuk atau sedang terburu-buru paling sering menjadi alasan kita memulai hari tanpa sarapan. Padahal, makan pagi menjadi modal untuk menjalani aktivitas selanjutnya.

Dengan mengabaikan sarapan, orang akan cenderung menjadi tak terkendali saat menyantap makan siang lho. Akhirnya makan apa saja deh dalam porsi yang berlebihan sehingga hal ini justru dapat jadi pemicu meningkatnya berat badan.

Menjalani hari tanpa sarapan juga akan menyebabkan gejala pusing karena kekurangan glukosa dari asupan karbohidrat. Dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap anak-anak usia sekolah di Inggris terungkap, bahwa kalau kita nggak sarapan maka akan membuat tubuh terasa lemas, menjadi lebih lamban, dan sulit berkonsentrasi.

So, untuk tahun 2017 yang lebih sehat, resolusi tahun baru berikutnya yang harus Mama masukkan dalam daftar adalah, sederhana saja, jangan lupa sarapan.

Sarapan yang dimaksud pastinya adalah sarapan sehat yang padat gizi ya, Ma. Artinya komposisi karbohidrat, proten, dan lemaknya berimbang. Protein dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga kalau Mama sarapan dengan makanan yang mengandung protein lebih banyak akan membuat Mama nggak terlalu banyak ngemil.


8. Minum air putih lebih banyak


Resolusi tahun baru berikutnya juga sederhana saja, yaitu minum air putih lebih banyak. Yes, anjuran minum 2 liter air setiap hari itu bukan sekadar iklan air minum mineral saja lho, Ma.

Air merupakan komponen utama penyusun tubuh kita sebesar 70%. Di dalam tubuh, air berfungsi antara lain untuk mengatur suhu tubuh, melarutkan zat-zat yang diserap, dan membantu proses pencernaan, sebagai pelumas tubuh atau cairan sendi, serta membantu transportasi oksigen.

Please, jangan sepelekan peranan air ya, Ma. Sediakan selalu air minum dalam botol kecil ke mana pun Mama pergi. Minumlah sebelum merasa haus.


9. Makan dengan perlahan


Ini juga kebiasaan banget nih. Mana sempatlah makan pelan-pelan? Anak-anak harus segera disiapkan sekolah, suami mau buru-buru ke kantor. Siang, cucian sudah menunggu dengan cantik untuk diangkat dari jemuran, belum pula menyiapkan MPASI si balita.

Tapi, ada baiknya Mama tetap memasukkan satu hal ini dalam resolusi tahun baru Mama untuk tahun ini. Yes, mulai kurangi kebiasaan terburu-buru saat makan.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa mengunyah makanan lebih lama dapat menurunkan hormon ghrelin, yang merupakan hormon lapar yang bersirkulasi dalam sistem pencernaan, sehingga meningkatkan peluang obesitas.

Nah, jadi, dengan mempunyai resolusi tahun baru berupa makan dengan lebih perlahan, maka Mama pun sudah pula beresolusi untuk menurunkan berat badan. Hmmm, asyik kan? Sekali rengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Hehehe.


10. Bergerak aktif!


Nggak usah menggunakan telepon untuk bicara dengan teman sekantor yang berada di ruangan sebelah, gunakan tangga jika hanya turun dan naik 1 atau 2 lantai, atau pergi berbelanja sayur sambil jalan pagi ke pasar.

Harus diakui kan, Ma, bahwa di zaman modern kayak gini aktivitas fisik terasa kian jarang kita lakukan. Semua memang jadi lebih praktis dan mudah, tetapi justru bikin kita makin malas bergerak, apalagi untuk olahraga serius. Nggak ada waktu!

Padahal, aktivitas fisik sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Untuk anak-anak, aktivitas fisik tak kalah penting. Bergerak dapat merangsang keterampilan motorik halus dan kasar, serta membantu perkembangan sosial dan emosi.

Bergerak aktif akan meningkatkan kapasitas otak, menjaga berat badan, meningkatkan metabolisme tubuh, dan menguatkan jantung. Bahkan juga membuat kita awet muda lho, Ma!

Nah, ayo, masukkan ini dalam resolusi tahun baru Mama deh. Untuk awalnya, nggak perlu pasang target terlalu tinggi, lakukan aktivitas fisik ringan yang tanpa disadari sudah membuat tubuh bergerak, kemudian baru deh pilih olahraga yang Mama sukai. Dan, pasti akan lebih asyik lagi kalau dilakukan bersama keluarga.


11. Istirahat!


Yes! Jangan lupa masukkan istirahat dalam daftar resolusi tahun baru untuk tahun 2017 yang lebih sehat ya!

Nampaknya sepele banget nih, tapi menghadiahi tubuh dengan istirahat itu penting, Ma.

Energi yang sudah dikeluarkan selama beraktivitas, harus dipulihkan kembali. Beberapa bentuk istirahat yang dapat dilakukan antara lain adalah tidur, nyantai sejenak, me time dan berlibur.

Saat tidur, semua organ tubuh mengalami relaksasi dan akan kembali segar setelah bangun. Manfaatkan sela-sela waktu untuk me time, membaca buku, mendengarkan musik, ngobrol bersama teman, melakukan hobi, menikmati makanan kesukaan akan membuat tubuh dan otak kita menjadi rileks.

Jangan lupa juga untuk memasukkan acara berlibur dalam resolusi tahun baru untuk tahun ini ya, Ma! Selain membuat kita untuk rileks, berlibur dapat mengembalikan energi positif kita, membangkitkan mood, dan meredakan stres. Lupakan sejenak tugas-tugas rumah tangga dan juga pekerjaan kantor, dan nikmati liburan bersama orang-orang tercinta!


BACA JUGA


12 Resolusi Tahun Baru Terbaik untuk 12 Zodiak Berdasarkan Karakter Mereka

12 Resolusi Tahun Baru Terbaik untuk 12 Zodiak Berdasarkan Karakter Mereka

No matter how hard the past, you can always begin again. ~ Buddha

Read more..


So, Mama, gimana nih? Pastinya dengan 11 resolusi tahun baru di atas, Mama sekeluarga akan lebih siap menghadapi tahun 2017 dengan lebih semangat dan lebih sehat ya!

Stay positive juga, Ma, karena kesehatan jiwa dan mental itu sama pentingnya dengan kesehatan raga!

Selamat menjalani tahun 2017 yang lebih baik ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "11 Resolusi Tahun Baru untuk Hidup yang Lebih Sehat di Tahun 2017 (Selain Resolusi Menurunkan Berat Badan yang Terlalu Mainstream)". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar