11 Tanaman Hias Unik Ini Bikin Mupeng untuk Dikoleksi. Nomor 4 Lucu Banget, Ma!

11 Tanaman Hias Unik Ini Bikin Mupeng untuk Dikoleksi. Nomor 4 Lucu Banget, Ma!

3.5K
Tanaman hias terbukti sukses bikin rumah kita terlihat makin cantik.

Tanaman hias terbukti akan membuat rumah nampak lebih asri, nyaman ditempati dan tentunya bisa menghasilkan oksigen yang sangat bermanfaat untuk kehidupan. Walaupun nggak punya lahan untuk kebun, Mama masih bisa menempatkan tanaman di beberapa sudut rumah.

Saya tuh senang banget lihat rumah yang memiliki banyak tanaman hias. Rasanya betah banget tinggal di dalamnya. Sayangnya, saya nggak telaten mengurus tanaman. Hiks ... Beberapa tanaman hias saya mati karena salah penempatan, padahal tanamannya itu nggak rutin disiram tak masalah. Syedih.

Walaupun nggak telaten mengurus tanaman, tapi saya tetap bercita-cita memiliki spot khusus untuk tanaman hias. Jadi ada satu tembok yang nantinya akan dipasang papan bertingkat dan diisi oleh tanaman hias.

Doain semoga saya bisa segera memilikinya, ya!

Mengoleksi tanaman hias untuk dijadikan home decor sekarang ini tengah menjadi tren. Berbagai pot bunga yang lucu dari bahan tembikar ataupun anyaman bambu menjadi pelengkap yang cantik untuk rumah.

Tak hanya itu, variasi tanaman hias pun semakin banyak. Harganya pun terjangkau di kantong.

Ada satu akun Instagram yang suka banget saya mantengin, @nanemtaneman. Di situ dijual beragam tanaman hias, pot dan cara merawat tanaman. Sayangnya lokasi penjual di Jakarta, kalau dekat sudah saya jabanin deh.

Karena suka melihat tanaman hias, saya pun mencari tahu tanaman hias unik yang ada. Ternyata nih Ma, ada beragam tanaman hias unik, lucu dan pengin banget deh dimiliki.


BACA JUGA


6 Tanaman Ini Bisa Membantu Mama Mengatasi Masalah Sullit Tidur. Nomor 2 Favorit Banget Sama Wanginya!

6 Tanaman Ini Bisa Membantu Mama Mengatasi Masalah Sullit Tidur. Nomor 2 Favorit Banget Sama Wanginya!

Fungsi tanaman selain mempercantik tampilan kamar, tanaman mungkin bisa membantu Mama agar mendapatkan tidur berkualitas di malam hari

Read more..


Inilah 11 tanaman hias unik yang membuat Mama pengin memilikinya.


1. Dolphin succulent



Selama ini saya mikir kaktus saja yang termasuk tanaman succulent. Well, I’m wrong. Succulent memiliki beraneka ragam bentuk dan spesies, bentuknya juga unik.

FYI, Ma, succulent adalah tanaman yang bisa bertahan di musim kemarau karena terdapat timbunan air di dalam batang tanaman tersebut. Tanaman ini berasal dari Afrika, tapi succulent bisa tumbuh liar di mana pun.

Salah satu succulent yang unik adalah dolphin succulent. Yha, succulent yang satu ini berbentuk lumba-lumba!

Tanaman hias satu ini bikin banyak orang tergila-gila pengin memilikinya (saya juga!). Bentuknya seperti lumba-lumba yang lagi berenang, bikin tanaman hias dari Jepang ini terlihat unik.

Semoga aja ya ada yang jual di sini. O ya, kalau Mama pengin memilikinya, nama botaninya adalah Senecio Peregrinus.


2. Marimo moss balls



Tanaman hias unik yang satu ini cocok diletakkan di dalam akuarium kecil Mama. “Moss balls” ini memang hidup di dalam air.

Untuk merawatnya, Mama cukup mengganti air dua minggu sekali dan usahakan tanaman hias ini tidak terkena sinar matahari secara langsung.


3. Zig zag cactus



Akkk! Kaktusnya lucu ya, Ma! Modelnya kayak tanaman hias jenis pakis.

Nama botani untuk tanaman hias ini adalah Selenicereus Anthonyanus, tapi lebih sering dikenal dengan nickname seperti Fishbone Cactus.

Seperti sifat kaktus pada umumnya, tanaman hias ini memang low maintenance dan saat mekar akan muncul bunga berwarna pink.


BACA JUGA


6 Akun Instagram Ini Wajib Mama Follow Untuk Ide Seputar Penataan Rumah!

6 Akun Instagram Ini Wajib Mama Follow Untuk Ide Seputar Penataan Rumah!

Inspirasi lewat Instagram, why not? Di media sosial yang lagi hits sekarang ini, Instagram, Mama pun bisa menemukan inspirasi untuk penataan ...

Read more..


4. Trachyandra



Bentuknya yang seperti gulungan itu mengingatkan saya akan salah satu lukisan abstrak karya Joe Hida.

Tanaman hias satu ini kalau diletakkan di sudut meja kerja bikin tambah semangat, ya, Ma untuk kerja.


5. Crassula Umbella



Nama lain dari tanaman hias ini adalah Wine Cup. Well, barangkali modelnya kayak penutup anggur apa ya jadi dinamakan seperti itu.

Tanaman hias ini tumbuh dengan tinggi 6 inchi saat bunganya mekar.


6. Euphorbia Obesa



Bentuknya yang mirip bola bikin tanaman hias ini diberi julukan “Baseball Plant”.

Lucu dan unik ya, Ma, tanaman hias yang satu ini. Tanaman ini biasanya tumbuh dengan lebar 6-15 cm, bisa menyimpan air untuk mencegah dari kekeringan.


BACA JUGA


Begini Prinsip Menata Rumah Beratmosfer Natural yang Akan Membawa Kebahagiaan Bagi Penghuninya!

Begini Prinsip Menata Rumah Beratmosfer Natural yang Akan Membawa Kebahagiaan Bagi Penghuninya!

Menata rumah agar nyaman, sehingga membuat penghuninya bahagia dan betah. Susah? Enggak. Masukkan unsur alam ke dalamnya

Read more..


7. Euphorbia Caput – Medusae



Tanaman hias succulent ini biasa disebut “Medusa’s Head” dan ini banyak ditemui di Cape Town, Afrika Selatan. Tapi, sekarang Mama bisa loh, punya tanaman Medusa ini karena sudah ada online shop yang menjualnya.


8. Platycerium



Jika Mama pengin ada tanaman hias berwarna hijau di dinding, belilah yang ini!

Biasa disebut dengan “Staghorn Fern”, jenis tanaman ini memang unik dengan memiliki daun yang agak tajam dan menyerupai seperti tanduk hewan.


9. Haworthia Cooperi


Jika diperhatikan tanaman ini seperti ada gelembung ya, Ma, di dalamnya. Padahal yang terlihat gelembung itu adalah clumps of small rosettes yang membuat tanaman hias ini menjadi unik.


BACA JUGA


5 Hiasan Kristal Ini Menjadi Pilhan Terbaik Jika Mama ingin Vibrasi Rumah Lebih Nyaman

5 Hiasan Kristal Ini Menjadi Pilhan Terbaik Jika Mama ingin Vibrasi Rumah Lebih Nyaman

Halo Mama! Weekend sebenarnya adalah waktu paling cocok kalau untuk bebenah rumah nih. Setuju, Ma? Sudah ada rencana mau bebenah rumah ...

Read more..


10. Sedum Morganianum



Bentuknya unik, rimbun dan banyak gitu ya, Ma. Kayak jenis pakis.

Dikenal dengan nama, “Donkey Tail”, tanaman hias ini bisa tumbuh dengan panjang hingga 24 inchi dan memiliki daun berwana biru-hijau.

Tanaman hias ini banyak ditemui di Meksiko Selatan dan Honduras.


11. Corkscrew Grass



Bentuknya kayak kertas spiral yang sering ditemui di ulang tahun ya, Ma. Barangkali jika sekilas Mama berpikir, jangan-jangan daunnya ini dibikin kayak kertas spiral ulang tahun. Big no, Ma! Daun spiral ini tumbuh secara alami loh.

Tanaman hias ini memang lebih cepat tumbuh jika ditanam di tanah, tapi nggak ada salahnya juga kalau Mama memindahkannya ke dalam pot dan diletakkan di beberapa ruangan di rumah.


BACA JUGA


Menanam Tanaman di dalam Rumah untuk Menambah Kesegaran - Ini Tips Perawatannya!

Menanam Tanaman di dalam Rumah untuk Menambah Kesegaran - Ini Tips Perawatannya!

Sudah waktunya untuk menyingkirkan semua yang artifisial. Bunga plastik di dalam rumah? That is so yesterday! Yuk, menanam untuk membawa ...

Read more..


Memiliki tanaman hias berarti Mama juga berkewajiban untuk merawatnya, ya. Jangan dibiarkan begitu saja. Walaupun beberapa tanaman tersebut bisa tahan nggak disiram selama dua minggu, bukan berarti nggak dirawat.

Dan jangan karena tren, Mama lupa untuk cari tahu cara merawat dan membersihkan tanaman hias, ya.

Luangkan sedikit waktu untuk mengecek kondisi tanaman hias, daunnya disemprot dengan air lalu dibersihkan, disiram atau ditata lagi letak pot-potnya.

Berbicara dengan tanaman? Nggak ada salahnya kok Ma! Bagi sebagian orang berbicara dengan tanaman itu adalah self healing.

Jadi, tanaman hias yang mana nih mau Mama adopsi?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "11 Tanaman Hias Unik Ini Bikin Mupeng untuk Dikoleksi. Nomor 4 Lucu Banget, Ma!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ranny Afandi | @rannyafandi

Content creator. Aquarian. Movie lover. Bookaholic. Read my stories at www.hujanpelangi.com | Find me on IG & twitter : @rannyrainy

Silahkan login untuk memberi komentar