11 Tips Manajemen Kulkas Untuk Para Mama Yang Sibuk dan Selalu Bingung Mau Masak Apa

11 Tips Manajemen Kulkas Untuk Para Mama Yang Sibuk dan Selalu Bingung Mau Masak Apa

1.2K
Mengurus isi kulkas dan menu makan harian keluarga adalah seni yang harus dimiliki oleh setiap mama di dunia.

Kebanyakan Mama mungkin belum tahu, kalau dengan perencanaan menu bulanan kita bisa saja menghemat belanja bulanan sekaligus membuat kulkas kita tampak selalu rapi.

Wih, gimana caranya ya?

Well, entah sadar atau tidak, tapi kulkas itu sarangnya bakteri juga lho. Karena tidak jarang kan, kita menyimpan makanan terlalu lama sehingga jadi lahan subur para bakteri dan jamur untuk berkembang. Kalau sudah terkontaminasi begini, risiko kesehatan keluarga pun bisa jadi taruhannya.


BACA JUGA



Berikut ini tips-tips supaya mama punya kulkas yang rapi sekaligus membantu mama dalam melakukan perencanaan menu harian untuk keluarga.


Tips manajemen kulkas agar menjadi tempat penyimpanan bahan makanan yang sehat dan rapi, sekaligus bisa membantu menghemat belanja bulanan




1. Rencanakan Menu Harian Per-10 Hari

1. Rencanakan Menu Harian Per-10 Hari -


Siapkan form kalender, dan mulailah mengisi bahan utama untuk setiap harinya, misalnya seperti ayam, telur, ikan, daging dan seterusnya. 

Modifikasikan satu jenis olahan bahan makanan dengan yang lainnya. Misalnya menjadi ayam kecap, telur balado, ikan goreng, daging teriyaki, dan sebagainya. 

Mengapa harus 10 hari, dan bukannya mingguan? 

Ini demi menghindari kebosanan, dan ketebak menu Senin yang selalu ayam, atau menu Sabtu yang selalu daging. Dengan begitu, Mama akan menyadari bahwa ternyata Mama bisa membuat banyak sekali variasi olahan masakan harian. 

Yeay!



2. Membuat Jadwal Belanja dan Daftar Bahan Makanan yang Dibutuhkan

2. Membuat Jadwal Belanja Dan Daftar Bahan Makanan Yang Dibutuhkan - Gambar : JoyintheCommonplace
Gambar : JoyintheCommonplace


Nah, setelah menjalankan tips nomor 1, Mama mulai bisa menentukan kapan mau belanja dan apa saja yang mau dibelanjakan. Mama bisa belanja per-4 hari ataupun per minggu. 

Jika Mama berniat untuk berbelanja secara mingguan, maka disarankan untuk membuat menu berbahan dasar sayur yang relatif awet, misalnya seperti wortel, buncis dan kentang untuk hari ke 6 dan 7, supaya tetap segar ketika dimasak.



3. Meluangkan Waktu Prepare Bahan Per Minggu

3. Meluangkan Waktu Prepare Bahan Per Minggu -


Yang pertama kali harus selalu Mama ingat, bahwa jangan anggap kulkas adalah lemari penyimpanan serbaguna. 

Luangkan waktu pada akhir pekan atau setelah Mama belanja untuk mempersiapkan bahan-bahan makanan untuk disimpan. Tentu Mama ingin kulkas terlihat bersih dan tidak bau kan?

Jadi, sebaiknya cuci dulu sayur-sayuran sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Pastikan sayuran sudah dalam kondisi kering agar tidak cepat busuk. 

Masukkan bahan-bahan sekali masak dalam wadah plastik atau tempat makan. Ini akan menghemat waktu Mama memasak.



4. Gunakan Wadah Plastik untuk Mengelompokkan

4. Gunakan Wadah Plastik Untuk Mengelompokkan - Gambar : vedatzorluer
Gambar : vedatzorluer


Mama tentu sering mendapatkan wadah-wadah plastik bekas spaghetti atau margarin yang tidak terpakai kan? Berdayakan wadah-wadah tersebut agar bahan makanan Mama jadi tetap bersih, dan supaya kulkas tampak lebih rapi.



5. Siapkan Bumbu-Bumbu dalam Stoples Bekas Selai

5. Siapkan Bumbu-Bumbu Dalam Stoples Bekas Selai - Gambar : milivanily
Gambar : milivanily


Kebanyakan para mama nggak masak bukan karena alasan nggak bisa masak, tapi karena tidak sempat masak. 

Bayangkan saja di pagi yang selalu hectic itu, Mama masih harus mengupas bawang, mengiris atau mengulek yang memakan waktu bisa sampai 10 menit. Belum lagi menyiapkan bahan-bahan lainnya. 

Coba trik berikut.
Luangkan waktu per 2 minggu atau per bulan untuk membuat persediaan bumbu semi jadi. Atau, Mama bisa mengupas bawang, dan kemudian siap dalam stoples kedap udara. 

Nah, dengan cara ini, Mama akan mampu membuat fresh food hanya dalam sekejap!



6. Berikan Label untuk Menandakan Tanggal Expired

6. Berikan Label Untuk Menandakan Tanggal Expired - Gambar : Monikapp
Gambar : Monikapp


Nggak jarang juga para mama harus membuang bahan-bahan makanan, karena lupa kalau sudah terlewati batas kedaluwarsanya. Duh, pasti sayang banget ya, Ma?

Yuk, mulai rajin siapkan label dan coret-coretan dekat kulkas untuk mencatat bahan-bahan yang mudah basi, atau hampir expired. Tip ini bisa mengurangi perasaan bersalah karena sering buang makanan.



7. Nggak Sempat Bersihin? Coba Pakai Wrap Plastic

7. Nggak Sempat Bersihin? Coba Pakai Wrap Plastic - Source : 65294
Source : 65294

Saus yang tumpah atau susu yang tercecer sering kali membuat aroma kulkas menjadi tidak enak jika didiamkan terlalu lama. Kulkas juga akan tampak kotor dan tidak rapi. 

Apa Mama pernah mengalaminya tapi tidak selalu rutin menyempatkan waktu membersihkan kulkas?.

Coba akali dengan memasang plastik wrap untuk lapisan rak-rak kulkas. Jadi ketika ada kotoran menumpuk, Mama tinggal buang plastiknya saja. Praktis kan?



8. Gunakan Prinsip Beli Duluan Masak Duluan

8. Gunakan Prinsip Beli Duluan Masak Duluan - Source : EME
Source : EME


Prinsip ini harus dicermati karena kebanyakan bahan makanan terbuang, karena kita tidak jeli memilah mana-mana saja makanan yang harus dihabiskan terlebih dahulu. 

Dengan menggunakan prinsip ini, kita juga mencegah tumbuhnya bakteri yang hinggap di makanan lama.



9. Jangan Taruh Benda-Benda Ukuran Kecil di Bagian Belakang

9. Jangan Taruh Benda-Benda Ukuran Kecil Di Bagian Belakang -


"Yah, pudingnya nggak kemakan. Udah keburu basi."

Pernah mengalaminya, Ma? Kita sering juga mungkin nggak ngeuh dengan makanan-makanan dalam kemasan kecil yang kita taruh di kulkas. Alih-alih ingin memakannya nanti, kita malah mengabaikannya karena tertutup dengan wadah-wadah atau bahan lain yang lebih besar ukurannya. 

Duh, nyeseknya harus membuang makanan begitu. Apalagi kalau sebenarnya makanan itu merupakan makanan kegemaran si kecil, misalnya. 

Coba kumpulkan makanan ukuran kecil ini dalam satu area yang bisa kelihatan dengan mudah. Mama bisa juga menggunakan piring plastik ceper.



Hindari Menyimpan Bahan Berbahan Susu di Pintu Kulkas

Hindari Menyimpan Bahan Berbahan Susu Di Pintu Kulkas -


Susu sangat sensitif terhadap perubahan suhu, Ma. 

So, supaya lebih awet, hindari meletakkan bahan-bahan yang mengandung susu di pintu kulkas, karena di pintu kulkas fluktuasi suhu lebih tidak stabil. Dengan begini, dijamin deh, susu dan bahan makanan lain yang mengandung susu akan lebih awet.



11. Foto Isi Kulkas Sebelum Pergi Belanja

11. Foto Isi Kulkas Sebelum Pergi Belanja -


Tips yang terakhir ini sangat berguna, agar kulkas Mama tidak terlalu penuh terutama dengan bahan-bahan makanan yang sama. 

Sebelum Mama belanja kebutuhan, foto dulu bahan-bahan makanan yang ada di kulkas, supaya Mama juga bisa berhemat tidak belanja bahan yang masih ada di kulkas kita.


Nah, demikian 11 tips manajemen kulkas untuk para mama yang mengaku sibuk dan selalu kebingungan mau masak apa hari ini. 

Apa Mama punya pengalaman dan tambahan tips lainnya? Yuk, tambahkan di kolom komen ya!

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "11 Tips Manajemen Kulkas Untuk Para Mama Yang Sibuk dan Selalu Bingung Mau Masak Apa". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


silmina ulfah | @silmina

Calon mama yang suka nulis-nulis.

Silahkan login untuk memberi komentar