13 Bahan Alami yang Gampang Didapat ini Bisa Dipakai Untuk Merawat Kecantikan lho, Ma!

13 Bahan Alami yang Gampang Didapat ini Bisa Dipakai Untuk Merawat Kecantikan lho, Ma!

81.3K
Perempuan dan kecantikan. Dua kata yang saling erat berkaitan. Tapi, mau cantik yang seperti apa sih, Ma?

Tentu saja, cantik yang alami akan lebih didambakan. Setuju, Ma?

Salah satu cara untuk mendapatkan kecantikan yang alami, adalah dengan merawat diri, menjaga kecantikan kulit wajah sekaligus memelihara kesehatan dan kesegarannya. Bagaimana caranya? Bisa dilakukan dengan masker atau tonik, Ma.

Sebenarnya sih banyak masker dan tonik yang bisa kita temukan dan beli dengan mudah di toko-toko kosmetik. Tapi masker dan tonik yang paling bagus, ya tetaplah yang terbuat dari bahan-bahan alami yang gampang kita temui sehari-hari. Misalnya, seperti sayuran, madu, atau buah-buahan, yang kita buat sendiri menjadi masker dan tonik alami yang lebih terjaga kesegarannya.

Cara-cara membuatnya nggak susah kok, Ma. Nggak beda jauhlah sama cara memasak lauk pauk sehari-hari. Lebih gampang lagi malah.

Berikut ini ada 13 bahan alami yang gampang didapat sebagai perawat kecantikan Mama berikut resep membuatnya.

1. Apel

Jika kulit wajah Mama termasuk tipe kulit berminyak, Mama bisa mengatasinya dengan membuat masker apel sendiri. Caranya: hancurkan satu apel menjadi bubur, lalu bubuhkan pada wajah. Biarkan selama 15 menit, bilas dengan air hangat.

2. Wortel

Sebagai pelembut kulit wajah, Mama bisa merebus 3 - 4 batang wortel. Bila sudah empuk, hancurkan dengan garpu, dan oleskan pada wajah sebagai masker. Biarkan 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Basuh dengan lembut ya, Ma.

3. Pisang

Sebagai pelembap, hancurkan satu buah pisang yang matang dan oleskan pada wajah. Biarkan 10 menit lalu bilas sampai bersih. Atau setiap kali Mama selesai memakan buah pisang, jangan buang dulu kulitnya, Ma. Gosokkan kulit bagian dalamnya pada tangan. Niscaya tangan Mama akan lebih lembut.

4. Tomat

Tomat juga bisa menjadi bahan salah satu masker alami yang oke banget nih, Ma. Sudah tahu kan kandungan vitamin C yang ada di dalamnya? Untuk merawat kulit normal dan berminyak, kupas dua tomat masak, lalu hancurkan hingga menjadi bubur. Oleskan pada wajah, biarkan 10 - 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

5. Jeruk Sunkist

Nah, kalau yang satu ini untuk kulit berminyak nih. Caranya gampang banget. Rebus kulit jeruk sunkist dalam 1/2 cangkir air. Biarkan dingin, lalu percikkan pada wajah. Rasakan deh, Ma. Wajah Mama akan lebih berseri dan segar dalam sekejap.

6. Mentimun

Selain jeruk, mentimun juga oke banget buat mengembalikan kesegaran kulit wajah lho. Cara membuat tonik alami dari mentimun juga mudah. Kupas dan hancurkan mentimun, lalu saring airnya. Campurkan air sebanyak air mentimun yang tersaring, lalu simpan dulu di lemari es. Saat sudah dingin, percikkan tonik mentimun tersebut pada wajah yang telah lebih dulu dibersihkan. Jika waktu Mama tidak cukup untuk membuat tonik penyegar tersebut, seiris mentimun digosokkan pada kulit juga bisa lho untuk mendinginkan kulit wajah yang kepanasan.

7. Jeruk nipis dan Lemon

Untuk membuat masker dari jeruk nipis, Mama perlu menyiapkan putih telur, 1/2 biji jeruk lemon atau jeruk nipis dan 1/2 cangkir havermut. Kocok dahulu putih telur sampai berbusa. Tambahkan air jeruk lemon atau jeruk nipis dan havermut. Oleskan ke wajah, biarkan sampai mengering dan terasa kencang. Bilas dengan air, lalu segarkan dengan astringent atau tonik penyegar. Terakhir bubuhkan krim pelembap. Masker ini cocok banget untuk kulit berminyak, kasar atau berpori-pori lebar. Pakai secara teratur, ya Ma, untuk mendapatkan kulit halus bercahaya dengan pori-pori yang kecil.

Nah, kalau air lemonnya sih berkhasiat banget pemutih kuku dan pelembut kulit ari sekeliling kuku, Ma. Jadi ini bisa banget dipakai buat menicure pedicure nih Ma. Caranya, campurkan dalam perbandingan yang sama: air jeruk lemon, dan kuning telur, akan lebih bagus lagi ditambah air nanas, dalam cawan. Rendam kuku dalam 15 menit. Sedangkan untuk membersihkan lipatan kulit pada siku, istirahatkan kedua siku pada sepasang irisan lemon yang dibelah dua yang telah diperas isinya, selama 30 menit. Bilas, lalu lembutkan dengan body lotion.

Air lemon juga bisa digunakan sebagai lotion tangan, campur air jeruk lemon dengan gliserin dan air mawar, masing-masing dalam takaran jumlah yang sama. Simpan di lemari es untuk kemudian dipakai sebagai pelembut dan penghalus tangan.

8. Madu

Bahan alami yang cocok untuk masker berikutnya adalah madu, yang bermanfaat banget merawat kulit yang kering dan cenderung normal. Cara membuat masker madu, campurkan madu ke dalam dua sendok makan havermut sampai membentuk pasta. Bubuhkan pada wajah, biarkan 20 menit. Bersihkan kemudian dengan kapas yang sudah dibasahi air, dan diperas.

9. Minyak zaitun

Minyak zaitun bisa dipergunakan sebagai pelembut rambut alami, panaskan sedikit minyak zaitun. Lakukan pemijatan pada rambut dan kulit kelapa. Bungkus rambut dengan handuk, biarkan 3 menit lalu bilas dan keramas seperti biasa. Sebagai pelembut tangan, campurkan 2 sendok teh minyak zaitun dengan 1 sendok teh gula pasir. Lakukan pemijatan pada tangan dengan menggunakan ramuan ini, biarkan selama mungkin dan kemudian bilas dengan air.

10. Susu

Sebagai pembersih wajah Mama, campurkan susu dengan beberapa tetes air jeruk lemon atau air ketimun. Usapkan perlahan dengan menggunakan kapas. Mau mandi susu, Ma? Bisa banget. Langsung saja masukkan secangkir susu bubuk ke dalam air untuk berendam. Bisa membuat rileks tubuh, sekaligus menghaluskan kulit. Hmmm, jadi sehalus kulit artis lho Ma. Hihihi.

Susu yang dipadu dengan mentimun yang dijadikan masker baik sekali untuk merawat kulit normal, Ma. Siapkan 1 ketimun ukuran besar, 1 sendok makan susu bubuk dan sedikit putih telur. Peras ketimun setelah dicincang. Ambil airnya. Masukkan susu bubuk dan putih telur, kocok hingga rata. Oleskan pada wajah dan leher, biarkan sampai kering. Bilas dengan air dingin, segarkan dengan lotion atau penyegar. Terakhir oleskan pelembap.

11. Yoghurt

Yoghurt bagus sekali buat kulit wajah, Ma. Coba yuk, kita bikin masker yoghurt. Caranya, kocok putih telur sampai kaku. Masukkan 1/2 cangkir yoghurt biasa, lalu tambahkan satu sendok teh madu dan satu sendok makan air jeruk lemon (tapi kalau kulit Mama kering, sebaiknya nggak usah pakai jeruk lemon ya, Ma). Oleskan pada wajah, biarkan 15 menit dan bilas dengan air dingin. Yoghurt dapat pula berfungsi sebagai kondisioner alami untuk rambut. Setelah keramas, oleskan sedikit yoghurt pada rambut. Biarkan beberapa menit lalu bilas kembali dengan air hangat.

12. Minyak wijen

Masker minyak wijen baik dipergunakan oleh Mama yang punya kulit kering. Oleskan sedikit minyak wijen pada wajah lalu pijat dengan lembut. Celupkan handuk kecil dalam air panas, peras lalu taruh pada wajah, biarkan beberapa saat. Usahakan berbaring dengan posisi kaki lebih tinggi dari kepala ya, Ma, untuk memperlancar peredaran wajah ke kepala. Ulangi langkah tadi beberapa kali. Setelah itu bilas dengan air hangat, lalu bubuhkan lotion penyegar untuk menghilangkan sisa minyak. Terakhir oleskan pelembap.

13. Havermut

Sebagai masker, campurkan dua sendok makan havermut dengan susu (untuk kulit kering) atau air (untuk kulit berminyak) hingga membentuk pasta. Bubuhkan pada wajah, biarkan 10 - 15 menit, bilas dengan air hangat. Sebagai scrub wajah, campurkan satu bagian havermut dengan satu bagian tepung jagung, ratakan. Ambil sedikit adonan ini dengan tangan, basahi dengan sedikit air. Gosokkan pada area-area wajah yang berlemak dan berbintik hitam. Bilas dengan air.


Nah, itu dia bahan-bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk merawat kecantikan Mama. Semua bahan tersebut tersedia kan, Ma, di kulkas atau di lemari persediaan dapur Mama? Ayo, manfaatkan saja ketimbang Mama membeli produk-produk kimia yang berlebihan.

Semoga bermanfaat ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "13 Bahan Alami yang Gampang Didapat ini Bisa Dipakai Untuk Merawat Kecantikan lho, Ma!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar