Ini Dia 13 Buku Anak Terasyik Sepanjang Masa versi Rocking Mama!

Ini Dia 13 Buku Anak Terasyik Sepanjang Masa versi Rocking Mama!

3K
The more that you read, the more things you will know. The more that you learn, the more places you'll go. ~ Dr. Seuss

Selamat Hari Buku Anak Sedunia, Mama!

Ya, hari ini tanggal 2 April, bertepatan dengan ulang tahun HC Andersen, dunia memperingati Hari Buku Anak. Tentu saja Mama juga setuju kan, kalau anak-anak seharusnya memang dikenalkan pada buku sedini mungkin? Bahkan banyak juga yang percaya, membacakan buku sejak bayi masih dalam kandungan juga akan bisa membuat anak-anak kita mencintai buku nantinya.

Nah, Mama, untuk lebih mendekatkan anak pada buku tentu saja harus dimulai dari Mama sendiri. Apakah Mama suka membaca buku? Mencintai buku? Kalau iya, sudah pasti nggak akan ada masalah untuk menularkan semangat membaca buku Mama pada anak-anak.

Dan, Mama bisa menularkan virus suka membaca buku ini dengan membacakan buku-buku cerita pada si Kecil, Ma. Pasti mereka akan senang sekali dibacakan cerita, apalagi kalau kemudian Mama dan dia menemukan cerita favorit berdua. Wah! Priceless!

Rocking Mama punya banyak sekali rekomendasi buku-buku anak terbaik yang harus banget dibacakan pada si Kecil. Apakah Mama sudah punya beberapa? Atau malah belum sama sekali? Boleh banget lho, kalau buku-buku ini dijadikan wishlist sedari sekarang.

Ini dia.


1. Buku-buku dongeng HC Andersen


Kita akan mulai dari buku-buku dongeng HC Andersen, Ma. Si bapak dongeng dunia.

Mau mencari buku-buku dongengnya per cerita, seperti The Snow Queen, The Ugly Duckling, The Red Shoes, hingga Thumbellina, atau Mama lebih suka mencari buku kumpulan dongengnya seperti yang ada di gambar-gambar di atas, semua terserah Mama. Dongeng-dongeng HC Andersen tak pernah lekang dimakan waktu. Selalu bisa diceritakan kapan saja, kepada generasi mana pun. It's so everlasting!

Mulailah dari dongeng-dongeng ini, Ma, untuk mulai menumbuhkan rasa cinta buku pada si Kecil.


2. Kumpulan Cerita Anak-anak Hilda Boswell


Selain memuat cerita-cerita yang sangat mengasyikkan, dan penuh makna, buku Hilda Boswell ini juga dilengkapi dengan ilustrasi yang cantik. Cocok banget untuk dibacakan pada anak-anak.


3. Buku-buku Grimm Bersaudara: Kumpulan Dongeng, Rumpelstiltskin, 12 Puteri Berdansa, Rapunzel dan lain-lain


Siapa yang tak kenal Hansel Gretel, Puteri Salju dan juga Cinderella?

Mereka adalah tokoh-tokoh dongeng yang begitu dicintai anak-anak sedunia rekaan Grimm Bersaudara, Jacob dan Wilhelm. Perkenalkan si Kecil pada mereka, Ma, dan tetap dampingi dalam prosesnya ya!


4. Buku Kumpulan Dongeng Charles Perrault


Jangan pula ketinggalan memperkenalkan Si Tudung Merah, Si Putri Tidur dan Puss in Boots, Ma!


5. Buku-buku Clara Ng: Dongeng Tujuh Menit, Wayang Sebelum Tidur, Melukis Cinta dan lain-lain


Dari dalam negeri, Rocking Mama merekomendasikan buku-buku Clara Ng. Sudah banyak buku cerita anak yang ditulis oleh Clara Ng, beberapa di antaranya adalah Dongeng Tujuh Menit, Wayang Sebelum Tidur, Melukis Cinta, Yang Paling Istimewa, Pesta Kostum Tengah Malam, dan masih banyak lagi!

Saya pribadi suka banget dengan cara Clara Ng menceritakan dongeng-dongengnya yang tanpa berkesan menggurui anak-anak, memanjakan imajinasi mereka, plus bonus ilustrasi yang sangat indah.

Love it!


6. Buku-buku dongeng fabel kontemporer


Sekarang sudah banyak, Ma, buku-buku fabel kontemporer yang dilengkapi ilustrasi-ilustrasi menawan ya. Selain bisa memperkenalkan hewan-hewan pada si Kecil, bahkan juga mulai melatih si Kecil berbahasa Inggris karena beberapa di antaranya juga terdapat dalam edisi bilingual.

Pastikan si Kecil punya koleksinya ya!


7. Buku Cerita Serial Tini


Buku ini favorit saya banget dulu. Full color, ilustrasinya cantik banget dan ceritanya mengasyikkan!


8. Buku-buku Serial Franklin


Si kura-kura lucu ini juga menggemaskan banget lho, Ma! Topik yang dibahas pun kadang sangat ringan, sehingga pasti dengan mudah dipahami oleh infant sekalipun!


9. Serial Keluarga Cemara


Jangan lupa juga untuk mengoleksi buku-buku serial Keluarga Cemara ini ya, Ma! Nilai-nilai kehidupan yang ditanamkan sangat bermanfaat, plus banyak cerita kehangatan keluarga di dalamnya. Must read!


10. Serial Pippi Longstocking



Si Pippi, gadis kecil lincah berkuncir dua ini, pasti akan dengan cepat menjadi kesayangan si Kecil, Ma. Cerita-cerita di dalamnya pun 'anak-anak' banget; imajinatif, ringan, tanpa beban. Dia unik banget, suka memakai kaus kaki panjang yang beda warnanya antara kiri dan kanan. Kalau tidur, Pippi selalu menaruh kakinya di bantal, sementara kepalanya di kasur. Yang diselimuti adalah kepalanya, bukan kaki. Ia menaruh pensil dalam microwave, sepatu dalam rak piring, gelas dalam lemari pakaian dan lain-lain.

Ah, anak-anak pasti suka!


11. 365 Bedtime Stories


Ingin memperkenalkan tokoh-tokoh rekaan Disney, ataupun tokoh-tokoh dongeng klasik yang sudah dimodifikasi oleh Disney? Buku ini direkomendasikan nih, Ma! Berisi 365 dongeng, pastinya bisa buat stok dongeng setiap malam dalam setahun ya.


12. 100 Cerita Klasik


Nah, kalau mau praktis, barangkali Mama bisa memulai untuk mengoleksi buku-buku cerita anak dari buku sejenis ini dulu. Satu buku banyak cerita, apalagi yang ada di dalamnya adalah cerita-cerita klasik yang pasti asyik banget!


13. Buku-buku cerita kontemporer lain: Charlie and the Chocolate Factory, Petualangan Tom Sawyer, Petualangan Huckleberry Finn, Emil and the Detectives, The Miraculous Journey of Edward Tulane, dan lain-lain


Dan, tentunya Mama masih bisa mencari buku-buku cerita anak-anak yang lain, yang tak kalah menarik dan mengasyikkan lagi ya!

Coba minta rekomendasi pada sahabat-sahabat Mama mengenai buku cerita apa saja yang asyik untuk dibacakan pada anak-anak. Yang penting, Ma, untuk anak-anak mereka selalu lebih tertarik pada buku-buku berilustrasi dengan warna-warna cerah. Jadi, pastikan buku yang Mama pilihkan, selain ceritanya bagus dan bermanfaat buat mereka, ilustrasi dan gambarnya harus oke ya.

Selamat berburu buku, Mama! Dan selamat menghabiskan waktu bersama si Kecil!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini Dia 13 Buku Anak Terasyik Sepanjang Masa versi Rocking Mama!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar