Ini Dia 15 Film Hollywood dan Film Indonesia Bertema Ibu yang Paling Asyik dan Keren! Must Watch!

Film Siti

Ini Dia 15 Film Hollywood dan Film Indonesia Bertema Ibu yang Paling Asyik dan Keren! Must Watch!

13.2K
Film Hollywood dan film-film Indonesia sudah berulang kali memotret sosok para ibu dalam cakupan layar lebar. Sudah nonton semua belum, Ma?

Mama, ibu, bunda, ummi, ataupun sebutannya adalah seseorang yang pasti dimiliki oleh setiap manusia. Dari setitik jiwa sampai benar-benar menjadi seorang manusia yang berguna tidak akan lepas dari sosok seorang mama. Begitu banyak kisah-kisah inspiratif, menarik, bahkan mengharukan perihal hubungan anak dengan mamanya, termasuk yang dikemas dalam film Hollywood maupun film Indonesia.

Yah, meski acapkali kita mendengar berita-berita negatif tentang seorang ibu, misalnya seperti mama yang tega membuang bayinya sampai tega menghilangkan nyawa darah dagingnya. Namun, di luar itu, kita pasti yakin bahwa sejatinya seorang mama adalah sosok berhati malaikat dan senantiasa menaruh cintanya pada anak-anak manusia bersama dengan sang ayah.

Berikut ini, Rocking Mama akan memaparkan 15 film Hollywood dan film Indonesia yang mengangkat tema yang berfokus pada peran seorang mama dalam keluarga, juga pengaruhnya, sampai persoalan-persoalan yang dihadapi oleh seorang mama.


BACA JUGA


Ajak Anak Nonton Film R-Rated? Beberapa Alasan Berikut Semoga Meyakinkan Mama untuk Tak Melakukannya Lagi

Ajak Anak Nonton Film R-Rated? Beberapa Alasan Berikut Semoga Meyakinkan Mama untuk Tak Melakukannya Lagi

Ajak anak nonton film nggak bisa sembarangan! Please perhatikan rating film yang akan ditonton. Salah-salah, Mama malah akan membawa si ...

Read more..


Telah terangkum film Hollywood dan film Indonesia bertema ibu yang direkomendasikan dalam beberapa kelompok



Antara Ketakutan dan Kehadiran Sang Mama

Antara Ketakutan Dan Kehadiran Sang Mama - Sumber gambar: www.imdb.com
Sumber gambar: www.imdb.com


Ketakutan adalah hal fitrah bagi setiap manusia. Ketakutan dalam berbagai kondisi bisa saja menimpa siapa saja, pun dengan tokoh-tokoh dalam film Hollywood berikut. 

Panic Room (David Fincher, 2002) menampilkan Jodie Foster dan Kristen Stewart (yang masih unyu) dalam perannya sebagai ibu yang telah bercerai dan anak yang menderita diabetic. Keduanya terjebak dalam sebuah ruangan di rumah yang baru mereka tempati, ketika sekelompok orang mencari sesuatu dari rumah tersebut. Sang ibu dan anak gadisnya berjuang setengah mati menghindari celaka, membuat Mama sebagai penonton akan berdebar-debar dan geregetan. Dan satu lagi, di film ini Mama tidak akan menyangka, bahwa Si Bella Swan kecil, ternyata begitu pandai berakting.

Jika dalam Panic Room, ibu dan sang anak dihadapkan pada sekelompok manusia berbahaya, berbeda dengan The Babadook (Jennifer Kent, 2014) dan The Others (Alejandro Amenabar, 2001) yang menghadapi makhluk-makhluk dari dunia lain.

The Babadook, Mama akan menyaksikan bagaimana perjuangan seorang ibu membesarkan anak lelakinya -yang aneh- yang berusia tujuh tahun, yang dilahirkannya bersamaan dengan kematian sang suami. Amelia digambarkan cukup depresi menghadapi si anak, dan semakin bertambah ketika kedatangan makhluk asing bernama Mister Babadook, tak lama setelah ia membacakan buku cerita misterius untuk sang anak.

Lain lagi dengan The Others, Kidman berperan sebagai ibu yang begitu overprotektif terhadap kedua anaknya yang mengalami kelainan yang aneh. Kedua anaknya menderita penyakit kulit misterius yang membuatnya tidak dapat terpapar sinar matahari. Suatu ketika, ketiganya mengalami gangguan-gangguan misterius di rumah mereka yang besar seperti suara langkah kaki yang bergemuruh sampai teriakan-teriakan yang mencekam. 

Dari ketiga film Hollywood di atas, terlihat bahwa tokoh anak tentu sangat mengandalkan perlindungan dari ibunya, yang walaupun mengalami ketakutan yang sama, namun harus tetap tangguh menghadapi semuanya.

Apakah Mama pernah dihadapkan pada kondisi yang serupa?    



Hubungan yang Aneh sampai Pengaruh Besar pada Mental

Hubungan Yang Aneh Sampai Pengaruh Besar Pada Mental - Sumber gambar: www.imdb.com
Sumber gambar: www.imdb.com


Lima film Hollywood berikutnya punya tema yang menarik. Hubungan ibu dan anak tak selamanya harmonis dan ideal, ada kalanya terdapat konflik pemecah rasa bahkan kecanggungan yang asing.

Seperti dalam Housebound (Gerard Johnstone, 2014) dan We Need To Talk About Kevin (Lynne Ramsay, 2011) yang menampilkan hubungan yang kacau antara ibu dan anak.

Housebound adalah film horor bernuasa klasik dari Selandia Baru yang menampilkan tokoh utama seorang gadis bermasalah yang harus menjadi tahanan rumah karena sebuah kasus pembobolan ATM. Mau tak mau, ia harus kembali hidup serumah dengan sang ibu yang sangat dibencinya. Sampai suatu ketika, ada teror dari makhluk-makhluk "asing" yang mulai mengganggu. Di sinilah, hubungan itu sebenarnya diuji.

Hampir serupa dengan We Need To Talk About Kevin, hubungan si ibu dengan anaknya yang sinis. Kevin adalah fokus utama film Hollywood ini, bersama konflik dengan sang ibu yang sepertinya tidak bisa klop. Kevin adalah anak yang bermasalah, dan ibunya tidak dapat mengatasi hal itu. 

The Kids Are All Right (Lisa Cholodenko, 2010) beda lagi, berkisah tentang pasangan lesbian, Nic (Annette Bening) dan Jules (Julianne Moore) dengan dua anak yaitu Joni (Mia Wasikowska) dan Laser (Josh Hutcherson). Suatu hari, Jules yang berperan sebagai "ibu", dan Laser diam-diam menemui Paul, yang merupakan ayah biologis dari sang anak. Dan dari sinilah, kehidupan keluarga tersebut mulai goyah. Presentasi yang dihadirkan selama dua jam ini mampu memukau dan menyentuh serta menampilkan suatu perspektif baru.

Dua film Hollywood bertema ibu selanjutnya menampilkan hubungan yang absurd, sampai-sampai memengaruhi mental si anak. 

Carrie (Kimberly Peirce, 2013) berkisah tentang anak gadis bernama Carrie (Chloe Moretz) yang senantiasa mendapatkan bully di sekolah. Ditambah lagi, sang ibu sebagai sosok religius fanatik yang menganggap kehadirannya sebagai dosa besar. 

Sedangkan Mommy (Xaviar Dolan, 2014) tampil seperti roller coaster yang sepanjang film sukses membuat deg-degan, senang, sedih, terharu, sampai kebingungan. Mommy mengetengahkan hubungan antara seorang ibu single parent dengan anak lelakinya yang mengidap ADHD, yang sulit diatur, emosi yang tidak stabil, dan pembuat kekacauan.

Lima film Hollywood di atas adalah gambaran bahwa dalam sebuah keluarga, yang menjadi guru pertama tak lain adalah sang ibu, yang akan memberikan perspektif awal dan membuka cakrawala baru sebelum menghadapi lingkungan yang sesungguhnya.


BACA JUGA


Selain It, Ini Dia 5 Film Hollywood Terbaik yang Diadaptasi dari Novel Stephen King yang Wajib Tonton!

Selain It, Ini Dia 5 Film Hollywood Terbaik yang Diadaptasi dari Novel Stephen King yang Wajib Tonton!

It telah dirilis dan mencetak box office hanya dalam hitungan hari! 5 film Hollywood berdasar novel Stephen King ini juga wajib tonton! ...

Read more..



Haru Biru dan Kasih Sayang Dari Mama

Haru Biru Dan Kasih Sayang Dari Mama - Sumber gambar: www.imdb.com
Sumber gambar: www.imdb.com


Setelah membahas film-film Hollywood yang mencekam, mari kita membahas film-film yang menyentuh dan inspiratif seperti tiga film Hollywood berikut.

My Sister's Keeper (Nick Cassavete, 2009) adalah film keluarga, ayah dan ibu beserta tiga orang anaknya, yang sangat menyentuh. Keluarga ini mesti dihadapkan pada fakta bahwa anak kedua mereka menderita leukimia yang sudah cukup parah dan membutuhkan donor untuk organ-organ vitalnya. Diceritakan bahwa di balik tujuan lahirnya si anak bungsu adalah "taman" organ bagi si sakit. Selanjutnya, terjadinya perseteruan antara anak bungsu yang meminta hak atas dirinya sendiri yang menuntut sang ibu.

Selanjutnya adalah The Way Home (Lee Jeong-hyang, 2002) adalah film yang berasal dari Korea Selatan. Sebenarnya tidak mengangkat tema ibu secara langsung, namun yang menjadi fokus cerita adalah hubungan nenek dan cucu lelakinya. Sempat ditampilkan sosok ibu si cucu yang dikondisikan akan menjalani urusan kerjaan di luar kota. Maka di sinilah kita akan melihat kisah yang sangat mengharukan antara si nenek yang bisu dalam menghadapi cucunya yang bandel dan membencinya. 

Melangkah ke Lilting (Hong Khaou, 2014) yang mengangkat tema sensitif, LGBT, dan bentrok dengan budaya ketimuran. Pada dasarnya, film ini hendak menceritakan hubungan dasar antara manusia. Diceritakan bahwa seorang ibu keturunan Kamboja-Cina, yang tidak bisa berbahasa inggris namun bermukim di London, bersama anaknya yang baru saja tiada. Pada akhirnya ia harus tinggal di panti jompo. Suatu hari, ia kedatangan seorang pemuda yang mengaku teman dekat anaknya, yang sayangnya tidak bisa berbahasa Mandarin. Intinya, film ini menampilkan keterasingan, baik dari bahasa sampai pada hubungan manusia itu sendiri, seperti sang ibu yang harus belajar menerima hubungan sang anak.

Tiga film di atas bisa jadi hanya sebagian kecil film-film yang menyentuh dan menguras air mata. Apa film favorit Mama?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini Dia 15 Film Hollywood dan Film Indonesia Bertema Ibu yang Paling Asyik dan Keren! Must Watch!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Irfan Harry | @IrfanHarry

Silahkan login untuk memberi komentar