Setiap Ibu Rumah Tangga Butuh 15 Trik Ini Agar Tetap Waras

Setiap Ibu Rumah Tangga Butuh 15 Trik Ini Agar Tetap Waras

7.5K
Menjadi ibu rumah tangga bukanlah hal yang sulit. Sungguh.

Ya, memang nggak sulit. Yang perlu kita lakukan adalah mengurus anak. Dan suami. Dan rumah. Errr ... dan mungkin binatang peliharaan.

Itu saja. Mudah kan?

Said no, Mom! Ever!

Menjadi ibu rumah tangga, apalagi kalau nggak punya asisten rumah tangga, berarti kita harus menjadi babysitter, guru, dokter, supir, tukang masak, tukang cuci, housekeeper dan masih banyak lagi. Semua itu bisa menghabiskan waktu, energi dan kesabaran kita sampai rasanya ingin lari ke hutan dan belok ke pantai. Betul?

Tapi jangan khawatir, Ma. Sebelum Mama mengibarkan bendera putih dan mencoba meminum obat penenang tanpa resep dokter, Mama bisa mencoba cara-cara berikut ini supaya tetap waras di tengah kesibukan Mama sebagai ibu rumah tangga.


BACA JUGA


Ibu Rumah Tangga dan 5 Fakta Mengenainya yang Membuat Mereka Tak Menikmati Hidup

Ibu Rumah Tangga dan 5 Fakta Mengenainya yang Membuat Mereka Tak Menikmati Hidup

Menjadi ibu rumah tangga bukanlah cita-cita yang bisa dibanggakan sejak dulu, bukan pula sebuah profesi yang penuh dengan prestasi. Malahan ...

Read more..


15 Trik yang harus diketahui oleh semua ibu rumah tangga agar tetap waras



1. Turunkan standar kebersihan dan kerapian rumah

Selama kita punya anak kecil, Ma, percaya deh, rumah kita nggak akan bisa serapi dan sebersih foto di majalah. Jadi bersihkan semampu Mama. Ingatkan anak-anak untuk membereskan mainannya lalu nikmati saja rumah kita apa adanya.


2. Tidak ada kata terlalu banyak untuk stok es krim dan puding di dalam kulkas

Semua perlu es krim atau puding untuk memperbaiki suasana hati yang buruk. Semua. Termasuk kita, para ibu rumah tangga. Jadi, pastikan untuk selalu punya stok. Lupakan saja diet, yang penting juga tetap sedia buah. Sehat fisik, sehat pikiran.


3. Kalau kita nggak bisa mengubahnya, ubahlah cara pandang kita

Anak-anak menghamburkan tepung di lantai? Oh, mereka sedang bereksperimen membuat arena seluncur dari tepung.

Tumpukan baju kotor yang sudah siap masuk mesin cuci berserakan di lantai? Oh, mereka lagi membantu memisahkan baju berwarna dan baju putih.

Bagus! Anak-anak pintar!

See?


4. Delegasi

Delegasikan tugas-tugas rumah tangga, seperti menyiapkan meja untuk makan, mencuci piring, memberi makan binatang peliharaan, lap meja dan kaca ke anak-anak.

Mereka pasti akan senang bermain semprot air sembari melap kaca, bermain sabun sambil cuci piring atau menggoda si manis ketika memberi makan.

Jadi berantakan semua? Kembali ke tips no. 1, Ma.



5. Jangan pernah membeli furnitur berwarna putih

Kecuali Mama mau selalu berteriak dan mengingatkan anak-anak untuk berhati-hati supaya tidak membuat noda setiap kali mereka mendekatinya, hindari furnitur atau mebel warna putih.


BACA JUGA


5 Cara Menjadi Ibu Rumah Tangga Super Ala Film Joy - You Can Do It Too, Ma!

5 Cara Menjadi Ibu Rumah Tangga Super Ala Film Joy - You Can Do It Too, Ma!

Ibu rumah tangga selalu berusaha menjadi seorang Mama yang super. Film Joy berkisah tentang seorang ibu rumah tangga yang berjuang untuk ...

Read more..


6. Baju tidak harus senada

Membiarkan anak-anak memakai baju apa saja yang mereka suka ketika di rumah, dan mungkin ketika di luar rumah sesekali.

Well, oke, sering pun nggak papa. Itu lebih baik daripada Mama stres karena harus memaksa mereka memakai baju yang Mama ingin mereka pakai.

Yang harus Mama lakukan adalah tarik napas, tutup mata dan buatlah agenda untuk menghilangkan baju-baju ajaib itu dari lemari lantas isi dengan baju-baju pilihan Mama. Sesegera mungkin!


7. Jangan merasa bersalah untuk membuang krayon-krayon yang patah

Kecuali Mama memang suka membuat hasta karya, nggak ada gunanya menyimpan krayon patah hanya karena tergiur tutorial daur ulang krayon yang melibatkan pengering rambut.

Ini juga berlaku untuk semua benda-benda yang menurut Pinterest bisa didaur ulang menjadi sesuatu yang menarik, seperti botol air mineral bekas, kardus, koran dan majalah bekas.

Padahal Mama nggak punya waktu dan minat untuk melakukannya. Lebih baik berikan saja ke tukang loak setelah dipilah-pilah.

Lumayan, Ma, uangnya bisa untuk beli permen. Atau barangkali buat nambah stok es krim di kulkas. Lumayan, bisa kita nikmati saat benar-benar membutuhkannya (baca: saat kita butuh hiburan).


8. Sesekali makan fast food atau frozen food itu nggak dosa kok, Ma.



9. Kalau anak-anak membuat Mama kesal karena selalu bertengkar satu sama lain

Cobalah minta mereka untuk melakukan hal yang tidak mereka sukai. Dengan demikian, mereka akan berhenti saling bertengkar, dan berusaha berargumen dengan Mama sampai mereka lelah dan diam.


10. Biarkan anak-anak untuk mengalami kegagalannya sesekali, Ma

Entah itu lupa membawa sepatu olahraga ke sekolah saat ada ekskul basket, terlambat mengerjakan PR, ataupun saat mendapatkan nilai jelek pada ulangan harian karena semalam terlalu asyik nonton TV.

Dengan demikian, mereka akan belajar untuk bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Dan Mama akan bebas dari kelelahan. Dan juga bebas dari julukan mama cerewet karena setiap malam harus mengingatkan, bahkan menyiapkan semua keperluan mereka.



11. Katakan tidak pada setrika

Well, kecuali setrika adalah salah satu cara yang bisa membuat Mama rileks.


BACA JUGA


Menjadi Ibu Rumah Tangga Adalah Hal yang Luar Biasa. Setelah Menikah, Siapkan Diri Mama Dengan 5 Hal Ini!

Menjadi Ibu Rumah Tangga Adalah Hal yang Luar Biasa. Setelah Menikah, Siapkan Diri Mama Dengan 5 Hal Ini!

Ibu rumah tangga adalah kodrat semua wanita. Menjadi ibu rumah tangga pun banyak hal yang bisa kita temui di dalamnya

Read more..


12. Jangan masuk forum online yang berpotensi perang ibu-ibu atau membawa aura negatif untuk Mama

Hidup kita sendiri sudah cukup rumit dan melelahkan, Ma. Rasanya nggak perlu lagi melibatkan diri pada perang ibu rumah tangga vs ibu bekerja, ASI vs sufor, pospak vs popok kain, vaksin vs anti vaksin, dan lain-lain.

Pilih yang menurut kita benar dan berbahagialah dengannya tanpa harus memaksa orang lain mengikuti pilihan kita.


13. Lakukan hobi Mama

Menjahit, membuat kue, merajut, menulis, blogging, fotografi, berkebun atau apa saja kegiatan produktif yang bisa membuat mama bahagia. Luangkan waktu minimal 30 menit sehari.

Dan ini bukan termasuk me time ya, Ma.



14. Me Time

15 menit atau 2 jam.

Mengurung diri di dalam kamar sementara anak-anak bermain bersama suami, baca-baca linimasa di media sosial sementara anak-anak nonton TV atau ke salon, spa, olahraga di pusat kesehatan, atau kumpul bersama teman di kafe.

Atau sekadar duduk di halaman belakang, memandangi hijaunya rumput, menikmati hasil berkebun Mama. Mama perlu waktu untuk menarik napas panjang jauh dari anak-anak.


BACA JUGA


Belum Ada Mbak Asisten Rumah Tangga, Begini Cara Mengatasi Kerepotan Pagi Hari!

Belum Ada Mbak Asisten Rumah Tangga, Begini Cara Mengatasi Kerepotan Pagi Hari!

Mbak asisten rumah tangga benar-benar nge-PHP. Padahal biasanya pagi itu adalah waktu paling riweuh sepanjang masa. Bagaimana cara mengatasi ...

Read more..


15. Di akhir hari, saat anak-anak sudah terlelap

Pandangi wajah mereka. Ingatkan diri kita bahwa semua kehebohan dan kelelahan ini suatu saat akan berakhir. Dan kelak akan kita merindukan rumah yang berantakan, suara ramai anak-anak yang bertengkar, dan dapur yang tidak pernah bersih karena terus dipakai memasak sesuatu untuk perut-perut yang selalu lapar.

Ya. suatu kali kita akan merindukan peran ibu rumah tangga seutuhnya yang super repot.

Ya, mungkin.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Setiap Ibu Rumah Tangga Butuh 15 Trik Ini Agar Tetap Waras". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Alfa Kurnia | @alfakurnia

Mamah galau. Introvert yang suka gaul. Punya cita-cita abadi jadi kurus tapi doyan makan. Blogging at http://pojokmungil.com. Believe that “Blogging is not rocket science, it’s about being yourself, and putting what you have into it.

Silahkan login untuk memberi komentar