17 Objek Wisata di Jogja Paling Populer - dari Wisata Alam Hingga Wisata Kuliner

17 Objek Wisata di Jogja Paling Populer - dari Wisata Alam Hingga Wisata Kuliner

2.8K
17 objek wisata di Jogja yang nggak boleh sampai dilewatkan. Kalau belum ke sini, rasanya belum ke Jogja aja gitu.

Liburan sekolah telah tiba! Yeay! Dan, nggak kalah serunya, liburan sekolah kali ini juga barengan dengan libur Lebaran! Oh wow! Pasti Mama dan keluarga nggak akan melewatkannya begitu saja yes?

Sudah ada rencana mau liburan ke mana saja nih? Well, barangkali ada yang berencana menghabiskan liburan dengan menjelajah wisata di Jogja?

Jogja memang kota yang selalu ramai di saat liburan, baik itu liburan panjang seperti liburan sekolah maupun liburan long weekend atau sekadar weekend saja. Yah, soalnya memang banyak tempat wisata di Jogja yang bisa dinikmati dan selalu bikin kangen yes?

Nah, agar memudahkan Mama merencanakan liburan kali ini, Rocking Mama akan memberikan 17 rekomendasi objek wisata di Jogja yang paling populer, dari mulai wisata alam, wisata budaya, hingga wisata kuliner. Memang banyak sekali muncul objek wisata di Jogja yang baru, tapi yang akan direkomendasikan berikut ini adalah 17 objek wisata di Jogja yang memang sudah lama, klasik, dan Jogja banget, yang kayaknya kalau belum ke sini tuh rasanya Mama belum sampai ke Jogja deh.


BACA JUGA


Ini Dia 7 Objek Wisata di Solo yang Paling Populer dan Murah Meriah

Ini Dia 7 Objek Wisata di Solo yang Paling Populer dan Murah Meriah

Objek wisata di Solo memang ada banyak, tapi yang 7 ini adalah yang paling populer, murah meriah dan ramah keluarga. Ke Solo yuk, Ma

Read more..


Nanti, kita akan bahas juga beberapa objek wisata di Jogja yang baru ya, Ma. Supaya Mama juga bisa mengagendakannya.

How cool is that, huh? Yuk, Ma, kita mulai wisata di Jogja!


17 objek wisata di Jogja yang paling populer yang jangan sampai dilewatkan


Objek Wisata di Jogja - Wisata alam paling populer


1. Kaliurang


Kaliurang masih menjadi tujuan wisata di Jogja yang paling populer saat ini.

Suasana dan hawanya yang sejuk, kemudahan akses dan kelezatan jajanan yang tersedia di Kaliurang memang belum terkalahkan oleh objek wisata mana pun. Camilan jadah tempe, contohnya, hanya bisa Mama temukan di Kaliurang doang. Ada sih beberapa kios yang menjual jadah tempe di kota Jogja, tapi tak selezat yang bisa dimakan langsung di Kaliurang.


2. Gua Pindul


Objek wisata di Jogja, wisata alam paling populer, berikutnya adalah Gua Pindul, yang berlokasi di Gunung Kidul.

Gua Pindul, yang merupakan salah satu dari 7 gua dengan aliran sungai bawah tanahnya ini memang menawarkan sensasi eksplorasi alam yang luar biasa melalui cave tubing-nya.

Mama bisa menikmati berbagai ornamen alam yang indah di dalam Gua Pindul ini, seperti moonmilk, batu kristal, stalagtit dan stalagmit yang di beberapa tempat menyatu membentuk pilar alami yang kokoh dan indah.


3. Pantai Indrayanti


Pantai Indrayanti, yang juga sering disebut dengan Pantai Pulang Syawal, menjadi pantai objek wisata di Jogja yang paling populer rekomendasi Rocking Mama berikutnya.

Meski pantai-pantai lain tak kalah indahnya, Pantai Indrayantilah yang biasanya menjadi tujuan utama para wisatawan dan pelancong jika ingin menikmati suasana laut yang dibingkai pantai pasir putih yang indah.

Meski di sekitar Pantai Indrayanti sudah dibangun restoran dan cafe juga berbagai kios yang menjual suvenir, namun keaslian Pantai Indrayanti masih terjaga.


4. Sungai Progo Bawah


Mau tantang adrenalin, Ma?

Objek wisata di Jogja yang satu ini sebenarnya merupakan objek wisata yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah. Namun jaraknya sangat dekat dengan Yogyakarta, dan kebanyakan wisatawan memang berangkat dari arah Yogyakarta. Sehingga tak sedikit perusahaan pemandu wisata Yogyakarta yang merekomendasikan wisata sungai ini untuk bisa dinikmati oleh para wisatawan, terutama mereka yang ingin menguji nyali untuk menaklukkan arus Sungai Progo.

Meski memang sangat memacu adrenalin, namun wisata rafting ini aman untuk dilakukan bersama keluarga lho. Banyak pemandu rafting yang menjamin Zero Accident, dengan peralatan dan perlengkapan yang lengkap dan sesuai standar keamanan yang berlaku. Para pemandunya pun sangat profesional.

Jadi, untuk pengalaman yang berbeda di liburan kali ini, jangan ragu-ragu untuk mengajak keluarga bersama-sama mengarungi Sungai Progo ini ya.


5. Air Terjun Sri Gethuk


Objek wisata di Jogja satu ini terbilang masih belum seterkenal yang lain memang ya, Ma. Lagipula lokasinya memang cukup jauh dari jangkauan para wisatawan. Butuh usaha dan tenaga yang cukup ekstra untuk bisa mencapai lokasi Air Terjun Sri Gethuk ini.

Mama harus melewati hutan kayu putih milik Perhutani terlebih dahulu, melewati hutan pohon jati yang cukup rapat, dan kemudian harus melewati jalan setapak menembus persawahan.

Rute terakhir juga bisa ditempuh dengan alternatif lain, yaitu naik rakit menuju hulu Sungai Oya.

Tapi, Ma, semua kelelahan terbayar sudah saat Mama dan keluarga tiba di Air Terjun Sri Gethuk ini. Pemandangannya ... wuaaahhh ...!


6. Hutan Pinus Mangunan


Yang suka selfie di tengah objek alam yang indah, kayaknya wajib banget nih untuk selfie di tengah hutan pinus Mangunan. Berada di tengah jajaran pohon-pohon yang besar begini tentu bisa menciptakan foto selfie yang luar biasa ya.

Lokasi hutan pinus ini searah kalau Mama akan menuju ke situs makam raja-raja di Imogiri. Mudah banget ditemukan. Di dekat hutan pinus ini juga ada sumber mata air Bengkung, yang konon pernah menjadi lokasi pertapaan Sultan Agung.


BACA JUGA


5 Tempat Wisata Alam Di Jakarta yang Cocok Menjadi Tempat Menyingkir dari Rutinitas

5 Tempat Wisata Alam Di Jakarta yang Cocok Menjadi Tempat Menyingkir dari Rutinitas

Tempat wisata alam di Jakarta ini bisa menjadi pilihan saat Mama pengin menyingkir sebentar dari kesibukan, rutinitas dan polusi yang ...

Read more..


Objek Wisata di Jogja - Wisata budaya paling populer


7. Keraton Yogyakarta


Sejarah Yogyakarta memang terpusat di Keraton Yogyakarta, dan menjadi museum hidup bagi pelestarian kebudayaan Jawa.

Tak hanya koleksi barang-barang Keraton saja yang bisa Mama nikmati di objek wisata di Jogja ini, tapi Mama sekeluarga juga bisa melihat secara langsung kegiatan para abdi dalem sehari-hari. Juga ada berbagai pertunjukan seni budaya yang berbeda-beda tiap harinya.

Tak hanya itu, si kecil juga bisa lho belajar gamelan langsung pada abdi dalem yang memang sudah ahlinya. Wah, seru kan?


8. Istana Air Taman Sari


Kalau sudah mengunjungi Keraton Yogyakarta, kayaknya objek wisata di Jogja yang wajib dikunjungi berikutnya adalah istana air Taman Sari. Lokasinya tak jauh dari Keraton, hanya sekitar 10 menit saja dengan menggunakan becak.

Di Taman Sari, Mama dan keluarga bisa menikmati jejak-jejak sejarah kebudayaan Keraton dengan lebih dekat.

Konon, Taman Sari ini dulu merupakan tempat beristirahat bagi Sultan. Area yang di mana Taman Sari berada ini sangatlah luas, jadi jangan berhenti hanya di sekitar permandiannya saja, Ma.

Mama harus terus menjelajah ke lorong-lorong bawah tanahnya yang akan membawa Mama ke bagian lain, yaitu Pasarean Ledoksari dan Sumur Gumuling. Mama juga bisa melanjutkan perjalanan hingga ke Pulo Cemeti dan berakhir di Pasar Ngasem, yang kini telah direvitalisasi menjadi pasar seni dan budaya.


9. Makam Raja-raja Imogiri


Makam Imogiri merupakan area makam khusus bagi raja-raja Kesultanan Mataram, yang dibangun oleh Sultan ketiga, yang merupakan keturunan langsung dari Panembahan Senopati.

Karena Kesultanan Mataram terpecah menjadi dua, maka area makam ini pun kini juga terdiri dari dua bagian, yaitu area makam untuk Kasunanan Surakarta dan area makam untuk Kesultanan Yogyakarta.

Ada aturan yang sangat ketat bagi pengunjung yang ingin memasuki area makam untuk berziarah. Jadi, ada baiknya Mama mencari informasi lebih dulu jika memang ingin masuk dan melihat sendiri makam-makam raja Yogyakarta di Imogiri ini.


10. Prambanan


Candi Prambanan merupakan objek wisata di Jogja paling populer rekomendasi Rocking Mama berikutnya. Candi yang terletak di perbatasan Yogyakarta dengan Klaten Jawa Tengah ini memang menjadi candi wajib kunjung pertama di Yogyakarta.

Daya tarik lain dari Candi Prambanan, selain candinya sendiri yang indah, adalah adanya Sendratari Ramayana yang dipentaskan setiap malam bulan purnama di area candi ini.

Jika Mama berkesempatan untuk mengunjungi Candi Prambanan, jangan lupa untuk juga mengunjungi candi-candi lain yang berlokasi tak jauh dari sana. Seperti Candi Kalasan, Plaosan, dan juga Candi Ratu Boko.


11. Monumen Jogja Kembali


Monumen yang terletak di sudut Ringroad Utara dan Jalan Palagan Tentara Pelajar ini menjadi tempat menyimpan saksi-saksi sejarah perjuangan melawan Belanda di Yogyakarta.

Tak hanya berbagai atribut perang dan barang-barang sejarah saja yang bisa Mama nikmati di sini, tapi juga ada diorama dan juga wahana-wahana permainan anak.

Saat malam, Mama juga bisa mengunjungi area Monumen Jogja Kembali untuk menikmati berbagai bentuk lampion yang indah di Taman Pelangi-nya.


12. Museum-museum di Yogyakarta


Selain Keraton dan Monumen Yogya Kembali, masih banyak objek wisata di Jogja yang berupa museum sebagai tempat menyimpan jejak-jejak sejarah yang lain yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan terutama yang menyukai sejarah dan budaya.

Sebut saja Museum Sonobudoyo I dan II, Museum Benteng Vredeburg, Museum Perjuangan, Museum Sandi Kotabaru, Museum Mainan Anak Kolong Tangga, Museum Gunung Api dan juga museum yang sangat eksotik, yaitu Museum Ullen Sentalu.


BACA JUGA


Yuk, Ajak Anak-anak Langsung Belajar di Lokasi dengan Mengunjungi Empat Cagar Budaya di Jawa Tengah Ini!

Yuk, Ajak Anak-anak Langsung Belajar di Lokasi dengan Mengunjungi Empat Cagar Budaya di Jawa Tengah Ini!

A people without the knowledge of their past, origin and culture is like a tree without roots. ~ Irish Proverb

Read more..


Objek wisata di Jogja - Wisata kuliner paling populer


13. House of Raminten


Kurang lengkap kan, kalau kita berlibur ke Jogja tanpa mencicipi berbagai kuliner khas Yogyakarta?

Tak perlu susah-susah mengunjungi berbagai objek wisata di Jogja, terutama pusat kulinernya, untuk dapat merasakan betapa nikmatnya masakan khas dari daerah ini. Mama cukup mendatangi House of Raminten yang berlokasi di Jalan FM Noto Kotabaru Yogyakarta.

Berbagai menu tradisional disajikan secara elegan dan berkelas di sini, mulai dari wedang uwuh dan nasi kucing hingga ayam koteka. Kalau Mama susah mendapatkan tempat di restoran ini, Mama bisa mencoba cabangnya yang ada di Jalan Kaliurang. Menunya sama, keunikannya juga sama, namun tempatnya lebih luas.


14. Gudeg Wijilan


Ada banyak pusat dan penjual gudeg di Yogyakarta, bahkan di pinggir-pinggir jalan saat pagi pun Mama akan dengan mudah menemui penjual gudeg membuka lapak dengan lesehan.

Namun, bagi para wisatawan, gudeg yang paling cocok untuk dinikmati, dibawa pulang atau dijadikan oleh-oleh ya gudeg dari sentranya langsung, yaitu Wijilan. Kalau musim liburan, penggal jalan Wilijan yang memang sempit memang jadi makin sempit bahkan macet, hanya karena kendaraan-kendaraan para penikmat nasi gudeg berjajar memenuhi bahu jalan.

Warung gudegnya sendiri ada banyak, dengan rasa yang hampir seragam. Jadi Mama memang bisa memilih yang mana saja, pasti sama enaknya. Gudeg Wijilan cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh karena gudegnya kering dan awet hingga tiga hari tanpa harus dipanasi.


15. Jejamuran


Salah satu wisata kuliner paling baru dan langsung populer adalah Jejamuran, sebuah restoran yang berada di Pandowoharjo, yang bisa dicapai dari Monumen Yogya Kembali ke Utara menuju lereng Gunung Merapi.

Menu yang disajikan cukup unik, karena semuanya berbahan jamur sesuai dengan nama restorannya.


16. Sate Karang Kotagede


Kalau sate klathak, pasti Mama sudah pernah coba. Apalagi pas terangkat melalui film Ada Apa dengan Cinta 2 yang lalu ya.

Tapi ada nih, Ma, satu sajian sate yang barangkali belum pernah Mama coba.

Ya, di Jogja memang ada banyak ragam sate yang bisa dinikmati, misalnya Sate Pak Kromo, atau sate koyoran di Pasar Beringharjo.

Tapi selain sate-sate tadi, Mama harus coba juga Sate Karang khas Kotagede. Sate Karang ini adalah sate yang terbuat dari daging sapi yang disajikan dengan lontong kuah dengan tempe. Unik kan?

Sate Karang ini sangat populer di kalangan wisatawan kuliner yang sudah berkali-kali berkunjung ke Yogyakarta karena tak ditemukan di daerah lain.


17. Bakpia


Selain gudeg, makanan lain yang identik dengan Yogyakarta adalah bakpia. Dan, meski sudah ada merek-merek lain, bakpia Pathuk kayaknya masih menjadi yang terpopuler.

Mama juga bisa mengunjungi langsung pabriknya, Ma. Kesempatan bagus untuk menunjukkan sebuah proses memasak makanan secara massal pada si kecil. Pabriknya cukup dekat dari Malioboro kok, hanya 20 menit jalan kaki santai.

Selain bakpia Pathuk, yang sekarang lagi ngehits adalah bakpia Kurnia Sari. Toko dan pabriknya ada di Jalan Glagah Sari, Ma. Selain rasanya enak, bakpia Kurnia Sari punya varian rasa bakpia yang banyak. Cokelat, keju, durian, green tea, macam-macam deh.


BACA JUGA


7 Wisata Kuliner Nusantara Rekomendasi Rocking Mama Ini Mesti Mama Coba!

7 Wisata Kuliner Nusantara Rekomendasi Rocking Mama Ini Mesti Mama Coba!

Wisata kuliner selalu menjadi tujuan ketika Mama berkunjung di satu kota ataupun di kota sendiri. Kali ini Rocking Mama akan ...

Read more..


Nah, itu dia 17 objek wisata di Jogja paling populer rekomendasi Rocking Mama, baik wisata alam, budaya dan sejarah hingga kuliner. Ada yang belum pernah Mama kunjungi atau coba?

Makanya, jangan lewatkan untuk mengagendakannya di masa liburan kali ini ya, Ma!

Selamat berlibur!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "17 Objek Wisata di Jogja Paling Populer - dari Wisata Alam Hingga Wisata Kuliner". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar