Ini Dia 20 Hal yang Harus Mama Katakan Kepada Si Gadis Kecil, Anak Perempuan Mama, Sekarang!

Ini Dia 20 Hal yang Harus Mama Katakan Kepada Si Gadis Kecil, Anak Perempuan Mama, Sekarang!

2.2K
A daughter is just a little girl who grows up to be your best friend.

Memiliki anak perempuan merupakan kado yang begitu indah. Bisa dibayangkan, Ma, apa saja yang bisa kita lakukan bersamanya? Kita bisa asyik ke salon dengan dia, jalan ke mal dan memilih baju bersama, nonton bareng di bioskop, selfie bareng, termasuk juga meminta pendapatnya tentang BB Cream apa yang recommended.

Tapi kita pasti sama-sama menyadari, bahwa menjadi orangtua di masa sekarang ini tidak semudah dulu. Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, godaan yang menerpa anak kita pasti juga besar. Tapi, nggak perlu langsung panik juga, Ma. Dengan pendampingan kita, tentulah si gadis-gadis kecil ini akan mampu berkembang sesuai dengan 'porsi'nya masing-masing.

Nah, Mama, beberapa hal di bawah inilah yang harus kita katakan kepada anak perempuan kita supaya dia tumbuh besar dengan pribadi yang baik dan bermasa depan cerah.


1. "Katakan tidak."


Sekalipun perempuan, jangan selalu merasa inferior dan beranilah berkata “tidak” ketika ada sesuatu yang tidak sesuai. Saat teman laki-lakimu minta 'macam-macam', jangan takut untuk katakan, “tidak”!

Kadang-kadang mengatakan "tidak" akan bisa menyelamatkan diri kita.


2. "Kejar prestasi dan mimpimu!"


Menjadi perempuan bukan berarti tidak bisa berprestasi. Udah nggak zaman lagi, perempuan kudet, cuma mengerti dapur, sumur, dan kasur.

Kamu bisa nggak cuma berprestasi dalam lingkup sekolahmu saja, tapi juga di lingkup sosialmu. Dengan demikian, saat kamu sudah dewasa nanti, kamu akan mampu menjadi warga masyarakat yang baik, juga sukses dalam pekerjaan dan kariermu kelak.

Mama akan selalu memberimu contoh langsung dengan semua pencapaian dan prestasi Mama. Dukung Mama ya, Sayang!


3. "Lindungi dirimu sendiri!"


Sekarang ancaman untuk anak gadis sepertimu semakin besar!

Dulu Mama bisa pulang malam tanpa takut begal atau copet. Sekarang sudah berbeda. Tapi mengurungmu terus di rumah juga bukan solusi yang bagus. Jadi, lebih baik ikutlah kursus bela diri. Bekali dirimu sendiri dengan kemampuan silat, karate, atau taekwondo, supaya kamu bisa membela diri ketika ancaman menyerang.

Mama juga akan mengajarimu bagaimana kamu harus meminta bantuan kepada orang lain saat keadaan darurat, ataupun bagaimana harus bersikap hati-hati saat berada di lingkungan yang asing, atau saat kamu berada di tengah orang-orang asing yang tak kamu kenal dan kamu sendirian.

Tenang, Sayang, kita pasti bisa!


4. "Uang itu tidak tumbuh sendiri di pohon."


Sekalipun sekarang Mama masih memberimu uang saku, tapi kamu harus mengerti, bahwa uang tidak bisa didapatkan dengan mudah seperti memetik buah dari pohon. Bahwa Mama dan Papa harus bekerja keras untuk mengumpulkan uang, dan kamu pun ketika dewasa juga harus seperti itu. Jadi jangan hambur-hamburkan uang untuk hal-hal yang tidak berguna ya!

Hematlah akan hal-hal kecil, seperti selalu mematikan keran air setelah mandi, menghemat kertas dengan cara mendaur ulang, menghabiskan makananmu, dan lain-lain. Yes, you can do it, girl!


5. "Mandirilah!"



Saat sudah besar nanti, kamu harus memiliki kemandirian finansial, dengan bekerja dan mencari uangmu sendiri. Menjadi seorang perempuan bukan berarti serba tergantung pada orangtua ataupun suami.

Nah, setelah kamu mengerti esensi dari 'bekerja', selanjutnya yang harus kamu mengerti adalah mengapa kita harus mengatur keuangan pribadi. Yah, meski kita tidak hidup untuk uang, namun bagaimana pun sebagai perempuan kamu harus pandai-pandai mengelola keuangan. Nggak cuma saat sudah menikah, namun bahkan kamu sudah harus cerdas mengelolanya sejak masih lajang.

Mama akan selalu mendorongmu agar tak menghabiskan uang jajanmu dalam sehari. Sisakanlah sedikit untuk ditabung.


6. "Jangan takut berbeda pendapat!"


Ketika berhadapan dengan forum, tidak sedikit perempuan yang enggan untuk berpendapat apalagi jika pendapatnya itu berbeda. Kamu harus berani ya, Sayang!

Berbeda pendapat itu bukan masalah. Namun, tentu tidak dengan cara mengutarakan argumen yang meledak-ledak atau dengan keras. Beranilah berpendapat dengan cara ucap yang santun dan cantik.


7. "Cari dan ikutilah passion-mu!"


Passion setiap orang itu harus dicari dan dikejar. Banyak perempuan yang kehilangan passion-nya setelah menikah. Tapi Mama tidak mau kamu mengalaminya. Dan tentu akan lebih baik juga bukan, kalau kamu sudah mengenali minatmu sendiri sejak dini? Sehingga masih ada kesempatan luas untukmu mengejar mimpi dan kemudian mewujudkannya.

Hidup tanpa passion itu membosankan, Sayang! Dan, Mama tahu pasti, salah satu cara untuk tetap menikmati hidup ini adalah dengan melakukan hal-hal sesuai passion kita. Iya, kan?


8. "Makanlah sayur dan buah sebanyak mungkin. Juga jangan lupa rajin berolahraga."


Sayur dan buah adalah sumber kesehatan manusia. Konsumsilah itu setiap hari, dan jangan lupa untuk tetap rajin bergerak. Bisa dengan berolahraga ataupun melakukan pekerjaan rumah tangga. Hidupmu terlalu berharga dan kesehatan tubuh adalah taruhannya.


9. "Biasakan diri terhadap kritikan dan masukan!"


Nggak banyak orang, terutama perempuan, bisa menerima kritik dengan lapang dada. Kadang saking anti-nya, saran dan masukan yang sebenarnya sangat bagus dan membangun pun, jadi dianggap kritik yang menjatuhkan.

Untukmu, Mama ingin supaya kamu bisa menerima kritik dan masukan itu dengan baik. Kritik dan masukan orang lain sangat kita perlukan untuk bisa memperbaiki diri sendiri. Selain itu, kita juga nggak boleh memaksakan orang untuk harus selalu menyukai kita. It's OK when people doesn't like us. Kita juga nggak perlu harus menyenangkan semua orang. In fact, we can't please everyone, kan?

Biarkan orang-orang berpendapat apa pun itu tentang diri kita dan tidak perlu membela diri. Anggap semua itu masukan yang baik untuk pengembangan diri. Sebaik-baiknya perempuan adalah yang punya telinga dan hati untuk mendengarkan.


10. "Pergilah keliling dunia dan temuilah banyak orang!"


Selagi kamu muda dan masih punya banyak kesempatan, pergilah keliling dunia dan temuilah banyak orang! Dari situ kamu akan belajar banyak hal, mengenal kebudayaan yang berbeda, karakter orang yang berbeda, kondisi yang berbeda. Juga tentang ilmu pengetahuan dan tentang arti kehidupan.

Kamu pasti bisa memanfaatkan wawasan dan pengetahuan yang kamu dapatkan dari melanglang buana ini suatu hari nanti.


11. "Mama adalah orang pertama yang harus tahu, siapa laki-laki yang kamu taksir."


Sayang, Mama janji untuk selalu membuka diri dan akan mendengarkan apa pun curhatmu, sekonyol apa pun itu dan sealay apa pun tingkahmu. Mama ingin menjadi Mama yang bisa menjadi tempat curhat anak-anak. Sehingga Mama harap, kamu tidak akan segan untuk bercerita tentang lawan jenis bahkan pacar pertamamu pada Mama.

Percayalah, sebaik-baiknya sahabat kamu sebagai tempat curhat, selalu ada Mama adalah yang terbaik.


12. "Pelukan Mama selalu ada untukmu!"


Hidup ini penuh dengan pembelajaran, kadang kita benar, tapi tidak jarang melakukan salah. Di kehidupan nanti, kamu akan sering melakukan kesalahan, pun Mama. Namun, apa pun kesalahan kamu, percaya deh, Mama akan selalu ada untukmu. Pelukan Mama selalu ada untukmu. Kamu tetaplah anak perempuan yang Mama sayangi. Selamanya.


13. "Jangan mudah menyerah!"


Pantang menyerah, dan jangan sekali-kali ucapkan, “aku tidak bisa”! Sekalipun kamu perempuan, kamu akan selalu bisa melakukan apa pun. Zaman sekarang pekerjaan dan segala sesuatunya tidak terpisahkan oleh gender. Perempuan bisa melakukan sama baiknya dengan laki-laki.


14. "Cantikmu, Hatimu!"


Cantik tidak selalu dari make-up yang sempurna, tubuh yang molek, atau baju yang berkelas. Sumber kecantikan yang utama adalah di dalam hatimu. Milikilah hati yang cantik, maka kamu nanti akan dimudahkan dalam menjalani segala hidupnya.


15. "Smile! Smile! And, smile!"


Jangan pelit senyum. Berikan senyum pada semua orang dengan tulus dan tanpa membeda-bedakan. Sekalipun hatimu sedang kacau balau, tapi tetaplah tersenyum. Senyum bisa menular. Senyum bisa membahagiakan orang lain dan percayalah dengan begitu kita pun akan ikut bahagia.


16. "Jangan hitung budi baik orang lain!"


Hidup ini memang untuk berbuat baik pada sesama. Tapi tidak perlu menghitung seberapa banyak orang yang telah berbuat baik padamu. Jangan jadikan itu sebagai suatu balas budi. Karena sesungguhnya, berbuat baik itu tidak semata-mata untuk membalas budi orang yang sudah berbuat baik pada kita, melainkan memang harus diberikan untuk semua orang.


17. "Ceritakan apa pun masalahmu kepada Mama."


Hidup itu tidak selamanya mulus dan indah. Masalah dalam hidup semakin lama akan semakin meningkat.

Kamu tentu tahu, Mama akan selalu berada di sampingmu. Mama akan selalu rengkuh kamu, apa pun yang terjadi. Seorang mama tidak akan pernah menjerumuskan anaknya. Pengalaman hidup Mama yang lebih dulu daripada kamu, pasti bisa membantumu menghadapi segala macam masalahmu.


18. "Cintai dan bacalah banyak buku!"


Buku itu adalah sumber segala ilmu. Mau novel, biografi, buku panduan, selalu saja ada yang bisa kita dapatkan dari buku. Maka, bacalah buku sebanyak mungkin. Cintailah buku, karena perempuan yang berwawasan luas selalu dapat diterima di mana pun dia berada. Dengan membaca buku, maka kamu akan tahu banyak hal daripada orang lain.


19. "Papa bekerja keras karena mencintaimu dan Mama."


Kalau Papa pulang malam dan jarang menanyakanmu secara langsung, jangan pernah merasa bahwa beliau tidak peduli denganmu. Papa bekerja keras kadang hingga malam untuk menafkahi kita semua, kamu dan Mama. Karena Papa sayang kita. Dan Papa mungkin tidak pernah bertanya langsung ke kamu kenapa pulang malam, tapi Papa selalu menanyakan tentang detail apa saja aktivitasmu setiap hari pada Mama.


20. "Rapikan kamar dan rumahmu!"


Hiduplah dengan rapi, baik kamarmu sekarang, ataupun rumahmu kelak. Dari kerapian itu, orang bisa menilai kepribadianmu. Lagipula, dengan memiliki kamar dan rumah yang rapi, kesehatan bisa terjaga dan kamu akan mudah mencari barang-barangmu.


Dan, tentu masih ada banyak lagi hal yang bisa kita katakan pada anak perempuan kita. Betul, Ma? Karena apa lagi sih yang diharapkan oleh kita, selain kebahagiaannya di masa depan nanti?

Mama punya hal-hal lain yang sering dikatakan atau dinasihatkan pada anak perempuan Mama? Ayo, share di kolom komen ya, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini Dia 20 Hal yang Harus Mama Katakan Kepada Si Gadis Kecil, Anak Perempuan Mama, Sekarang!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Noni Rosliyani | @nonirosliyani

Parenting blogger, editor, and book enthusiast. Penyuka jalan-jalan, makan-makan, dan senang-senang bersama keluarga. Bisa dilihat segala sharingnya di www.nonirosliyani.com.

Silahkan login untuk memberi komentar