25 Kata Bijak Dari dr. Seuss Ini Bisa Menjadi Motivasi Bagi Mama

25 Kata Bijak Dari dr. Seuss Ini Bisa Menjadi Motivasi Bagi Mama

3.7K
Kata bijak terkadang mampu membuat mood kita kembali setelah membacanya, menjadi motivator yang mumpuni di saat lagi feeling down. Betul? Kata bijak dari dr. Seuss ini barangkali bisa menginspirasi Mama.

Hai, Mama! Apakah Mama familiar dengan Dr. Seuss?

Dr. Seuss adalah seorang penulis buku dan kartunis asal Amerika Serikat yang sangat terkenal akan karya-karyanya yang berupa buku anak. Telah ada 40 buku diterbitkan atas nama Dr. Seuss, dan juga atas nama penanya yaitu Theo. LeSieg dan Rosetta Stone. Dan jangan salah, dari buku-buku tersebut kita bisa menemukan segudang kata bijak yang bisa menjadi motivasi.

Karyanya antara lain The Cat in the Hat, Green Eggs and Ham, One Fish Two Fish Red Fish Blue Fish, Dr. Seuss's ABC, dan lain-lain. Buku-bukunya ini telah diterjemahkan dan diedarkan ke berbagai negara di dunia, termasuk di Indonesia.

Dr. Seuss telah menginspirasi dunia melalui tulisan-tulisannya yang sangat motivatif, simpel namun begitu mengena dan quotable.

BACA JUGA


Kebiasaan Baik Berawal dari Kebiasaan Baru. Latih Kebiasaan Baik Dengan 7 Langkah Ini Agar Hidup Mama Lebih Produktif dan Bermanfaat Bagi Orang Lain!

Kebiasaan Baik Berawal dari Kebiasaan Baru. Latih Kebiasaan Baik Dengan 7 Langkah Ini Agar Hidup Mama Lebih Produktif dan Bermanfaat Bagi Orang Lain!

Kebiasaan baik selalu akan berdampak positif dalam hidup. Betul? Apalagi kita sebagai orang tua memang perlu untuk mencontohkan kebiasaan ...

Read more..

Dan, hari ini, 2 Maret adalah tanggal kelahiran Dr. Seuss, Ma. Maka, kayaknya nggak ada salahnya, kita mengingat kembali kata-kata bijak dari Dr. Seuss yang bisa menginspirasi kita untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

Rocking Mama telah mengumpulkan 25 kata bijak Dr. Seuss untuk Mama renungkan, ingat dan ulang saat Mama membutuhkannya.



Jangan pernah terintimidasi oleh besarnya tugas yang harus kita jalankan. It’s just a matter of taking small steps towards your bigger goal.

Memindahkan gunung barangkali akan butuh mukjizat, apalagi dilakukan oleh anak kecil! Mungkin kedengaran impossible banget deh. Tapi percaya nggak, bahwa semakin kita mendalami tugas, kita akan selalu bisa memikirkan solusi dan cara untuk menyelesaikannya. Sehingga ... voila! Gunung pun dapat berpindah, tanpa kita sadari.

Kata bijak yang inspiratif banget, kan, Ma?


Nggak ada jaminan 100% bahwa kita akan sukses di setiap usaha yang kita lakukan. Kita menjalani, dan selalu ada peluang gagal di dalamnya.

Namun, Mama percaya kan, bahwa kesuksesan itu berawal dari pikiran kita? Maka, jika kita punya pikiran yang positif dan optimis, dan berusaha keras, maka semua tujuan pun bisa kita capai. Kita nggak perlu jaminan untuk sukses. Setiap peluang sukses ataupun gagal, itu justru menambah value pada diri kita. Bikin kita belajar dan tahu lebih banyak lagi.


Kita harus tetap bergerak maju dan berproses karena ada begitu banyak hal di depan mata kita menunggu untuk dieksplorasi. Setiap kesempatan adalah berharga, jangan biarkan orang lain yang menemukannya. Duh, bakalan nyesel loh nanti!

The view from behind is not a very good view. Iri pada kemajuan orang lain itu nggak pernah ngenakin. Kenapa nggak membuat diri sendiri maju aja, ketimbang ngiri? Sepakat kan, Ma?


Setiap orang itu punya peran masing-masing di dunia ini, dan tak ada peran yang lebih kecil dibandingkan dengan yang lain. Katakan saja, tukang sampah. Apa jadinya kita kalau nggak ada mereka? Tukang sapu jalan, apa jadinya kalau nggak ada mereka?

Begitulah, tak seharusnya kita meremehkan kondisi dan peran orang lain dalam hidup kita. Sesepele apa pun, mereka berarti.


Be yourself, everyone else is taken.

Mengapa harus sama dengan orang lain, kalau diri kita sendiri unik? Mengapa harus seperti orang lain, kalau diri kita sendiri mampu menjadi diri sendiri? Tetap percaya diri dan stop memikirkan pendapat orang lain juga, Ma!

Memang akan lebih mudah ya, kalau kita juga melakukan apa yang orang lain lakukan, mendapatkan apa yang juga orang lain dapatkan. Tapi baiknya sih ya, we have to do more than everyone else dengan cara kita sendiri.


Otak dalam kepala kita memberikan instruksi ke mana kaki bisa berjalan, sehingga kita bisa ke mana pun kita mau.

Yes, we just have to know where we want to go. Menentukan tujuan hidup, itu adalah yang utama. Selanjutnya, setelah tujuan hidup sudah ada, pastinya kita akan lebih melangkah dan melakukan usaha untuk mencapainya kan.


It's always great to try new things. Keluar dari zona nyaman. Jangan hanya berpuas diri dengan "mendekam" terlalu lama dalam kondisi kita sekarang. Nggak berkembang, Ma! Stuck!

Fun is good, and it leads to happy feeling. So, ayo, Ma, tantang diri sendiri untuk melakukan sesuatu yang belum pernah dicoba. Just for fun!


You have to be comfortable in your own skin. Kita adalah kita, bukan orang lain. Bahagia menjadi diri sendiri adalah esensi dari semua bentuk kebahagiaan kita hidup di dunia.

Kita memang diri kita sendiri. Bahagia menjadi diri sendiri itu penting. Tapi, kalau ada yang kita rasa kurang, ya jangan cuma diam saja. Kita harus berusaha memperbaikinya.


Leaders are readers. Buku adalah sumber ilmu.

Membaca bisa menjadi jalan kita untuk belajar mengenai sesuatu. So, jangan lupa buat waktu untuk membaca buku setiap hari ya, Ma. Ilmu pengetahuan bisa membawa kita pergi ke mana saja.


Jangan takut untuk selalu membuka mata dan melihat apa pun yang ingin Mama lihat. There is so much to discover, namun tak banyak yang punya niat dan semangat untuk mencari tahu lebih jauh. Padahal dengan begitu, kita bisa membuka wawasan kita dengan lebih luas.

Banyak orang lebih suka menutup mata, dan menganggap diri sudah yang paling pintar dan paling benar. Sayang sekali kan, kalau kita menghilangkan kesempatan untuk mengembangkan diri, wawasan dan pikiran hanya karena kita sudah merasa puas akan diri sendiri?


Kadang kita memang overthinking. Terlalu khawatir akan satu dua masalah. Merasa diri yang paling sial, paling menderita dan paling kesulitan. Padahal sebenarnya, kalau kita mau berusaha lebih keras sedikit lagi mencari solusi, penyelesaian justru sangat simpel dan mudah lho.

Kita sering terkalahkan dulu oleh pikiran.


Well, let's think about thinking.

Kadang sesuatu memang terjadi di luar kendali kita. Kadang juga rasanya kok nggak ada jalan keluar sama sekali! Semua buntu! Di sinilah Dr Seuss mengajak kita untuk sejenak menjauh dan melihat permasalahan dari sudut pandang yang lain. Saat kita merasa berada di gang buntu, barangkali kita perlu untuk terbang sedikit sehingga bisa melihat dari perspektif burung untuk mencari jalan keluar.

The point is, jangan stuck di satu point of view dalam menghadapi masalah.


Sekali lagi, kadang hal bisa terjadi di luar kendali kita, menjadi sesuatu yang tak kita harapkan untuk terjadi.

Well, kalau memang begitu, ride your problem instead of having them run you over. Maksudnya, jangan menyerah, Ma. Ride the problem artinya hadapi saja dan berjalanlah bersama permasalahan Mama. Cari jalan keluar sembari berjalan.

This is Seuss’s way of saying go with the flow rather than against it.


Setiap orang berhak untuk sukses, termasuk Mama. Jangan pernah remehkan diri Mama sendiri. Ah, cuma ibu rumah tangga gini, apa sih suksesnya?

Hmmm ... salah, Ma, jika Mama beranggapan demikian. Setiap peran di dunia ini punya tolok ukur kesuksesan masing-masing kok. Jangan bandingkan satu dengan yang lainnya. Dan, saat sudah merasa cukup sukses, maka Mama pun bisa bangga pada diri Mama sendiri.


Sekali lagi, setiap manusia dianugerahi otak untuk berpikir dan kaki untuk berjalan. Seharusnya, dengan kombinasi tersebut, kita bisa memanfaatkannya untuk kebaikan. Kita bisa memimpin diri kita sendiri untuk selalu berjalan di jalan yang baik, bukan justru menjerumuskan diri kita sendiri ke kesulitan.

Kita bertanggung jawab pada diri kita sendiri, dan pilihan hidup kita. So, choose wisely!


Jika kita tahu bagaimana caranya mencari tahu, maka kita pun bisa belajar apa saja. Jadi, lebih baik, isi kepala kita dengan hal-hal untuk menambah pengetahuan dan pengembangan diri, alih-alih mengisinya dengan hal-hal yang tak berguna. Gosip, misalnya? Atau pikiran negatif?

So, ketimbang ngepoin Lambe Turah, mengapa tak follow akun-akun lain yang lebih bermanfaat, Mama? #eh


Knowing how to have fun is vital to having fun. Itu pastilah ya. Dan, bersenang-senang itu penting banget, Ma! Iya sih, kita punya target hidup yang harus dikejar. Kita pun harus nggak boleh capek meng-upgrade diri kita ke arah yang lebih baik. Tapi, bersenang-senang itu juga jangan sampai ditinggalkan.

Ini soal keseimbangan hidup juga. Bersenang-senang menjadi keseimbangan akan sisi diri kita yang banyak tertekan karena persoalan hidup.

So, find the way how you can have fun. Bareng suami, anak-anak dan keluarga besar, juga sahabat-sahabat Mama.


Kita akan benar-benar mengerti akan arti pentingnya seseorang atau sesuatu, setelah kita kehilangan.

Ah, ini emang dalem banget sih. Saat sesuatu atau seseorang itu ada, kita meremehkan kehadirannya. Kita menya-nyiakannya. Baru setelah seseorang itu pergi atau sesuatu itu hilang, kerasa deh betapa pentingnya mereka.

Nyesal seseorang itu telah pergi atau sesuatu itu sudah hilang? Percuma, Ma.


Yes. Hanya kita sendiri yang tahu dan yang mengendalikan masa depan kita. Karena what we’re doing right now, today, is shaping what’s coming to us in the future.

So, be wise akan apa pun yang kita lakukan hari ini, karena "buah"-nya akan datang di suatu hari nanti. Jangan sampai menyesali buah yang akan matang nanti. Akan pahit atau manis, itu semua tergantung pada yang kita tanam sekarang.


Katakan apa pun yang ingin Mama utarakan, jangan dipendam. Baik itu pada suami, pada anak-anak, pada orangtua Mama, pada teman-teman Mama, pada bos Mama, pada siapa pun!

Setiap pendapat itu berharga, dan barangkali bisa mengubah keadaan. Sesepele apa pun, jangan pernah meremehkan pendapat orang lain.


Yes, indeed. Life is a balancing act, jadi melangkahlah dengan hati-hati. Namun di saat yang sama, juga jangan terlalu dipikirin. Kalau cuma mikir doang, if we worry too much, maka kita juga nggak akan melangkah ke mana-mana.

Just step, carefully and tactically.


Yes, lagi-lagi, kita adalah kita. Tak ada orang lain yang seperti kita. Tak ada yang menyamai kita. Pun kita tak bisa menyamai orang lain. No one else can think for you, can do your work for you, and experience happiness for you.

Semua tergantung pada diri kita sendiri, Ma. Hanya kita. Mau bahagia? Ya, hanya kita sendiri yang bisa melakukannya. Bukan karena orang lain.


Nggak cuma "bentuk" fisik, tapi juga "bentuk-bentuk" yang lain. "Bentuk" karier, "bentuk" pengasuhan anak, "bentuk" keuangan, "bentuk" manajemen rumah ... Semua "bentuk" yang Mama sudah lakukan adalah yang paling sesuai untuk Mama.

So, tak perlu mikirin yang lain. Wajar saja jika Mama masih mencari "bentuk" yang sesuai untuk diri Mama dengan melihat "bentuk" yang lain. Namun, jangan anggap bahwa "bentuk" Mama harus sama dengan bentuk yang lain, karena apa yang sesuai untuk orang lain belum tentu sesuai untuk Mama.


It’s good to remember that everyone deserves the same respect, no matter their size, the way they look, or their place of residence.


Kata bijak satu ini hendak menyemangati Mama untuk jangan menyerah pada kesulitan hidup. Justru kesulitan hiduplah yang harus "takut" pada Mama.

BACA JUGA


Ini Dia 25 Kalimat Motivasi Penuh Inspirasi Spesial untuk Mama Agar Lebih Baik di Tahun 2017!

Ini Dia 25 Kalimat Motivasi Penuh Inspirasi Spesial untuk Mama Agar Lebih Baik di Tahun 2017!

25 kalimat motivasi pilihan Rocking Mama ini akan membangkitkan semangat Mama untuk tahun 2017 yang lebih baik

Read more..

Jadilah perempuan yang setrong, Ma! Ya, meski ada Papa, ada anak-anak, ada orang yang pasti bersedia membantu Mama. Tapi, yang bisa mengatasi kesulitan dan masalah Mama ya Mama sendiri.

Semoga 25 kata bijak dari dr. Seuss ini bisa menginspirasi, memotivasi Mama dalam menghadapi masalah dan keluar dari bad mood.

Semangat, Ma!






Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "25 Kata Bijak Dari dr. Seuss Ini Bisa Menjadi Motivasi Bagi Mama". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar