Ajak Si Kecil Minum Susu Secara Teratur Hingga 12 Tahun untuk Membentuk 5 Kebiasaan Super Baik Ini!

Ajak Si Kecil Minum Susu Secara Teratur Hingga 12 Tahun untuk Membentuk 5 Kebiasaan Super Baik Ini!

2.4K
Minum susu memang sudah kita biasakan pada si kecil sejak ia bayi ya, Ma. Tapi kadang, seiring pertumbuhan mereka pun bosan juga minum susu.

Minum susu memang sudah kita biasakan pada si kecil sejak ia bayi ya, Ma. Tapi kadang, seiring pertumbuhan mereka pun bosan juga minum susu. Apalagi setelah mereka kenal dengan berbagai camilan yang barangkali lebih enak buat mereka.

Padahal ada banyak sekali nutrisi yang terkandung dalam segelas susu. Mama pasti sudah hafal betul ya, nutrisi apa saja.

Dan, selain untuk mendapatkan nutrisi-nutrisi tersebut, dengan membiasakan si kecil minum susu hingga umur 12 tahun, si kecil juga akan mendapatkan kebiasaan-kebiasaan baik yang akan bermanfaat sekali baginya kala sudah dewasa nanti lho.


BACA JUGA


Agar Balita Sehat dan Bisa Tumbuh Menjadi Healthy Eater, Coba Terapkan 4 Kebiasaan Baik Ini Mulai Sekarang, Ma!

Agar Balita Sehat dan Bisa Tumbuh Menjadi Healthy Eater, Coba Terapkan 4 Kebiasaan Baik Ini Mulai Sekarang, Ma!

Ingin menumbuhkan balita sehat? Ingat-ingat selalu 4 kebiasaan yang harus Mama tanamkan sejak ia bayi ini

Read more..


5 kebiasaan baik yang akan dipunyai si kecil kalau dia mau minum susu secara teratur hingga usia 12 tahun.


1. Terbiasa hidup sehat



Mama pasti sudah kenal dengan Piramida Makanan dan juga jargon “4 Sehat 5 Sempurna” kan? Nah, sekarang, sudah kenal dengan MyPlate belum?

MyPlate merupakan panduan pola makan sehat yang baru, pengganti piramida makanan yang dirilis oleh Departemen Pertanian Amerika. Bentuknya bukan lagi piramida, tapi menyerupai piring. Karena itu, dinamakan ‘plate’.

MyPlate terbagi menjadi kelompok buah, sayuran, biji-bijian atau grain, makanan berprotein dan susu beserta olahannya. Berdasarkan MyPlate ini, setiap harinya anak-anak usia 4 – 8 tahun harus mengonsumsi kelompok susu dan olahannya sebanyak 2.5 cangkir dan sebanyak 3 cangkir untuk anak-anak usia 8 – 13 tahun.

Dengan selalu minum susu setiap hari, dan juga makanan yang lain, tentunya gizi seimbang si kecil akan terpenuhi. Dia pun tumbuh menjadi anak yang sehat.

Dan, dari mana lagi kebiasaan hidup sehat ini bisa terbentuk kalau si kecil nggak terbiasa melakukannya sejak sekarang, Ma? Minum susu adalah salah satu kebiasaan hidup sehat. Makanya, ayo, ajak si kecil untuk mau minum susu setidaknya sampai ia berusia 12 tahun nanti.


2. Terbiasa aktif bergerak



Si kecil sangat perlu untuk bergerak aktif sekitar 60 menit setiap harinya, 5 hari dalam seminggu. Aktivitas fisik ini, selain akan mendorong pertumbuhan sel tubuhnya agar lebih kuat, dia pun menjadi lebih tahan terhadap serangan penyakit.

Untuk beraktivitas fisik ini, si kecil tentunya perlu asupan makanan dan minuman yang juga sehat. Susu, bisa menjadi ‘bensin’-nya agar selalu kuat bergerak dari hari ke hari.


3. Terbiasa menjadikan minum susu sebagai mood booster


Sumber gambar: www.saludtoday.com


Ada beberapa anak yang selalu meminta untuk minum susu begitu dia bangun pagi untuk bisa benar-benar bangkit dari tempat tidur. Ada anak yang nggak bisa nggak minum susu dulu sebelum sekolah.

Jika kebiasaan ini dipelihara hingga besar, tentu daya tahan tubuhnya menjadi sangat baik selain susu sebagai energy boost. Susu memang kaya nutrisi dan bisa menghindarkan anak dari dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

Dengan minum susu sebelum mulai belajar atau sebelum berangkat sekolah, si kecil akan lebih mudah berkonsentrasi, mengingat, dan kreatif selama belajar di kelas. Begitu pula saat mulai belajar di rumah. Siapkan dulu segelas susu sebelum dia mulai belajar ya, Ma!


BACA JUGA


Ini Dia Resep Pie Susu dengan Wajan Teflon yang Sangat Mudah dan Praktis!

Ini Dia Resep Pie Susu dengan Wajan Teflon yang Sangat Mudah dan Praktis!

Resep pie susu selama ini yang mama tahu menggunakan oven, yes? Kalau mama nggak mau ribet, bisa banget bikin pie susu pakai teflon! Iya, ...

Read more..


Tahu nggak sih, Ma, untuk saat ini, rata-rata orang Indonesia minum susu hanya 12 liter per kapita saja per tahun lho. Angka ini merupakan angka terendah di ASEAN, Ma. Negara lain, sebagai contoh Thailand, rata-rata penduduknya minum susu mencapai 22 liter per kapita per tahun. Penduduk Malaysia bahkan lebih bagus lagi, mereka minum susu 36 liter per kapita per tahun.

Nah, seandainya orang Indonesia terbiasa minum susu sejak kecil, pasti jadi bisa meningkatkan angka tersebut bukan?

Yuk, biasakan si kecil minum susu!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ajak Si Kecil Minum Susu Secara Teratur Hingga 12 Tahun untuk Membentuk 5 Kebiasaan Super Baik Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar