3 Langkah Mudah untuk Semangkuk Sarapan Sehat

Mangkuk Bayam-Telur

3 Langkah Mudah untuk Semangkuk Sarapan Sehat

2.4K
Everyone's favorite breakfast dish can be prepared in a moment's time with just a few ingredients and minimum effort. ~ Marcus Samuelsson

Hari yang sibuk seharusnya diawali dengan makan pagi yang bergizi. Tapi, kadang kita merasa repot banget ya, kalau harus masak yang terlalu berat pagi-pagi, apalagi kalau kita juga ngantor. Padahal sarapan itu menentukan banget tenaga yang bisa kita pergunakan seharian penuh.

Makan di pagi hari yang super penting ini terkadang menjanjikan kebingungan. Bukan hanya karena waktunya yang diburu-buru, tapi juga jenisnya yang menuntut variasi. Paling mentok, kita akan bikin sekadar nasi goreng telur ceplok atau roti dengan bermacam selai, tapi saking seringnya, keduanya bisa jadi tidak lagi menggugah selera pemirsa setia kita: anak-anak dan papanya.

Jadi, gimana dong?

Untuk memanjakan mereka, kita bisa bereksperimen menu, Ma, dan salah satunya adalah yang akan di-share ini. Sewadah sarapan cantik, yang without a doubt, akan juga menjadi bintang di meja makan.. Semangkuk sarapan yang isinya campuran lengkap karbohidrat, vitamin, dan protein ini tampilannya menarik, sesuai pakem healthy food, dan, tentu saja, bikinnya mudah!


Yuk, Mama, kita siapkan 3 langkahnya :

  • Mangkuk-mangkuk tahan panas (microwave atau oven).
  • Beberapa lembar roti tawar, daun bayam (bisa diganti dengan daun-daun lain, sesuai selera), dan beberapa butir telur.
  • Oven yang sudah dipanaskan, atau microwave.

Setelah menyiapkan segala keperluan, ini 3 langkah cara membuatnya :

  1. Taruh selembar roti tawar dalam mangkuk, lalu tekan dan padatkan ke sekeliling dasar mangkuk. Boleh ditambahkan selembar roti tawar lagi, bila diameter mangkuknya besar.
  2. Letakkan beberapa lembar sayuran di atas roti tawar, lalu pecahkan sebutir telur untuk menutup. Tambahkan sejumput garam dan merica sebagai seasoning-nya.
  3. Panggang dalam oven selama sekitar 15 menit, atau dalam microwave sekitar 10 menit.

Jika memungkinkan, libatkan juga anak-anak dalam proses pembuatan. Berikan kepercayaan untuk menyiapkan sendiri isi mangkuknya masing-masing, termasuk memadatkan roti dan menaruh lembaran daun. Kembalikan pucuk pimpinan pada Mama saat memecahkan telur, yaa! Takut berantakan, hihihi!

Kegiatan membuat sarapan ini selain menjalin kebersamaan, juga akan membelajari anak-anak akan pola makan dengan gizi seimbang. Paduan roti-sayur-telur yang sederhana namun unik ini tentu membuat mereka senang dengan makanan sehat.

Saya belum punya nama untuk jenis sarapan ini, tapi anak-anak menjulukinya 'mangkuk telur'. Silakan namakan sendiri mangkuk cantiknya bersama buah hati ya, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "3 Langkah Mudah untuk Semangkuk Sarapan Sehat". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


PutuAyu Winayasari | @ayuwinayasari

A whole-hearted writer. A caring teacher. A Rocking Mama. A loving wife-daughter. Visit me at bilikayuwinayasari@blogspot.co.id. Reach me at raynorkayla@gmail.com. Or just come by to LIA-Bandung to have some bakso with me :)