4 Tips Merawat Rambut Untuk Mama Berhijab

sumber : Pinterest

4 Tips Merawat Rambut Untuk Mama Berhijab

1.3K
Merawat rambut wajib hukumnya apalagi untuk Mama yang berhijab, perawatan pun harus rutin dilakukan. Merawat rambut akan menunjang rasa nyaman dan percaya diri wanita berhijab.

Rambut merupakan mahkota perempuan, termasuk para Mama yang berhijab. Merawat rambut untuk perempuan berhijab memang sedikit berbeda sih. Ini dikarenakan perempuan berhijab menutup rambutnya sepanjang hari hingga rentan terhadap kerontokan, rambut lepek maupun ketombe.

Terlebih kalau cuacanya panas, kulit kepala akan lebih mudah berkeringat dan bisa memicu timbulnya aroma kurang sedap. Pastinya kalau ini terjadi akhirnya akan memengaruhi kepercayaan diri ya, Ma. Belum lagi rasa gatal yang kerap timbul kalau sudah mulai keringatan. Duh, malesnya!

Untuk itu, ada 4 tips yang perlu Mama berhijab perhatikan saat merawat rambut.

1. Memilih Produk Perawatan

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat merawat rambut, baik berhijab atau tidak, adalah mengetahui jenis rambut. Salah dalam memilih sampo dan kondisioner bisa bikin rambut jadi lepek berlebihan atau bahkan sangat kering.

Menggunakan sampo yang khusus diformulasikan untuk penggunaan hijab bisa menjadi pilihan. Karena biasanya mengandung bahan-bahan yang diperlukan oleh rambut yang tertutup oleh hijab sepanjang hari.

Jika rambut Mama termasuk rambut normal atau berminyak, penggunaan sampo dan kondisioner saja sudah cukup. Namun, khusus untuk rambut kering, apalagi kalau bercabang, maka Mama akan butuh pelembap esktra.

Jangan pernah menggunakan hijab dalam kondisi rambut masih basah karena kulit kepala akan menjadi sangat lembap. Rambut yang lembap dan tertutup merupakan tempat yang nyaman bagi jamur dan bakteri penyebab ketombe. Uap air yang seharusnya dapat bergerak bebas juga menjadi terperangkap. Uap air ini bersifat panas dan menyebabkan rambut rapuh.

So, keringkan rambut terlebih dahulu ya sebelum menggunakan hijab. Jika Mama tergesa-gesa, gunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut juga bisa. Jaga jarak 15 - 20 cm agar rambut nggak rusak karena panas. Kemudian dinginkan rambut terlebih dulu sebelum mulai mengenakan hijab.

Bagi Mama yang melakukan perawatan kimiawi, seperti diluruskan, cat rambut atau dikeriting, berikan nutrisi tambahan untuk rambut dengan menggunakan masker dan serum rambut. Pilih produk yang di dalamnya mengandung banyak nutrisi untuk membantu mengikat protein dalam helai rambut, agar akar menjadi kuat dan batangnya pun sehat.

Selain itu, ketika mengenakan hijab, hindari mengikat rambut terlalu kencang ya. Ini dapat membuat batang rambut lemah dan mudah bercabang.


2. Rawat dengan bahan alami

Selain menggunakan produk perawatan yang tepat, Mama juga bisa menggunakan masker rambut dari bahan-bahan alami.

Lakukan ritual perawatan rambut dengan bahan alami pada akhir pekan, Ma. Selain memberi banyak nutrisi untuk rambut, kegiatan ini juga bisa jadi sarana relaksasi untuk kulit kepala, rambut, bahkan tubuh Mama.

  • Jeruk nipis. Buah ini mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi dan mampu memelihara kesehatan kulit serta menghilangkan ketombe. Caranya, oleskan perasan jeruk nipis pada rambut dan kulit kepala sambil dipijat ringan. Biarkan 15 menit, lalu keramas dan beri kondisioner. Cara ini juga efektif untuk mengatasi kulit kepala berminyak.
  • Lidah buaya. Untuk mengatasi akar rambut yang rapuh dan rontok, pakailah masker alami dari lidah buaya. Cukup ambil lidah buaya, cuci bersih, dan oleskan ke seluruh rambut secara merata. Diamkan selama 30 - 60 menit, lalu keramas. Lidah buaya memberi khasiat berupa vitamin pada rambut dan kulit kepala. Selain itu, memberikan rasa segar dan menyejukkan bagi kulit kepala.


3. Memilih hijab yang tepat

Untuk merawat rambut yang selalu tertutup, gunakanlah hijab dengan bahan yang bisa menyerap keringat. Mama juga bisa memilih kain ciput yang berkualitas dan menghindari model ciput yang terlalu ketat.

Hal lain soal pemilihan hijab, gunakanlah hijab yang berwarna lembut atau terang jika Mama akan beraktivitas di outdoor. Warna-warna ini lebih lambat dalam menyerap sinar matahari, sehingga membuat rambut dan kulit kepala terasa segar lebih lama ketimbang kalau Mama mengenakan hijab berwarna gelap atau hitam yang akan membuat Mama cepat berkeringat.

Dan jangan lupa untuk rutin mencuci hijabnya, ya, Ma. Apalagi kalau Mama beraktivitas sering tersentuh sinar matahari, pastinya meninggalkan bau sedikit tak sedap di hijab.

BACA JUGA


Cantik Berhijab Sesuai Bentuk Wajah Bisa Mama Lakukan Dengan Beberapa Tips Ini!

Cantik Berhijab Sesuai Bentuk Wajah Bisa Mama Lakukan Dengan Beberapa Tips Ini!

Cantik berhijab adalah sesuatu yang pasti kita inginkan, ya, Ma. Tapi, ada kalanya cantik berhijab itu bisa disiasati dengan menggunakan ...

Read more..

4. Istirahat dan nutrisi

Saat di rumah, lepaskanlah hijab demi mengistirahatkan rambut. Biarkan rambut bebas tanpa ikatan, sehingga bisa bernapas dengan lega, menjadi lebih segar dan juga lebih sehat. Cara ini juga lebih efektif untuk meminimalisir kelembapan di kulit kepala yang bisa memicu ketombe dan kerontokan pada rambut.

Setelah hijab lepas, sisirlah rambut dengan sikat, mulai dari akar. Pijatan lembut dari sikat akan memperlancar peredaran darah di kulit kepala. Selain mencegah rambut kusut, cara ini juga dapat membantu menjaga kesehatan akar rambut dan mencegah rambut rontok. Pelembap alami dari kulit kepala akan bisa terdistribusi sampai ke ujung rambut sehingga ujung rambut nggak kering.

Rambut juga akan tumbuh dengan sehat jika Mama rajin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin E dan protein.

BACA JUGA


5 Tips Merawat Rambut Agar Kuat Terpapar Sinar Matahari dan Terkena Air Asin Selama Berlibur ke Pantai

5 Tips Merawat Rambut Agar Kuat Terpapar Sinar Matahari dan Terkena Air Asin Selama Berlibur ke Pantai

Merawat rambut penting dilakukan, meski saat sedang berlibur dan bersenang-senang, apalagi kalau ke pantai. Nggak mau kan sepulang dari ...

Read more..

Nah, Mama, demikianlah 4 tips merawat rambut bagi Mama yang berhijab. Semoga rambut Mama tetap sehat dan indah, meski sehari-hari ditutup dengan hijab ya.

Stay pretty, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "4 Tips Merawat Rambut Untuk Mama Berhijab". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dewi Kamaratih | @DewiKamaratih

A mom. A wife. A fighter.

Silahkan login untuk memberi komentar