5 Aplikasi Android Pendukung Hobi Fotografi yang Harus Mama Install dalam Smartphone demi Foto yang Cetar!

5 Aplikasi Android Pendukung Hobi Fotografi yang Harus Mama Install dalam Smartphone demi Foto yang Cetar!

1K
Aplikasi Android berkembang begitu cepat. Serupa tongkat sihir, aplikasi-aplikasi ini menyulap berbagai hal menjadi begitu tampak mudah. Termasuk untuk mendukung hobi fotografi.

Hobi fotografi sekarang ini sudah menjadi hobi hampir setiap orang sepertinya. Apalagi perkembangan teknologi perangkat smartphone yang begitu cepat, terutama juga perkembangan aplikasi Android, yang bisa menciptakan gambar sekualitas DSLR, membuat jumlah fotografer dadakan bermunculan.

Nah, buat Mama yang juga lagi belajar fotografi, kayak saya, ada beberapa aplikasi Android yang barangkali cocok digunakan.

Zaman sekarang, memotret dengan kamera handphone juga bisa keren hasilnya. Ya karena itu tadi, Ma, perkembangan aplikasi Android pendukung fotografi (dan perkembangan alatnya sendiri) itu luar biasa.


BACA JUGA


Hobi Fotografi? Tekuni, dan Mama Bisa Saja MenJadi Sehebat 5 Fotografer Perempuan Kelas Dunia Ini!

Hobi Fotografi? Tekuni, dan Mama Bisa Saja MenJadi Sehebat 5 Fotografer Perempuan Kelas Dunia Ini!

Fotografi telah membawa mereka ke kesuksesan dengan karya-karya yang diakui secara mendunia

Read more..


So, kita nggak perlu bingung lagi belajar berbagai teknik fotografi yang mungkin terlihat rumit. Yang penting, rajin praktik dan mainkan kreativitas, foto hasil jepretan kita pun jadi Instagrammable.


Yuk, coba kita kenalan dengan 5 aplikasi Android ini demi mendukung hobi fotografi Mama


1. Pinterest


Pinterest adalah gudang ide untuk semuanya.

Bukan hanya ide atau teori untuk belajar fotografi saja, tapi ide berbagai foto yang ingin diambil ada di Pinterest. Butuh rekomendasi foto-foto bergaya flat lay? Ada. Rekomendasi food photography? Banyak. Human interest? Bejibun!

Gunakan aplikasi Android Pinterest, lalu jangan batasi diri kita untuk eksplorasi isi di gudang ide ini, Ma.

Aplikasi Android ini yang paling sering membuat saya betah!


2. Instagram


Adakah yang belum pernah main Instagram?

Pertama sih saya memakai Instagram sekadar untuk memanjakan mata, Ma, untuk melihat-lihat foto-foto pemandangan yang diambil oleh para fotografer profesional.

Tapi kemudian, saya nggak bisa lagi menghindar karena Instagram ini nagihin banget! Apalagi setelah saya menemukan akun-akun pembaca dan penimbun buku. Bookstagrammer, itulah sebutan untuk mereka. Saya yang juga hobi membaca buku pun pengin juga ikutan mengulas isi buku sampai mengunggah foto buku untuk kepentingan pendataan buku-buku yang saya punya.

Hingga saya juga menemukan komunitas-komunitas fotografi, di mana saya banyak belajar untuk praktik langsung melalui tema harian ataupun photo challenge harian yang mereka adakan. Saya pun terpacu untuk membuat foto yang lebih baik setiap hari.

Dengan melihat foto-foto orang lain, saya pun paham, bahwa di balik foto yang bagus dibutuhkan effort yang besar. Bahkan, teramat besar, Ma, karena harus menggunakan kreativitas lebih, apalagi kalau harus memanfaatkan beragam benda-benda di sekeliling agar foto tampak lebih enak dipandang.


3. Picsart


Inilah aplikasi Android favorit saya.

Aplikasi ini cukup mudah dioperasikan, terutama kalau sekadar untuk cropping atau adjusting foto, juga untuk menambahkan watermark. Selain itu saya juga memanfaatkannya untuk membuat collage dengan frame bawaannya. Pilihannya banyak dan lucu-lucu deh.


BACA JUGA


Ini Dia Foto-foto Pemenang 2016 National Geographic International Photography Contest for Kids - Salah Satunya dari Indonesia!

Ini Dia Foto-foto Pemenang 2016 National Geographic International Photography Contest for Kids - Salah Satunya dari Indonesia!

National Geographic memang terkenal sebagai wadah para fotografer andal unjuk gigi. Siapa menyangka, 14 anak usia di bawah 17 tahun ini bisa ...

Read more..


4. VSCO


Aplikasi Android satu ini punya banyak filter yang bisa digunakan untuk editing foto, Ma. Bisa dijadikan tema warna dalam foto yang diunggah ke instagram juga!

Filter yang disediakan ada yang gratis, namun ada juga yang berbayar. Kekurangan aplikasi Android VSCO ini hanyalah pada ketidaktersediaan fitur watermark. Jadi, memang hanya ada filter dan editing foto saja.


5. Snapseed


Aplikasi Android yang satu ini sepertinya sekarang juga sudah banyak yang pakai ya. Mama jugakah? Salah satu keunggulannya adalah pilihan watermarknya yang beragam.

Saya suka sekali aplikasi Android ini, karena saya nggak perlu lagi mengedit manual seperti di Picsart. Tinggal pilih saja, pengin model watermark seperti apa, lalu pilih warna yang kontras dengan foto, jadi deh.

Dengan aplikasi Android Snapseed ini, kita juga bisa mengatur tingkat kecerahan foto. Jadi, misalnya fotonya tampak terlalu gelap, bisa juga dibantu agar tampak cerah dengan aplikasi ini. Selain itu, juga bisa untuk edit saturasi warna foto. Juga ada pengaturan ambience sampai warmth pada foto.

Banyak memang tools di aplikasi Android ini, Ma. Very recommended!

Aplikasi ini juga sangat easy to use. Meski mungkin Mama masih pemula, tapi pasti deh bisa menggunakannya. Tapi jangan berlebihan juga dalam mengedit foto ya. Ingat, less is more. Kalau terlalu banyak ditambah ini itu, foto akan kurang menarik malahan.


BACA JUGA


4 Teknik Fotografi Dasar yang Bisa Mama Praktikkan Sembari Liburan dan Jalan-jalan di Weekend Besok

4 Teknik Fotografi Dasar yang Bisa Mama Praktikkan Sembari Liburan dan Jalan-jalan di Weekend Besok

Teknik fotografi dasar Mama perlukan jika ingin menghasilkan foto yang bagus. Mumpung besok weekend, dan barangkali Mama sudah punya acara ...

Read more..


Nah, dari kelima aplikasi Android di atas, Mama sudah mencoba yang mana saja? Atau semuanya sudah pernah dicoba?

Mama punya rekomendasi aplikasi Android lain yang sejenis? Atau ada cerita menggunakan aplikasi-aplikasi yang saya sebut di atas? Yuk, berbagi di kolom komentar, siapa tahu bisa bermanfaat dengan pembaca lainnya.

Have fun with your new hobby, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "5 Aplikasi Android Pendukung Hobi Fotografi yang Harus Mama Install dalam Smartphone demi Foto yang Cetar!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ipeh Alena | @ipehalena

Blogger - Reader Addict - Amateur Photographer - Teacher - Buzzer

Silahkan login untuk memberi komentar