5 Cara Diet Sehat Vegetarian Ini Bisa Menjadi Pilihan Mama Untuk Tubuh Langsing dan Sehat

5 Cara Diet Sehat Vegetarian Ini Bisa Menjadi Pilihan Mama Untuk Tubuh Langsing dan Sehat

113
Cara diet sehat seperti apa yang akan Mama pilih? Be wise ya, Ma!

Tubuh langsing adalah idaman setiap perempuan. Setuju, yes? Memiliki berat badan ideal nggak hanya sedap dipandang mata, tapi juga terlihat sehat. Untuk mendapatkan semua itu, maka nggak heran jika berbagai ragam cara diet sehat diperkenalkan dan dipopulerkan.

Yakin deh, tiap perempuan pasti sudah mencoba satu dari sekian banyak cara diet sehat yang ada. Hayo, ngaku deh, Ma? Hehehe.

Masing-masing cara diet sehat ini mempunyai keunggulan yang sudah dijagokan, namun tentu dibutuhkan kecermatan Mama mengadopsi yang mana cara diet sehat dan aman--dan pastinya sesuai untuk tubuh Mama. Salah satunya, diet vegetarian, yang memang banyak sudah banyak dilakukan.

Sering banget kan, cara diet sehat itu dihubungkan dengan vegetarian, Ma. Memang sih, seorang vegetarian umumnya lebih sehat dibandingkan orang yang mengonsumsi daging secara teratur. Ternyata, diet vegetarian ini ada banyak macam juga lo, Ma.

Kenali 5 cara diet sehat vegetarian sebelum Mama memutuskan yang mana cocok untuk dilakukan

1. Diet Pure Vegetarian

Cara diet sehat yang satu ini sudah sering Mama dengar, bukan?

Masyarakat awam yang melakukannya umumnya berpikir, makan sayuran, buah dan serealia saja itu pasti menyehatkan. Namun, studi klinis melaporkan bahwa kaum vegetarian kerap kekurangan vitamin B12, karena jenis vitamin ini hanya bisa diperoleh dalam produk hewani. Selain itu mereka juga kekurangan protein, zat besi dan seng.

Diet ini nggak mengonsumsi makanan hewani (daging) dan produk turunannya (susu dan telur).


BACA JUGA


Resolusi Tahun Baru: Tinggalkan Diet dan Lebih Langsing dengan Cara Alami

Resolusi Tahun Baru: Tinggalkan Diet dan Lebih Langsing dengan Cara Alami

Udah bosen diet! Tetep bisa kok langsing dengan beberapa resolusi tahun baru yang sehat ini

Read more..


2. Diet Lakto-Ovovegatarian

Di negara barat sana, lakto ovovegetarian adalah jenis yang paling umum dari cara diet sehat dengan vegetarian.

Lakto ovovegetarian didasarkan pada makanan nabati, seperti sayuran, buah, legum, serealia, serta penambahan produk susu dan telur.

Jika diet pure vegetarian diklaim berisiko lebih tinggi akan kekurangan beberapa unsur gizi, maka diet lakto ovovegetarian nggak begitu ketat dan menawarkan banyak keuntungan untuk hidup lebih sehat.


3. Diet Lakto-Vegetarian

Lakto-vegetarian adalah vegetarian yang tidak makan telur tapi masih mengonsumsi produk susu. Selama Mama tidak mengompensasi kurangnya daging dengan konsumsi produk susu secara berlebihan, maka cara diet ini tetap sehat untuk dilakukan.

Membuang daging dari menu diet dapat menurunkan risiko lemak jenuh yang dikonsumsi secara berlebihan. Tak hanya itu, menghapus telur dari cara diet sehat ini juga dapat mengurangi risiko kolesterol tinggi.

Terkadang, orang mengikuti diet lakto-vegetarian semata-mata untuk mengurangi asupan kolesterol.


BACA JUGA


Seperti Ini Contoh Menu Diet yang Aman untuk 24 Jam Agar Perut Tetap Kondusif Sepanjang Hari

Seperti Ini Contoh Menu Diet yang Aman untuk 24 Jam Agar Perut Tetap Kondusif Sepanjang Hari

Mau diet tapi bingung, menu diet seperti apa sih yang paling pas dan sehat? Nih, ada beberapa rekomendasi menu diet untuk seharian dari ...

Read more..


4. Diet Ovo Vegetarian

Sementara lakto-vegetarian memilih untuk mengonsumsi produk susu tetapi tidak untuk telur, ada juga orang-orang menghindari susu dan daging tapi tetap mengonsumsi telur. Inilah cara diet sehat dengan ovo-vegetarian.

Untuk membantu tubuh mencapai tingkat asupan yang dibutuhkan, ovo-vegetarian harus melihat sumber-sumber yang tersedia untuk menentukan asupannya. Mendapatkan nuturisi yang cukup dari diet 1.500 kalori, membuat si ovo-vegetarian membutuhkan kemampuan untuk membuat pilihan yang baik dari semua kelompok makanan.

Meski telur mengandung vitamin B12, namun satu butir telur berukuran besar diketahui hanya mengandung sekitar 0,6 mikrogram B12 saja. Jika tubuh mengalami defisiensi unsur gizi ini, maka timbullah gejala-gejala fisik, seperti mudah letih, tubuh terasa lemah dan lesu, serta berat badan yang merosot tajam.

Di samping itu, penderita juga seringkali mengalami kesemutan dan mati rasa pada daerah kaki, juga sariawan bahkan gangguan proses berpikir.


5. Diet Vegan

Pada dasarnya, vegetarian--atau vegan--adalah gaya hidup yang tidak mengonsumsi makanan hewani yang bertujuan untuk menjaga kesehatan.

Namun, ternyata ada perbedaan yang mencolok antara kedua jenis diet ini. Vegan ekstra ketat dalam pemilihan makanan. Jika orang yang melakukan diet vegetarian tidak mengonsumsi daging, maka orang yang berdiet vegan tidak mengonsumsi semua produk hewani (tanpa terkecuali), termasuk daging, susu bahkan telur.

Sedikit tips nih, saat menjalani cara diet sehat ini, jangan pernah remehkan kudapan, karena jenis makanan ringan ini akan membantu menjaga tingkat energi dalam metabolisme harian Mama. Cobalah untuk tetap mengonsumsi kudapan sehat, seperti buah kering, yogurt rendah lemak, salad buah dan sayur.


BACA JUGA


9 Fakta Tentang Diet yang Bisa Membantu Mama Mempertahankan Berat Badan Seumur Hidup!

9 Fakta Tentang Diet yang Bisa Membantu Mama Mempertahankan Berat Badan Seumur Hidup!

Tips diet memang banyak. Tapi manakah yang paling baik dan cocok untuk kita

Read more..


Setelah Mama mengenali 5 cara diet sehat vegetarian ini, semoga akan menjadi lebih mudah bagi Mama untuk memutuskan, diet mana ayang akan dilakukan demi tubuh langsing dan sehat. Kalau masih ragu, ada baiknya konsultasikan dengan ahli gizi.

Ingat. Ma, jangan lakukan diet berdasarkan omongan teman ya, ataupun karena trend, hasil broadcast di media sosial maupun aplikasi chat. Karena, tiap tubuh berbeda perlakuannya.

Semangat #menujulangsing2018!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "5 Cara Diet Sehat Vegetarian Ini Bisa Menjadi Pilihan Mama Untuk Tubuh Langsing dan Sehat". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ranny Afandi | @rannyafandi

Content creator. Aquarian. Movie lover. Bookaholic. Read my stories at www.hujanpelangi.com | Find me on IG & twitter : @rannyrainy

Silahkan login untuk memberi komentar