Begini Cara Sederhana Mencintai Dunia Agar Kita Bisa Hidup Damai dan Penuh Cinta Terhadap Sesama

Begini Cara Sederhana Mencintai Dunia Agar Kita Bisa Hidup Damai dan Penuh Cinta Terhadap Sesama

1.7K
Mencintai dunia? Duh, sepertinya muluk-muluk sekali! Tapi, tidak. Jika Mama memang peduli dan tahu cara sederhananya.

Pernah tiba-tiba merasa dunia ini semakin sesak dan gerah untuk ditempati, lalu Mama mendadak dipenuhi semangat Earth Defender?

Wow. Itu salah-satu pemikiran cemerlang yang hanya singgah pada sekian persen dari 7 milyar populasi penduduk Bumi. Mama sungguh keren!

Yah, meskipun beberapa detik kemudian Mama malah cengar-cengir nggak jelas membayangkan diri sendiri mengenakan kostum Power Rangers atau Wonder Woman sebagai pembela kebenaran dan penjaga kedamaian di dunia.

Well, keinginan untuk mencintai dan mengubah dunia menjadi lebih baik atau menjadi bagian dalam gerakan serupa bukanlah hal yang muluk-muluk, atau hanya bisa dilakukan jika kita menjadi bagian dari tim Power Rangers loh, Ma. Kalaupun kelak ternyata ada audisi menjadi member Power Rangers sungguhan, pastinya kita sudah didiskualifikasi karena faktor umur, kan Ma?

Daripada manyun gagal menjadi member Power Rangers sementara semangat Earth Defender membara karena begah melihat kondisi sekitar, yuk, kita mulai saja mencintai dunia sekarang dan membuat perubahan.

Lho kok dengan mencintai?

Karena cinta nggak pernah salah, Ma. Dengan mencintai, kita bisa membawa perubahan.

Oh, sounds so cliche. Tapi pasti Mama percaya dong dengan kekuatan cinta dan mencintai.


BACA JUGA


Agar Lebih Mencintai Lingkungan, Ajak Si Kecil Melakukan 4 Aksi Berikut!

Agar Lebih Mencintai Lingkungan, Ajak Si Kecil Melakukan 4 Aksi Berikut!

Gerakan mencintai lingkungan bisa kita mulai dari lingkungan kita sendiri dengan bentuk aktivitas yang kecil saja lho. Yuk, Ma, ajak si ...

Read more..


Dan, ini dia hal-hal sederhana yang bisa Mama lakukan untuk mencintai dunia.



1. Mencintai dan mengasihi Diri Sendiri

1.	Mencintai Dan Mengasihi Diri Sendiri - www.frostedpetticoatblog.com
www.frostedpetticoatblog.com


Saya meletakkan ini di urutan pertama sebab saya percaya, jika bejana kebutuhan mencintai dalam diri sendiri penuh, maka akan lebih mudah untuk Mama membagi welas asih kepada sekitar.

Mencintai dan merawat diri sendiri menjadi manusia seutuhnya adalah bentuk welas asih dan pertanggungjawaban Mama kepada kehidupan. 

Untuk bisa menjadi manusia yang berwelas asih kita harus bersikap welas asih kepada sesama mahluk hidup dan alam sekitar. Dengan demikian terjadilah proses yang saling berkaitan antara mencintai diri sendiri dan sesama mahluk. Kita tak bisa menyebut diri kita berwelas asih namun bersikap buruk pada sesama makhluk dan alam sekitar. 

Sebaliknya, welas asih kepada sesama makhluk dan alam sekitar tidaklah berarti jika kita mengabaikan pemenuhan kebutuhan akan welas asih dari diri sendiri.



2. Lakukan Kebaikan-kebaikan Sederhana dan Sebarkan!

2.	Lakukan Kebaikan-kebaikan Sederhana Dan Sebarkan! - www.mysticalmoonbird.com
www.mysticalmoonbird.com


Setiap hari saat kita bangun pagi adalah sebuah kesempatan untuk mencintai sekitar dan melakukan kebaikan.

Kebaikan-kebaikan kecil dan sederhana akan membuat hari-hari Mama dan orang lain menjadi lebih bermakna. Mama bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja. 

Menahan pintu minimarket untuk pengunjung yang berjalan di belakang Mama, misalnya. Jika ia adalah seorang papa yang kebetulan membawa gadis kecilnya berbelanja sekaligus menjinjing berbungkus-bungkus diaper, atau seorang nenek yang terpaksa berbelanja seorang diri, mereka akan sangat menghargai bantuan kecil Mama. 

Bahkan senyuman dan ucapan selamat pagi yang Mama berikan pada petugas kebersihan di kluster perumahan Mama akan menyentuh hati dan membuat mereka berbahagia.

Kebaikan-kebaikan kecil yang tulus akan memperbaiki suasana hati mendorong mereka melakukan hal yang sama seperti yang telah Mama lakukan. Lalu kebaikan-kebaikan itu terus menyebar tak terputus. 

Nah, Mama bisa bayangkan kan, betapa sekeping ketulusan dalam mencintai sekitar ini pada akhirnya bisa membawa dampak yang begitu luas bagi kehidupan. Bayangkan lagi gelombang welas asih itu datang dari berbagai penjuru dan terus terjadi setiap detiknya. 

Ah, indahnya!


BACA JUGA


Tentang Mencintai Diri Sendiri - 4 Langkah Awal untuk Menjadi Mama yang Lebih Bahagia

Tentang Mencintai Diri Sendiri - 4 Langkah Awal untuk Menjadi Mama yang Lebih Bahagia

Hanya jika Mama mencintai diri sendiri, maka Mama bisa mencintai anak dan suami dengan lebih baik

Read more..


3. Peduli dengan Alam Sekitar

3.	Peduli Dengan Alam Sekitar - hdwallpapers.com
hdwallpapers.com

Mencintai berarti peduli. Maka kepedulian Mama pada alam dan lingkungan sekitar akan membawa Bumi pada vibrasi energi yang lebih baik. 

Sama seperti sebelumnya, tidak perlu menunggu atau menciptakan gerakan yang wah dan bersifat megalomania. Mama bisa memulainya dengan lebih peduli pada sampah, misalnya. Rocking Mama juga pernah berbagi mengenai kebiasaan baik untuk mengganti tas plastik belanja yang kini sedang ramai diperbincangkan.

Atau kebiasaan mematikan keran yang sedang terpakai. Atau barangkali Mama ingin belajar lebih lanjut tentang teknologi panen air hujan, hidroponik, daur ulang, berdonasi pada kegiatan-kegiatan peduli lingkungan, apa pun!

Bahkan Mama juga bisa memiliki bayi pohon. Ya, pohon yang Mama namai sendiri. Kelak pohon kecil itu akan tumbuh besar dan kokoh serta menyumbangkan O2 yang dibutuhkan manusia untuk bernapas. Mama bisa mendapatkan informasi mengenai program Baby Tree di sini, Ma.

Ada banyak jalan menuju Roma, ada banyak cara mencintai Bumi.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Begini Cara Sederhana Mencintai Dunia Agar Kita Bisa Hidup Damai dan Penuh Cinta Terhadap Sesama". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Aline Mora | @alinemora

❣ humalien ❣ writer ❣ dream walker ❣ tarot & oracle reader ❣ extraordinary mother ❣ runeranu.wordpress.com akusanglirang.wordpress.com

Silahkan login untuk memberi komentar