5 Ide Rajutan yang Cantik dan Fungsional dengan Memanfaatkan Benang Sisa

5 Ide Rajutan yang Cantik dan Fungsional dengan Memanfaatkan Benang Sisa

8.2K
Benang sisa rajutan dibuang sayang. Yuk, cari ide rajutan lain, supaya bisa jadi barang fungsional!

Hai, Mama! Mama hobi merajut atau crocheting? Nah, biasanya nih kalau merajut dan barangnya sudah selesai, pasti saja ada benang yang bersisa. Sisa banyak atau sedikit, rasanya kok sayang banget kalau dibuang begitu saja. Iya nggak sih? Sebisa mungkin, harus kita manfaatkan. Tapi ada ide rajutan apa ya, dengan menggunakan benang-benang yang tersisa ini?

Biasanya kalau saya sih, untuk memanfaatkan benang-benang yang tersisa ini, akan mencoba knitting pattern. Kan dengan begini saya bisa sekaligus memperlancar kemampuan knitting saya yang masih level pemula ini.

Tapi kalau cuma untuk mencoba knitting pattern, kok jadinya kurang bisa dimanfaatkan untuk keperluan yang lain ya, Ma. Hanya sekadar belajar doang. Penginnya sih ya benang-benang yang tersisa itu bisa dipakai sehari-hari. Bisa fungsional gitu lho. Syukur-syukur bisa dijual juga untuk mendapatkan uang tambahan. Hihihi. Bener nggak, Ma? Jadi meski bersisa, maunya kan ya tetap bermanfaat dan menghasilkan. Nggak mubazir, gitu lho.



Banyak ide rajutan yang bisa kita pikirkan untuk memanfaatkan benang sisa yang dibuang sayang


Ha! Nggak usah bingung, Ma.

Ada beberapa ide rajutan nih yang bisa Mama coba untuk memanfaatkan benang-benang sisa yang Mama punya. Ide-ide rajutan ini sudah saya praktikkan kok. Jadi, sudah pasti oke punya dan hemat punya deh. Hasilnya? Mau dijual pun layak, Ma! Lumayan kan, buat tambahan uang jajan si kecil. Hihihi.


Beberapa Ide Rajutan untuk Memanfaatkan Benang Sisa


Bros


Ide rajutan bros, gampang, fungsional dan cantik!

Ini ide rajutan yang paling gampang, dan yang paling sering saya praktikkan deh.

Kalau ada benang rajutan yang tersisa, saya biasanya bikin bros saja, Ma. Bisa dipakai sendiri untuk aksesoris hijab lho, atau sekadar pemanis penampilan Mama yang sudah cantik. Bentuk bros yang umumnya saya buat adalah yang berbentuk bunga, soalnya paling simpel dan hasilnya yang cantik.

Kalau Mama belum bisa membuat bentuk bunga, ada banyak sekali tutorial ide rajutan berbentuk bunga di Youtube, Ma. Ini salah satunya.



Selain berbentuk bunga, bros yang berbentuk pita juga cantik dan mudah pengerjaannya, Ma.

Nah, kan. Kalau punya benang sisa yang berwarna-warni, jangan dulu disingkirkan. Bisa dikreasikan menjadi aneka bros cantik, biar nggak bosan juga tiap hari selalu pakai bros yang sama. Mau dipakai sendiri cocok. Mau dijual? Ayo aja!


Masih ide rajutan bros, kali ini berbentuk pita yang manis

Tutorial ide rajutan berbentuk pita ini juga banyak bisa ditemukan di Youtube, Ma. Salah satunya dari Bob Wilson ini.



Pembatas buku (bookmark)


Ide rajutan pembatas buku - jadi teman baca buku, biar bukunya nggak terlipat-lipat ujungnya.

Pembatas buku rajutan juga nggak membutuhkan banyak benang, Ma, dan cara pembuatannya juga mudah.

Mama hanya perlu membuat rajutan yang lurus dengan panjang yang diinginkan, beri tali atau pita di ujungnya, dan jadi deh pembatas buku rajutan Mama. Jika ingin bentuk ide rajutan pembatas buku yang lebih manis, Mama bisa menambahkan bentuk renda-renda di bagian pinggirnya. Ah, jadinya buku-buku di rumah jadi pada lebih sedap dipandang juga deh.

Yang di atas itu bikinan saya tuh, Ma. Mama bisa ambil idenya. Cakep kan? Hihihi.

Kalau Mama mau, Mama juga bisa membuat bentuk pembatas buku yang lain. Bunga-bunga, misalnya. Mama bisa mengambil ide rajutan milik Bella Coco ini nih, Ma. Cantik banget deh!



Gantungan kunci



I

Selain bros dan pembatas buku, benang sisa juga bisa dimanfaatkan untuk membuat gantungan kunci, Ma.

Untuk ide rajutan gantungan kunci ini biasanya merupakan rajutan amigurumi, yaitu rajutan yang berbentuk tiga dimensi, yang menggunakan dakron atau kapas sebagai isiannya. Bentuk gantungan kuncinya sih bebas. Biasanya sih bentuk-bentuk boneka atau binatang yang lucu. Gantungan kunci dari rajutan ini juga lebih mudah dijual lho, Ma, karena nggak cuma mama-mama saja yang suka nih. Siapa pun bisa pakai untuk digantung di tas masing-masing. Tinggal disesuaikan saja bentuknya.

Bentuk amigurumi favorit saya adalah bentuk hati, soalnya nggak butuh banyak benang. Pengerjaannya pun nggak sulit sama sekali. Kalau ada, gunakan benang yang berwarna-warni, Ma, supaya hasilnya juga berwarna-warni dan lebih cantik.

Nah, kalau Mama masih belum tahu cara membuat bentuk hati dengan metode amigurumi, berikut ada video tutorialnya dari Youtube.



Alas gelas



Ide rajutan coaster yang sangat fungsional, supaya meja kita nggak cepat rusak karena buat naruh teh panas

Ide rajutan dengan memanfaatkan benang sisa yang lain adalah dengan membuatnya menjadi tatakan atau alas gelas, yang sering disebut coaster.

Saya sering, Ma, membuat coaster ini dengan memanfaatkan benang sisa rajutan. Cocok deh buat dipakai sendiri. Saat sedang merajut, kan asyik juga kalau kita ditemani secangkir teh panas. Nah, pakai deh coaster-nya supaya nggak merusak meja sebagai alas cangkir. Aih, cantiknya!

Membuat coaster ini mudah, Ma, karena ukurannya kecil dan bentuknya yang simpel. Nggak butuh banyak benang dan waktu dalam mengerjakannya. Buat saja dalam jumlah yang banyak sekalian, kalau memang benang sisanya juga masih banyak. Bisa dipakai untuk menghidangkan minuman pada tamu-tamu yang datang berkunjung ke rumah juga jadinya.

Bella Coco juga membuat coaster-coaster dengan bentuk selain lingkaran saja, Ma. Nggak susah juga kok. Nih, coba simak video tutorialnya ya.



Granny square


Ide rajutan granny square - satukan untuk membuat kreasi rajutan yang lain.

Granny square ini merupakan nama salah satu pola rajutan yang paling banyak dijumpai dan digunakan, Ma.Pola dasarnya berbentuk square atau kotak bujursangkar. Tapi sekarang sudah banyak variasi dari pola granny square ini. Nggak cuma 'square', tapi ada juga yang berbentuk lingkaran. Ada pula yang menambahkan bunga sebagai hiasannya. Jadi lebih variatif!

Ide rajutan alas gelas atau coaster di atas juga bisa dibuat dalam granny square ini, Ma. Atau, Mama buat deh granny square dalam jumlah yang banyak, kemudian satukan semua. Mama akan bisa mendapatkan kreasi rajutan lain, seperti taplak meja, selimut, scarf, sarung bantal, dan lain-lain.

Seru banget kan?

Nah, untuk membuat granny square ini mudah dan cepat banget. Mama bisa melihat di video tutorial milik Bella Coco berikut ini supaya jelas ya.



Selain kelima ide rajutan memanfaatkan benang sisa di atas, Mama juga masih bisa mencari ide rajutan yang lain. Misalnya, membuat kantong handphone. Gunakan saja benang-benang sisa yang warna warni, supaya tampilannya cerah ceria. Hihihi.

Nah, Mama, ternyata benang-benang rajutan sisa yang Mama punya juga bisa bermanfaat kan. Mama bisa memakainya sendiri, bisa sebagai hadiah untuk orang-orang tersayang, dan bahkan bisa dijual.

So, jangan singkirkan benang rajutan sisa Mama ya. Ayo, cari ide rajutan lain untuk memanfaatkannya.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "5 Ide Rajutan yang Cantik dan Fungsional dengan Memanfaatkan Benang Sisa". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Gusti Indah Primadona | @indahprimadona

Silahkan login untuk memberi komentar