5 Jenis Olahraga Kekinian Ini Harus Mama Coba Untuk 2017 yang Lebih Sehat

5 Jenis Olahraga Kekinian Ini Harus Mama Coba Untuk 2017 yang Lebih Sehat

1.2K
Jenis olahraga seperti apa sih yang Mama sukai? Joging, yoga, lari? Well, barangkali Mama mau coba 5 jenis olahraga yang lagi ngehits ini untuk hidup lebih sehat.

Seperti halnya fashion dan make up, dunia olahraga juga mengenal adanya trend lho, Ma. Setahun belakangan ini gerakan yoga menjadi hits. Di mana-mana Mama bisa lihat pose yoga entah itu di media sosial ataupun di car free day. Tapi, Mama tau nggak jenis olahraga kekinian yang lagi tren sekarang ini?

Kalau belum yuk, simak artikel ini. Barangkali ada di antara 5 jenis olahraga kekinian ini yang ingin Mama coba untuk 2017 yang lebih sehat.

1. Redcord

sumber : redcord.us

Sesuai dengan namanya, olahraga yang berasal dari Norwegia ini dilakukan dengan memanfaatkan seperangkat tali berwarna merah yang digantungkan pada langit-langit ruangan.

Ketika melakukan latihan Redcord, Mama akan diminta melakukan sejumlah gerakan sambil menggunakan tali untuk menahan beban tubuh pada sejumlah titik.

Bedanya dengan TRX, yang sudah lebih dulu populer dan mungkin sudah sering Mama lakukan, jumlah perangkat tali yang digunakan dalam Redcord lebih banyak dan teknik pemakaiannya juga lebih bervariasi.

Di negara asalnya, teknik Redcord telah melalui penelitian dan penyempurnaan selama 20 tahun untuk menemukan formulasi latihan yang paling efektif namun paling sedikit berisiko cedera. Redcord juga biasa digunakan sebagai bagian dari fisioterapi oleh tenaga medis lho, Ma.

Redcord juga merupakan jenis latihan 3 dimensi yang terutama ditujukan untuk menguatkan otot-otot inti tubuh dan fungsi persendian. Dengan demikian, Mama akan memetik manfaat berupa peningkatan stamina sekaligus memperbaiki performa tubuh dalam melakukan berbagai jenis aktivitas.


2. Powerswing

Dengan menggabungkan elemen-elemen olahraga dari yoga, pilates, senam, serta latihan kardio, Powerswing merupakan program latihan yang memanfaatkan swing atau sejenis ayunan dari kain khusus serta 2 tali yang dipakai untuk berpegangan.

Kalau Mama rutin melakukan Powerswing, maka olahraga ini dapat membantu Mama mengoreksi postur tubuh yang salah dan mengurangi keluhan sakit punggung, serta melancarkan aliran darah menuju otak dan juga kulit.

So, hasilnya, nggak cuma badan jadi bugar tapi kulit wajah pun juga semakin segar.

Jenis-jenis gerakan Powerswing amat bervariasi, Ma, sehingga nggak bosenin kita lakukan. Dengan rutin melakukan Powerswing, otot-otot Mama nggak akan membesar seperti kalau melakukan latihan lain. So, otot Mama tetap feminin namun berisi, karena Powerswing hanya bersifat mengencangkan.


3. Freeletics

Inti olahraga freeletics adalah gerakan untuk melatih kekuatan dan conditioning tubuh dengan hanya mengandalkan beban tubuh, tanpa bantuan alat apa pun.

Dengan freeletics, Mama akan mampu membentuk otot tubuh yang kencang namun tetap ramping.

Berhubung tidak menggunakan alat bantu apa pun selain beban tubuh sendiri, latihan freeletics bisa dilakukan di mana sjaa, Ma, dan bisa dengan mudah dilakukan di sela-sela jadwal kesibukan Mama.

"Quitting is not an option" merupakan semboyan yang harus selalu diingat jika Mama ingin menekuni freeletics. Kalau sudah mulai, maka Mama wajib melakukan setiap jenis gerakannya secara berurutan, dan dalam waktu dan jumlah yang sudah ditentukan.

BACA JUGA


Tips Sehat Dari 12 Personal Trainer Selebriti Hollywood Ini Bisa Mama Sontek dan Lakukan Setiap Hari

Tips Sehat Dari 12 Personal Trainer Selebriti Hollywood Ini Bisa Mama Sontek dan Lakukan Setiap Hari

Tips sehat selalu dicari oleh semua orang yang menginginkan perubahan terhadap kesehatan, termasuk Mama kan. Ada beberapa tips sehat dari ...

Read more..

4. Zumba Toning

Sama seperti Zumba pada umumnya, Zumba Toning juga diiringi dengan musik berirama latin yang eksotik dan seksi.

Nilai plus dari Zumba Toning adalah kita melakukannya dengan bantuan sepasang stik seberat 0.5 kg yang selain berfungsi sebagai alat musik ritmis, juga berfungsi sebagai dumbbell.

Fokus latihan Zumba Toning adalah pada pundak, pinggul, dan perut, Ma.

Gerakan tarian yang fun dan energik bisa memicu pelepasan hormon endorfin dan serotonin yang bisa memicu perasaan senang dan relaks. Dan, selain bermanfaat sebagai latihan kardio untuk memelihara stamina, ZUmba Toning juga akan bisa membantu Mama membentuk otot-otot lengan.


5. Krav Maga

Krav Maga yang dalam bahasa Ibrani berarti "pertarungan kontak" merupakan seni bela diri jarak dekat yang pada walnya dikembangkan di Israel.

Krav Maga pada intinya menekankan keselamatan diri penggunanya, sambil berusaha melumpuhkan lawan dengan berbagai cara yang memungkinkan.

Teknik gerakan Krav Maga menggabungkan berbagai disiplin ilmu bela diri, Ma, mulai dari tinju, jiujitsu, gulat, sampai teknik menangkis dan juga memanfaatkan peralatan seperti tongkat pendek, pisau, dan bahkan senjata api.

Selain kebugaran fisik, Mama pastinya juga akan mendapatkan manfaat lain dari Krav Maga, yaitu perlindungan diri. Dan, bukan hanya melatih kekuatan fisik saja, Krav Maga juga mencakup pelatihan mental dan psikis secara terintegrasi sehingga Mama akan menjadi pribadi yang lebih tahan banting dan nggak akan kalah gertak saat menghadapi lawan.

Nah, Mama, sudahkah memilih jenis olahraga apa yang akan Mama lakukan untuk mengawali 2017 yang lebih sehat? Atau Mama masih setia dengan jogging, berjalan kaki, dan sepeda?

No problem at all! Yang mana saja jenis olahraga yang Mama pilih, yang penting Mama harus konsisten melakukannya secara rutin, ya.

Stay healthy, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "5 Jenis Olahraga Kekinian Ini Harus Mama Coba Untuk 2017 yang Lebih Sehat". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dewi Kamaratih | @DewiKamaratih

A mom. A wife. A fighter.

Silahkan login untuk memberi komentar