Mau Hidup Hemat, Coba Terapkan 5 Trik Sederhana yang Bisa Kita Lakukan Setiap Hari Ini!

Mau Hidup Hemat, Coba Terapkan 5 Trik Sederhana yang Bisa Kita Lakukan Setiap Hari Ini!

3.8K
Untuk mau hidup hemat, kita memang mesti mau sedikit repot. Tapi demi sisa uang belanja di akhir bulan (yang bisa kita pakai untuk nambah koleksi lipstik), kita pasti bisa melakukannya!

Seiring naiknya harga kebutuhan rumah tangga belakangan ini, kita sebagai perencana keuangan keluarga, rasanya harus lebih pintar menyiasati hal tersebut. Tanpa kita sadari, sebenarnya banyak hal-hal yang kecil yang kurang kita sadari, bisa membantu kita untuk hidup hemat. Hal-hal yang kadang terdengar sepele, tapi jika konsisten dilakukan bisa menambah dompet belanja yang napasnya hampir putus di akhir bulan.

Mau tahu, Ma?

Ini dia.


BACA JUGA


Ayo, Hemat Air Sejak Dini! Demi Menghindari Krisis Air Global Tahun 2020!

Ayo, Hemat Air Sejak Dini! Demi Menghindari Krisis Air Global Tahun 2020!

Hemat air harus kita lakukan walau negara kita, Indonesia, termasuk negara yang kaya akan air, namun ancaman krisis air baku makin di depan ...

Read more..


5 Trik yang bisa kita lakukan agar bisa hidup hemat



1. Matikan dan Cabut Stop Kontak di Malam Hari

1. Matikan Dan Cabut Stop Kontak Di Malam Hari -


Listrik adalah salah satu pos pengeluaran besar di rumah. Sejak kenaikan berkala tahun lalu, tagihan listrik terasa sekali memberatkan di kantong. 

Salah satu cara untuk hidup hemat dan menyiasati hal ini adalah dengan mencabut stop kontak di malam hari. Kadang selesai mengisi baterai HP, kita masih membiarkan charger tercolok di stop kontak. Begitu juga dengan alat elektronik lainnya seperti, televisi, dispenser air, kipas angin, dan lain-lain. 

Padahal, walaupun semua sudah dimatikan, tetapi jika masih tercolok listrik, alat-alat tersebut masih di posisi stand by dan masih mengonsumsi listrik. 

Agak repot sih, tapi jika dilakukan perlahan, bisa jadi kebiasaan baik kan?



2. Usahakan Belanja Bulanan Secara Rutin dan Patuhi Daftar Belanja

2. Usahakan Belanja Bulanan Secara Rutin Dan Patuhi Daftar Belanja -


Berbelanja sekaligus di awal bulan untuk keperluan sebulan, jauh lebih hemat daripada kita berbelanja ke minimarket berkali-kali. Harga di hypermarket biasanya lebih murah dibanding minimarket dekat rumah, dan biasakan membeli dalam ukuran besar karena harga tentu lebih murah. 

Belum lagi jika kita menggunakan member card atau mempunyai kartu yang bekerja sama dengan toko tersebut, biasanya akan ada promo tambahan juga. Jika Mama mau lebih hemat, berbelanjalah di pasar tradisional. 

Memang agak sedikit perlu perjuangan soal kenyamanan demi bisa hidup hemat, tapi selisih harga belanja sebulan lumayan signifikan dibanding belanja di hypermarket.

Dan yang paling utama adalah, patuhi daftar belanjaan yang sudah dibuat. Jangan tergoda dengan promosi dan diskon.



3. Siapkan Celengan

3.	Siapkan Celengan  -


Siapa bilang celengan cuma buat anak-anak? Celengan juga bisa membantu kita, para Mama, untuk hidup hemat lho!

Dengan celengan, kita bisa menyimpan uang receh, dan jangan ragukan kekuatan recehan tersebut, Ma! Receh atau sekadar lembaran uang dua ribu setiap hari mungkin tidak berarti apa-apa, tapi bayangkan jumlahnya di akhir tahun. 

Lumayan untuk kejutan tambahan untuk diri sendiri di akhir tahun, bukan?


BACA JUGA


Bahan Makanan Organik Mahal? Coba 8 Tips Jitu Hidup Sehat Namun Hemat Berikut Ini, Ma!

Bahan Makanan Organik Mahal? Coba 8 Tips Jitu Hidup Sehat Namun Hemat Berikut Ini, Ma!

Makanan organik memang lebih sehat dibandingkan dengan bahan makanan non-organik. Namun hal ini tentu saja membawa konsekuensi pada jumlah ...

Read more..

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mau Hidup Hemat, Coba Terapkan 5 Trik Sederhana yang Bisa Kita Lakukan Setiap Hari Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Susan | @susanindriany

Mom of two. Surviving motherhood. Owner of Blog Dekat Hati. www.dekathati.com

Silahkan login untuk memberi komentar