5 Keterampilan Ini Bisa Jadi Peluang Bisnis dan Mendatangkan Uang - Yang Mana yang Paling Mama Kuasai?

5 Keterampilan Ini Bisa Jadi Peluang Bisnis dan Mendatangkan Uang - Yang Mana yang Paling Mama Kuasai?

259
Keterampilan sangat penting dimiliki oleh seorang perempuan. Selain sebagai bekal aktualisasi diri dan sarana relaksasi, keterampilan dan hobi bisa jadi modal peluang bisnis juga.

Hai, Mama! Betapa kagetnya saya tadi pagi ketika belanja harga kebutuhan pokok banyak yang melonjak naik. Memang ya, kita sebagai mama harus pintar-pintar mengatur uang belanja kita. Dengan kebutuhan yang semakin naik, kita sebagai mama yang kekinian juga harus pandai pula memanfaatkan peluang bisnis untuk mendapatkan uang.

Karena kebutuhan pula, barangkali banyak di antara Mama yang sudah bekerja di kantor, masih tetap selalu mencari peluang bisnis dan mempunyai usaha sendiri. Mungkin banyak pula yang telah memutuskan untuk resign, karena alasan ingin fokus di rumah, mengasuh anak dan juga lebih banyak waktu untuk keluarga.

Bagi Mama yang ingin mencari peluang bisnis tahun ini, nggak usah jauh-jauh amat mikirinnya, Ma. Paling dekat yang bisa kita pikirkan adalah hobi atau keterampilan yang sudah kita kuasai selama ini.


Nah, kali ini kita akan membahas keterampilan apa saja yang bisa menjadi peluang bisnis dan mendatangkan uang yang bisa kita kerjakan dari rumah

1. Menjahit


Banyak sekali manfaat keterampilan ini, Ma. Selain kita bisa membuatkan baju untuk keluarga, kita juga bisa lo mencari peluang bisnis dengan membuka jasa menjahit di rumah.

Selain bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sandang untuk keluarga, bisa juga menambah pendapatan dari uang yang diberikan oleh konsumen. Selain membuat baju, keterampilan menjahit bisa digunakan juga untuk membuat tas, suvenir, berbagai elemen dekorasi rumah, seperti sarung bantal, taplak meja, seprai dan sebagainya, ataupun barang-barang lain yang bisa kita jual lagi.


BACA JUGA


Ingin Membangun Bisnis? Awas, Jangan Sampai Melakukan 7 Kesalahan Ini!

Ingin Membangun Bisnis? Awas, Jangan Sampai Melakukan 7 Kesalahan Ini!

Membangun bisnis tidaklah mudah. Banyak hal yang perlu kita perhatikan termasuk 7 kesalahan ini dalam membangun bisnis

Read more..


2. Memasak


Nah, selain untuk menyediakan makanan yang sehat untuk keluarga, kita juga bisa mencari peluang bisnis dari keterampilan kita memasak, Ma.

Yes, yang hobi masak bisa lo membuka katering di rumah. Misalnya, katering snack ataupun makanan dalam box. Kita juga bisa membuat makanan yang bisa kita dititipkan di sekolah, warung ataupun toko kue yang dekat dengan rumah kita.

Yang lagi kekinian sekarang adalah katering diet, Ma. Mama tinggal menyusun saja menu diet sehat, dan kemudian buat dalam bentuk brosur, dan sebarkan deh pada teman-teman Mama. Banyak orang telah sadar akan pentingnya pola makan sehat, hanya saja mereka tak punya waktu untuk memikirkan menunya.

Hmmm. Peluang bisnis yang bagus bukan?


3. Merias


Sudah jadi kodrat mungkin ya Ma, bahwa kita, kaum perempuan, suka banget dandan.

Nah, buat yang punya keterampilan dandan atau merias yang mumpuni bisa juga lo dimanfaatkan sebagai peluang bisnis. Misalnya, kita bisa membuka salon kecil-kecilan di rumah. Atau, bisa juga jadi makeup artist panggilan.

Zaman now, kita bisa dengan mudah kok mempromosikan diri, bisa lewat media sosial ataupun memanfaatkan komunitas yang sudah kita ikuti.


BACA JUGA


Untuk Bisnis Toko Online, Ini Dia 10+ Surga Kulakan Bagi Mama yang Ingin Memulainya

Untuk Bisnis Toko Online, Ini Dia 10+ Surga Kulakan Bagi Mama yang Ingin Memulainya

Sambil traveling atau shopping, kita bisa mampir ke tempat-tempat ini dan menemukan barang-barang lucu yang mungkin layak untuk dijual ...

Read more..


4. Crafting


Siapa sih yang tidak suka pernak pernik hiasan? Dari anak kecil sampai perempuan seusia kita pasti menyukai pernak-pernik yang lucu.

Nah, kita bisa mulai mencari peluang bisnis ini, Ma. Mungkin kita bisa membuat bros, hiasan rumah, ataupun hiasan rambut. Bisa juga membuat tas, dompet ataupun barang unik yang lainnya. Kita juga bisa mengembangkan peluang bisnis ini untuk seserahan ataupun jasa pembuatan mahar.

Jika Mama punya keterampilan crafting spesifikasi khusus, hal tersebut malah lebih bagus lagi. Misalnya, merajut atau hand lettering. Atau mungkin scrapbooking?

Yes, semua hal memang bisa banget dibisniskan jika kita mau mengusahakannya dan siap bekerja keras.


5. Menulis


Yang berbakat menulis, bisa banget dikembangkan menjadi peluang bisnis dengan mengirimkan naskah kita ke penerbit. Jika naskah kita terbit bisa mendapatkan royalti lo dari tulisan yang kita buat.

Atau mungkin Mama bisa mencari pekerjaan sebagai content writer. Bergabunglah dengan beberapa freelancer marketplace yang sekarang sudah bisa banyak ditemukan. Pastikan Mama punya portofolio yang bagus ya, dan mulailah ikut bidding untuk beberapa proyek. Mulailah dari yang kecil, dan berkembanglah seiring waktu.


BACA JUGA


7 Jenis Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil yang Bisa Mama Jalankan Untuk Memiliki Pendapatan Tambahan

7 Jenis Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil yang Bisa Mama Jalankan Untuk Memiliki Pendapatan Tambahan

Menjadi Mama yang mandiri finansial adalah istri dambaan suami masa kini. Tapi terkendala modal? Mama bisa mencoba beberapa ide bisnis ...

Read more..


Nah, mungkin itu semua bisa menjadi bahan pertimbangan untuk mengembangkan potensi kita sebagai mama-mama zaman now, yang tak hanya pintar mengelola keluarga tapi juga cerdas mencari peluang bisnis agar keuangan keluarga semakin baik.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Mama semua ya!

Stay smart, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "5 Keterampilan Ini Bisa Jadi Peluang Bisnis dan Mendatangkan Uang - Yang Mana yang Paling Mama Kuasai?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


| @ASIHREHEY

Silahkan login untuk memberi komentar