5 Rahasia Bahagia Suami Istri yang Harus Selalu Dijaga Setiap Waktu

5 Rahasia Bahagia Suami Istri yang Harus Selalu Dijaga Setiap Waktu

4K
Menjaga hubungan suami istri memang antara gampang dan susah. Kadang disepelekan, hingga tanpa sadar sudah menjadi masalah pelik yang tak terpecahkan. Yuk, dijaga, jangan sampai terlambat teratasi.

Membina hubungan suami istri memang antara gampang dan susah. Kadang kita justru menyepelekannya, karena ... yah, kan udah jadi suami istri ini, nggak usah ada usaha apa-apa juga jalan bareng kok. Padahal, mungkin tanpa disadari, selalu saja ada gesekan dan percikan kecil hadir di setiap harinya.

Sebenarnya segala macam gesekan dan percikan kecil itu juga wajar saja terjadi. Namanya juga 2 individu yang berbeda kan, Ma? Namun, kalau masing-masing nggak bisa mengendalikan diri, terlalu menuruti ego, pun tak bisa saling berempati, ya ... bakalan seperti apa, pasti Mama sudah bisa membayangkannya.


BACA JUGA


Para Suami Punya 7 Hal Rahasia Ini yang Tak Boleh Disebarkan, Bahkan Pada Sahabat Terdekat Mama

Para Suami Punya 7 Hal Rahasia Ini yang Tak Boleh Disebarkan, Bahkan Pada Sahabat Terdekat Mama

Yeah, rumah tangga menjadi tempat untuk berbagi segalanya antara suami dan istri, termasuk rahasia! Namun, ingat, Ma, jangan pernah bocorkan ...

Read more..


Pun ketika masing-masing tak bisa menjaga komunikasi dengan baik. Salah paham, saling curiga dan berpikiran negatif, itu sudah pasti.

Pada prinsipnya, sebuah hubungan, baik itu yang masih pacaran maupun sudah menikah dan menjadi suami istri, akan berlangsung lancar dan baik-baik saja jika memenuhi kelima faktor ini, Ma.


5 Rahasia bahagia suami istri yang harus selalu dijaga setiap waktu


1. Saling percaya.


Hubungan yang sehat adalah ketika suami istri saling memberikan ruang satu sama lain.

Kadang, karena mentang-mentang sudah bersuami dan berkeluarga, kita sering mengorbankan diri kebutuhan eksistensi kita. Jadi nggak nongkrong-nongkrong lagi dengan teman-teman, padahal sebelum menikah kita punya jadwal nongkrong bareng sama sahabat seminggu sekali.

Kenapa, Ma? Kenapa Mama merasa harus mengorbankan diri seperti itu?

Kita kan tetap manusia, Mama, yang butuh aktualisasi diri dan eksistensi. Selain bisa menjadi me time tersendiri, lepas sejenak dari keluarga akan membuat Mama menjadi pribadi Mama sendiri lho. And that will make you feel content! HIdup Mama jadi lebih berisi, dengan berbagai hal. Wawasan Mama juga akan lebih luas.

Papa pasti mau memberikan ruang dan waktu bagi Mama untuk mengaktualisasikan diri Mama. Papa kan cinta sama Mama? Asal Mama juga menjaga kepercayaan dari Papa sepenuh hati. Yes? Segera pulang jika urusan Mama sudah selesai, selalu ingat bahwa ada yang menunggu di rumah, dan bahagialah begitu kembali ke tengah keluarga.


2. Lancar berkomunikasi.


Komunikasi bisa menjadi pangkal semua masalah yang terjadi pada pasangan suami istri, dan sekaligus menjadi solusi dari semua permasalahan yang ada.

Setuju atau enggak, Ma?

Pasangan bahagia tahu bagaimana mengungkapkan perasaan dan mengatasi konflik dan ketidaksetujuan satu sama lain. Kesalahpahaman, kecurigaan, dan pikiran-pikiran negatif, itu semua timbul karena komunikasi yang buruk. Mungkin karena masing-masing hanya memendam perasaan dan pikiran yang timbul, enggan mengutarakannya.

Kenapa, Ma? Kenapa Mama malas membicarakan jika ada masalah dengan Papa?

Coba yuk, temukan waktu yang tepat untuk bisa bicara berdua dari hati ke hati. Mungkin setelah makan malam, saat anak-anak mulai tidur? Atau saat menjelang tidur, Mama juga bisa melakukan pillow talk dengan Papa.

Sekadar bertanya apa yang Papa lakukan hari itu di kantor, akan menjadi awal pembuka obrolan yang baik, Ma, untuk kemudian menggiring ke masalah yang sebenarnya.


3. Kesabaran.


Ya, kesabaran perlu dimiliki setiap pasangan.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, gesekan dan percikan kecil itu wajar saja terjadi. Toh sepasang suami istri itu tadinya juga adalah "orang lain" kan. Dua orang dari latar belakang yang berbeda, dari budaya yang berbeda, dari pendidikan yang berbeda pula, yang kesemuanya melahirkan pola pikir yang berbeda pula.

Meski sudah bertahun-tahun menikah, saya pun masih sering dibuat terkaget-kaget akan point of view dan pola pikir suami sampai sekarang, Ma. Kadang juga mikir, "Lah, kok mikirnya gitu sih?" Hahaha. Padahal dilogika pun sepertinya udah masuk. Tapi kok, beda ya hasil pikirannya dengan saya?

Kadang juga sayanya yang gagal paham. Ah, nasib punya suami berpikiran sedikit rumit. Hahaha. Itu batin saya.

Namun, bisa jadi juga suami berpikiran, ini apa-apaan sih istri kok aneh?

Nah, di sini memang dibutuhkan kesabaran pada masing-masing suami istri ya, Ma. Membangun komunikasi yang lancar pun juga harus sabar. Sabar untuk ngobrol hingga menemukan titik temu yang pas, hingga bisa berkompromi dengan baik.

Yes, jika pasangan sedang menghadapi masa-masa sulit, kita memang harus bersikap tenang. Begitupun saat salah satunya sedang dihadapkan masalah dengan pihak dari luar keluarga, kita harus bisa saling mendampingi dengan penuh kesabaran.


4. Saling menghargai.


Saat menjalin hubungan asmara, Mama dan Papa adalah sama, tidak ada yang lebih rendah atau lebih tinggi. Tak perlu ada yang lebih mendominasi dalam sebuah hubungan. Karena, sikap dominasi biasanya akan membuat salah satu dari Mama ataupun Papa merasa tertekan dan tak bahagia.

Ingatkan diri, bahwa Papa adalah kepala keluarga. Dialah yang akan memimpin keluarga akan menuju ke mana, akan menjadi keluarga seperti apa.

Sedangkan, Papa juga harus ingat, bahwa Mama adalah partner untuk mewujudkan mimpi besar keluarga. Tanpa Mama, Papa mungkin akan berjalan timpang, karena tidak ada yang membantu Papa untuk mengurus segala printilan rumah tangga.

Jangan saling menyepelekan, dan menganggap peran masing-masing lebih besar. You're partners! Bukan majikan dan karyawan, bukan pula bos dan anak buah.

You are partners!


5. Simple fun.


Sering-seringlah menjadwalkan untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan bersama Papa, Ma, bahkan kalau perlu tanpa anak-anak. Simpel saja, nggak perlu yang gimana-gimana.

Misalnya nih, setiap pagi, untuk membuka hari, jalan-jalanlah bersama keliling kompleks rumah Mama. Sambil berolahraga, Mama dan Papa pun bisa sambil mengobrol. Udara pagi yang segar dan kebersamaan seperti ini, kadang secara sederhana namun tokcer untuk bisa membangkitkan semangat dan rasa bahagia lho.

Atau, jadwalkan acara memasak bersama di akhir pekan seperti sekarang. Di Rocking Mama ada banyak sekali resep-resep makanan dan camilan praktis dan sehat yang bisa Mama dan Papa praktikkan, yang pasti disuka juga oleh anak-anak. Melihat orangtuanya bisa bekerja sama dengan baik seperti itu, akan membawa contoh yang baik juga bagi anak-anak, Ma, Pa. Tunjukkan, bahwa kebersamaan keluarga adalah hal yang paling membahagiakan.


BACA JUGA


Ini Dia 5 Hal yang Membuat Para Suami Tetap Bersemangat Menjalani Pernikahan - Penuhi Saja, Ma!

Ini Dia 5 Hal yang Membuat Para Suami Tetap Bersemangat Menjalani Pernikahan - Penuhi Saja, Ma!

Membina mahligai penikahan suami istri yang sehat dan senantiasa terasa semanis gulali adalah hal yang tidak mudah

Read more..


Nah, Mama, Papa, itu dia 5 rahasia bahagia yang harus dilakukan oleh suami istri setiap waktu. Jika ada yang akhir-akhir ini dirasa kurang, ayo, segera perbaiki and back on track! Jangan lupa, minta Papa untuk membaca artikel ini juga ya, supaya masing-masing lantas bisa tahu apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki keadaan.

Stay happy, Mama, Papa!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "5 Rahasia Bahagia Suami Istri yang Harus Selalu Dijaga Setiap Waktu". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dewi Kamaratih | @DewiKamaratih

A mom. A wife. A fighter.

Silahkan login untuk memberi komentar