5 Tempat Camping Sekeluarga Buat Mama yang Pengin Liburan Penuh Petualangan Namun Tetap Mengutamakan Kenyamanan Maksimal

5 Tempat Camping Sekeluarga Buat Mama yang Pengin Liburan Penuh Petualangan Namun Tetap Mengutamakan Kenyamanan Maksimal

198
Fasilitas beberapa tempat camping ini seperti di hotel berbintang. Mama dan si kecil bisa menemukan sensasi menginap di dalam tenda yang berbeda.

Istilah ‘glamping’ kini memang mulai akrab di telinga kita ya, Ma. Glamping, atau glamorous camping, adalah cara menikmati suatu perjalanan atau liburan di wisata alam--di tempat camping--tanpa meninggalkan fasilitas nyaman, bahkan mewah seperti di hotel berbintang.

Artinya, Mama sekeluarga nggak perlu repot membangun tenda sendiri, harus tidur bergelung di dalam sleeping bag, atau menyalakan api unggun untuk menghangatkan badan dan memasak.


BACA JUGA


Peralatan Kemah yang Wajib Dibawa Demi Menikmati Petualangan Seru dalam Camping Keluarga Weekend Ini!

Peralatan Kemah yang Wajib Dibawa Demi Menikmati Petualangan Seru dalam Camping Keluarga Weekend Ini!

Peralatan kemah seabrek sampai-sampai kita malas berangkat atau malas mengajak anak mengalami petualangan seru? Ah, rugi banget. Peralatan ...

Read more..


Yuk, coba cek beberapa tempat camping keluarga berikut, yang layak dicoba untuk liburan mendatang

1. La Cocoteraie Ecolodge


Image via Booking

Lokasi: Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat

Berada di bagian barat Gili Trawangan, jauh dari pantai timur yang sibuk, tempat camping keluarga ini sesuai dengan konsep alam kita.

Dikelilingi oleh pohon-pohon palem dan kicau burung, setiba di lokasi tempat camping, Mama sekeluarga akan langsung disuguhi welcome drink yang bisa dinikmati sambil duduk-duduk di teras tenda.

Tenda yang disediakan ada terasnya, Ma. Juga dilengkapi dengan tempat tidur berkelambu, dan lemari. Bagian belakang tenda dibuat ruang tambahan berdinding bambu untuk kamar mandi dengan air dingin dan panas.

Tenda juga dilengkapi dengan wifi dan AC. Makan pagi tersedia sedangkan untuk makan siang dan malam, Mama sekeluarga bisa berjalan kaki atau menggunakan sepeda menuju pusat keramaian di pantai Timur.

Jangan sia-siakan pantai dan lautan biru yang terbentang tak jauh dari lokasi tempat camping. Ajak si kecil ber-snorkeling di perairan sekitar, menikmati sebaran terumbu karang.

Jangan sampai terlewat menyaksikan indahnya matahari terbenam dari teras tenda juga ya!

Kalau ke sini, jangan lupa membawa baju renang, tabir surya dan juga topi ya.

Tempat camping ini bisa dicapai dari Bali ataupun Lombok. Daripada bingung, konfirmasikan kedatangan Mama pada pihak La Cocoteraie, agar Mama sekeluarga bisa dijemput di bandara. Perjalanan dilanjutkan dengan mobil dan kapal cepat untuk menyeberang ke Gili Trawangan.


2. Legok Kondang Lodge


Image via Legok Kondang

Lokasi: Jl. Kurunagan, Lebak Muncang, Ciwidey, Jawa Barat

Ada 20 tenda yang bisa Mama pilih di tempat camping ini. Tendanya besar dan beralaskan lantai kayu. Kapasitasnya mulai dari 4 orang, 6, 8, hingga 10 orang. Tipe tendanya mulai dari standard, family hingga suites tent, dengan fasilitas yang hampir sama; tempat tidur, kamar mandi, api unggun, sarapan, serta kopi dan teh yang tersedia sepanjang hari.

Mama sekeluarga bisa duduk-duduk santai di pinggir kolam, memetik stroberi langsung di kebunnya, menangkap ikan, main pintball, trekking, hiking, sampai rafting melintasi sungai.

Sekalian saja, kunjungi juga Kawah Putih, Ma. Udah di sini ini kan?

Kalau ke sini, jangan lupa membawa jaket, peralatan mandi, sandal atau sepatu gunung, kudapan, payung atau jas hujan.


3. Tanakita


Image via Tanakita

Lokasi: Situgunung, Kadudampit, Cisaat, Sukabumi

Tempat camping keluarga satu ini terletak di kaki gunung, berdekatan dengan Taman Nasional Gede Pangrango. Udara sejuk akan menyambut Mama sekeluarga sesampainya di lahan perkemahan Tanakita.

Fasilitas tenda meliputi tempat tidur, bantal dan kantung tidur. Juga tersedia rak sepatu, gantung baju juga listrik dan lampu. Toilet dan kamar mandi dilengkapi dengan air panas berada nggak jauh dari perkemahan, yang dipisah antara kamar mandi pria dan wanita.

Dengan biaya sekitar Rp 550.000, Mama sekeluarga sudah bisa makan 3 kali dan kudapan yang disajikan di area umum tempat semua pengunjung berkumpul.

Jangan lewatkan juga acara trekking malam setelah makan di sekitar area tempat camping. Ajak si kecil merasakan petualangan baru yang tak akan pernah mereka lupakan.

Saat pagi dan siang, dengan biaya tambahan, ajak juga si kecil untuk meniti tali, river tubing, naik kano dan juga mengunjungi air terjun Sawer.


BACA JUGA


Ini Dia Cara Berlibur Sehat Menikmati Alam Bebas Bersama Keluarga a la Rocking Mama Petualang!

Ini Dia Cara Berlibur Sehat Menikmati Alam Bebas Bersama Keluarga a la Rocking Mama Petualang!

“The sun does not shine for a few trees and flowers, but for the wide world’s joy.” –Henry Ward Beecher

Read more..


4. Gunung Pancar


Image via TheCarpenter Outdoor Activities Youtube

Lokasi: Taman Wisata Alam Gunung Pancar, Bogor

Yuk, berkemah manja di Gunung Pancar yang terletak di tengah-tengah hutan pinus! Di sana, ada beberapa lokasi tempat camping yang bisa dipilih; dekat kolam renang, permandian air panas, air terjun Kencana, atau di air terjun bidadari.

Masing-masing lokasi tempat camping memiliki sebuah bangunan permanen, berjaga-jaga kalau tiba-tiba terjadi cuaca ekstrem.

Semua tenda sudah difasilitasi dengan 2 kasur besar untuk 4 orang. Bagian bawahnya dilapisi terpal dan karpet. Kasur dan seprai, bantal, selimut, meja kecil, listrik, dan penerangan. Sedangkan toilet dan kamar mandi tersedia di tempat terpisah.

Kalau mau bawa makanan sendiri, Mama bisa menyewa tenda yang tanpa konsumsi dan peralatan makan. Tapi, ada juga tenda yang berperalatan lengkap, Ma. Mama tinggal pilih saja.

Kalau punya sepeda, sekalian dibawa saja, Ma. Kontur tanahnya memang menantang, tapi ini kesempatan bagus untuk mengajak anak-anak berolahraga bareng.


5. Trizara Resort


Image via Andhika Zulkarnaen Youtube

Seperti rumah-rumah panggung, tenda-tenda semi permanen didirikan di lereng bukit di tempat camping ini. Tempat tidurnya empuk, meja tulis, rak, dan kursi lipat. Kamar mandi ada di bagian belakang, menyatu dengan tenda. Walaupun ada fasilitas free wifi, mendingan nggak usah dipakai aja, Ma. Ini kesempatan untuk bisa mendengarkan suara-suara alam yang menenangkan.

Bangunlah pagi-pagi sekali, lalu ajak si kecil menyaksikan matahari terbit di balik pegunungan Lembang. Lalu ikutlah kelas yoganya. Juga ada zumba di udara terbuka. Uwuwuw! Saatnya berkeringat!

Berbagai permainan anak disediakan di sini, mulai dari scrabble, uno, monopoli, hula hoop, frisbee hingga layang-layang. Kalau mau piknik di luar, beritahu saja petugas. Nanti akan disiapkan di lokasi yang Mama inginkan.

Makan malam disediakan di kafe teras, dengan menu serba panggang. Kafe ini buka 24 jam. So, kalau lapar lagi di malam hari, tinggal capcus deh.


BACA JUGA


Sembari Berburu Mangga Alpukat Pasuruan yang Kekinian Nan Viral, Yuk, Sekalian Jalan-Jalan ke 7 Destinasi Wisata Ini!

Sembari Berburu Mangga Alpukat Pasuruan yang Kekinian Nan Viral, Yuk, Sekalian Jalan-Jalan ke 7 Destinasi Wisata Ini!

Mama penggemar berat buah mangga? Kepoin mangga alpukat Pasuruan dan mangga pisang yuk, yang lagi viral ini

Read more..


Nah, mumpung lagi long weekend, gimana kalau kita capcus ke beberapa tempat camping ini sekarang? Cabut!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "5 Tempat Camping Sekeluarga Buat Mama yang Pengin Liburan Penuh Petualangan Namun Tetap Mengutamakan Kenyamanan Maksimal". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar