5 Tempat Wisata Alam Di Jakarta yang Cocok Menjadi Tempat Menyingkir dari Rutinitas

Image via Pulau Seribu Traveling

5 Tempat Wisata Alam Di Jakarta yang Cocok Menjadi Tempat Menyingkir dari Rutinitas

1.5K
Tempat wisata alam di Jakarta ini bisa menjadi pilihan saat Mama pengin menyingkir sebentar dari kesibukan, rutinitas dan polusi yang senantiasa menyelingkupi Jakarta

Hai, Mama! Weekend ini mau liburan ke mana? Pastinya mau dong, mencari suasana yang berbeda sedikit ya dari yang biasa kita rasakan? Kayaknya paling asyik sih, kalau kita menyingkir sejenak ke alam. Tapi kan, kita di Jakarta? Menyingkir ke alam mana di Jakarta? Ya, menyingkir ke alam Jakartalah, Ma. Yuk, kita main ke beberapa tempat wisata alam di Jakarta!

Mentang-mentang dikenal menjadi pusatnya pemerintahan dan pusat segala kegiatan ekonomi di Indonesia, jadi bikin Jakarta nggak asyik untuk dijadikan tempat liburan? Nggak sama sekalilah, Ma.

Ya, memang dengan semua modernisasi yang terjadi pada kota Jakarta, membuat lahan hijau di Jakarta jadi berkurang. Tapi bukan berarti kita nggak bisa menemukan tempat wisata alam di Jakarta ini. Masih banyak kok tempat wisata alam di Jakarta yang bisa Mama kunjungi di akhir pekan seperti besok, sekadar untuk melepas penat dari rutinitas yang bikin lelah dan stres.

Seperti yang Mama tahu, Jakarta kan berbatasan langsung dengan laut ya, yang menghubungkannya dengan wilayah Kepulauan Seribu. Nah, siapa sih yang nggak suka laut? Makanya, Ma, kalau ada laut, pastilah bisa dikembangkan demi mengundang wisatawan dari Jakarta sendiri yang warganya selalu butuh piknik, maupun dari luar Jakarta.

Nah, kalau Mama mau melipir sejenak ke tempat wisata alam di Jakarta bersama keluarga akhir minggu ini, berikut adalah beberapa destinasi yang Rocking Mama rekomendasikan ya.


Tempat wisata alam di Jakarta yang asyik dijadikan tempat untuk refreshing bersama keluarga


1. Taman Wisata Alam Angke Kapuk


Tempat wisata alam di Jakarta - Angke Kapuk. Image via Wisata Alam Indonesia

Di kawasan Pantai Indah Kapuk, ada kawasan hutan bakau yang dijadikan sebagai tempat wisata alam di Jakarta yang wajib banget Mama kunjungi. Selain bisa menikmati udara sejuk di kawasan hutan bakau, Mama sekeluarga juga bisa jalan-jalan menembus hutan bakau.

Jangan dibayangkan kalau Mama akan berjalan kaki menembus rawa, karena di sana sudah dibangun dek-dek untuk berjalan. Jadi nggak usah khawatir deh. Ajak anak-anak bereksplorasi pengalaman yang berbeda selama berada di hutan bakau ini. Mama bisa sewa perahu untuk mengitari hutan bakau ini bersama anak-anak, kemudian ajak mereka untuk belajar menanam tanaman bakau. Pasti mereka suka.

Oh iya, kalau mau bersepeda juga bisa loh, di sini.


2. Taman Suropati


Tempat wisata alam di Jakarta - Taman Suropati. Image via Poros Jakarta

Taman Suropati ada di daerah Menteng, Ma. Lokasinya terbilang strategis, ada di pertigaan Jalan Teuku Umar, Jalan Diponegoro, dan Jalan Imam Bonjol, Jakarta.

Taman Suropati ini sebenarnya adalah 'sepetak' lahan hijau yang sengaja dibangun menjadi tempat wisata alam di Jakarta bagi warga ibukota. Pohonnya banyak dan rindang, di salah satu bagiannya bahkan ada rumah di mana burung-burung merpatinya bisa dikasih makan. Jangan lupa juga sambil jajan-jajan di sini. Sesekali, kalau kita beruntung, ada juga yang suka main musik di sini.

Ah, pokoknya pemandangan di sini segar banget, cucok deh jadi tempat melipir sejenak dari rutinitas weekend ini. Sepakat, Ma? Jadi nggak perlu jauh-jauh kan?


3. Kandank Jurank Doank


Tempat wisata alam di Jakarta - Kandank Jurank Doank. Image via Ziliun

Nah, ini nih! Tempat wisata alam di Jakarta yang satu ini unik banget, Ma.

Kandank Jurank Doank merupakan sekolah alam yang diperuntukkan bagi anak-anak. Pendirinya adalah artis ibukota Dik Doank sekitar tahun 1993. Nah, kenapa nggak ajak anak-anak main ke sini selama liburan? Karena selain bisa menjadi temoat edukasi bagi anak-anak agar lebih mengenal alam, Kandank Jurank Doank ini juga bisa menjadi salah satu tempat wisata alam di Jakarta yang bisa dikunjungi oleh keluarga.


4. Kepulauan Seribu


Tempat wisata alam di Jakarta - Pulau Seribu. Image via Pulau Seribu . com

Di wilayah tempat wisata alam di Jakarta satu ini, kita bisa mengunjungi banyak pulau yang masing-masing punya keindahan alam sendiri-sendiri, Ma. Kepulauan Seribu ini setidaknya mempunyai 110 pulau, termasuk di dalamnya adalah beberapa pulau yang tidak berpenghuni.

Ada yang sudah dan sengaja dikembangkan menjadi salah satu tempat wisata alam di Jakarta yang asyik banget buat sekadar menyingkir dari polusi udara Jakarta. Mama sekeluarga bisa mengunjungi Pulau Bira, Pulau Semak Daun, Pulau Macan, Pulau Pari, Pulau Putri, Pulau Sepa, dan Pulau Pantara, yang konon merupakan 7 pulau paling cantik di Kepulauan Seribu ini. Mama bisa snorkeling, scuba diving atau bisa juga sekadar gegoleran di pantai merasakan angin laut yang jarang-jarang dinikmati.

Ah ... segarnya!


5. Ragunan


Tempat wisata alam di Jakart - Ragunan Zoo. Image via Wikipedia

Ragunan pastinya hampir selalu ada dalam daftar tempat wisata alam di Jakarta yang wajib dikunjungi ya, Ma.

Selain si kecil bisa memperkaya wawasannya soal fauna dan mengenal binatang-binatang secara lebih dekat, Mama sekeluarga juga dimanjakan oleh hijaunya area kebun binatang ini.


Nah, Mama, itu dia 5 tempat wisata alam di jakarta yang cocok banget menjadi tujuan refreshing Mama sekeluarga di akhir pekan ini. Kalau mau ajak anak-anak jalan-jalan, ke mana pun, kapan pun, tetap ingat, Ma, untuk tak terlalu berekspektasi terlalu tinggi ya. Jika seandainya mereka rewel karena kurang nyaman berada di tempat wisata tersebut, ya Mama kan bisa cabut kapan saja Mama mau. Jangan paksakan anak kalau dia nggak bisa menikmatinya.

See, liburan seru nggak harus mahal kan? Kita bisa melakukannya dengan mengunjungi tempat-tempat menarik di sekitar kita.

Mama punya rekomendasi tempat wisata alam di Jakarta yang lain? Share di kolom komen ya!

Selamat bersenang-senang, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "5 Tempat Wisata Alam Di Jakarta yang Cocok Menjadi Tempat Menyingkir dari Rutinitas". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Atanasia Rian | @atanasia05

Silahkan login untuk memberi komentar