5 Tip Menata Kamar Tidur Sehingga Tercipta Suasana Tenang dan Nyaman yang Refreshing

Kamar tidur yang nyaman dan tenang

5 Tip Menata Kamar Tidur Sehingga Tercipta Suasana Tenang dan Nyaman yang Refreshing

104
Kamar tidur merupakan sebuah ruangan, tempat kita memulai dan mengakhiri hari. So, let's make it right!

Kamar tidur bagi sebagian besar orang adalah tempat yang paling pribadi.

Bukan hanya untuk berbagi keintiman dengan pasangan, tapi kamar tidur juga adalah tempat mengekspresikan bahagia dan duka yang silih berganti datang dalam kehidupan. Mama memberitahukan garis dua pada test pack kepada Papa di kamar tidur. Mama berbagi cerita tentang rekan kerja yang berkhianat juga di kamar tidur. Rasanya, tempat itu adalah yang paling cocok untuk tertawa bahagia maupun menangis tersedu-sedu!

Oleh karena itu, banyak Mama yang mengatakan bahwa kamar tidur adalah cerminan kepribadian. Di sana tersimpan banyak barang kenangan, di sana juga Mama terpaksa menjadi perancang ruangan. Ya, gimana lagi, ruangannya harus pas untuk mencurahkan segala ekspresi. Jadi harus sesuai kepribadian, kan?

Lalu, bagaimana ya, mewujudkannya? Panggil desainer interior sungguhan? Atau, diskusikan saja berdua Papa yuk, Ma. Ajak ia untuk menciptakan kamar tidur yang tenang dan nyaman, untuk dinikmati hanya berdua saja. Ehem!


Berikut adalah 5 tip menata kamar tidur agar sesuai dengan kepribadian penghuninya. Ya, Mama dan Papa!

Pilihan Warna Dinding

Sebagian ada yang memilih warna gelap, untuk mengakomodasi istirahat yang lelap. Contohnya hitam, ungu tua, atau marun. Sebagian lain ingin warna membumi, dengan alasan kesejukan, seperti hijau pupus yang lembut, atau krem. Ada juga yang suka warna-warna yang mendukung keromantisan, misalnya pink atau keunguan.

Tapi, menurut Michelle Nussbaumer yang seorang interior designer dari Elle Decor berpendapat bahwa, "Kamar tidur Anda adalah tempat yang paling pribadi. You should go with whatever makes you happy, even if that happens to be vermilion red."

Nah, mau kamar tidur berdinding merah? Go for it, Ma!


BACA JUGA


Referensi Motif Gorden Blackout untuk Tampilan Kamar yang Lebih Menarik

Referensi Motif Gorden Blackout untuk Tampilan Kamar yang Lebih Menarik

Sedikit modifikasi di bagian gorden, tampilan kamar akan terasa berbeda 180 derajat loh Ma

Read more..


Pilihan Tempat Tidur

Tempat tidur adalah bintang utamanya sebuah kamar. Di sanalah (hampir) semuanya terjadi.

Misalnya saja, ada sebuah sofa nyaman dengan ottoman chair yang nyaman di kaki, tapi tetap saja Mama membaca bukunya di tempat tidur. Begitu pula dengan kerjaan. Papa sudah punya meja kecil untuk berlaptop-ria di sudut sana, tapi ia kekeuh membawanya ke tempat tidur.

Jadi, sebuah kasur berkualitas baik yang bisa menopang tulang punggung dengan nyaman adalah sebuah rekomendasi.

Menurut Gillian Lazanik desainer interior di situs Houzz, memilih sebuah headboard yang sesuai kepribadian juga sangat disarankan. Soalnya, bisa jadi sebuah ajang mengekspresikan minat dan style Mama, seperti katanya, "This is an opportunity to express your creativity."

Jadi, sebuah headboard polos beludru, atau kayu dengan ambalan tempat menaruh buku, akan sangat merepresentasikan kepribadian penghuni kasurnya.


Pilihan Pencahayaan

Menurut dr. Ero Ari Angga di situs Alodokter, salah satu hormon penting yang dihasilkan hanya saat tidur adalah hormon pertumbuhan.

"Terutama pada saat remaja, hormon ini sangat berperan dalam pertumbuhan, membangun masa otot, dan memperbaiki jaringan yang rusak."

Tapi kita yang kinyis-kinyis-sedikit-lebih-tua-dari-remaja juga butuh hormon ini, Ma. Oleh karena itu, cobalah tidur sesuai jadwal yang baik, dan jangan begadang ya!

Hormon ini terbentuk dengan lebih sempurna saat keadaan gelap, dengan demikian, pencahayaan di kamar tidur sangat penting untuk kualitas istirahat.

Mama bisa taruh dua buah lampu meja untuk sisi-sisi tempat tidur, yang cahayanya bisa diatur sesuai kebutuhan. Atau, gunakan lampu bercahaya hangat di sudut-sudut kamar yang hanya dinyalakan jika Mama dan Papa sedang tidur.


BACA JUGA


Perlengkapan Kamar Tidur Harus Rutin Dibersihkan, Ma. Inilah 3 Panduan yang Bisa Mama Terapkan!

Perlengkapan Kamar Tidur Harus Rutin Dibersihkan, Ma. Inilah 3 Panduan yang Bisa Mama Terapkan!

Perlengkapan kamar tidur sering kali diabaikan kebersihannya termasuk waktu menggantinya

Read more..


Pilihan Barang-barang Pendukung

Ada yang butuh satu set sofa membaca dengan lampu berdirinya. Ada yang suka meja rias kayu berukir nan klasik. Ada yang perlu lukisan atau foto pernikahan besar di dinding.

Lagi-lagi, sesuaikan saja dengan kepribadian Mama dan Papa. Hanya saja, perhatikan untuk 'eye friendly', alias tidak terlalu mengganggu pandangan. Barang-barang sangat bisa membuat distraksi, Ma. Satu hal yang tidak diinginkan jika sedang beristirahat.

Pilihlah sofa yang berukuran secukupnya jika dibandingkan dengan total luas kamar. Tambahkan juga meja rias yang ukirannya tidak terlalu banyak yang juga malah membuat debu menempel. Lukisan atau foto lebih baik digantung di atas kepala tempat tidur, agar gambarnya tidak mengganggu kenyamanan beristirahat.


Tanaman Akan Menambah Kesegaran

Tambahan satu pot tanaman hias akan membuat banyak perbedaan lo, Ma!

Tanaman yang daunnya berwarna hijau segar akan menjadi pemandangan indah dan menjadi pereda stres saat sedang penat. Selain itu, ada ternyata ada beberapa tanaman indoor yang juga mampu mewujudkan ruangan dengan udara bersih.

Misalnya saja Snake Plant ini, yang konon katanya mampu menangkap partikel-partikel kecil formaldehid dan zat kimia lainnya, yang melekat pada barang-barang.

Jadi, selain menjadi hiasan, pot Snake Plant ini juga akan bekerja memurnikan udara di kamar. Mama bisa memilih jenis tanaman lain yang disuka. Ada banyak kok, tanaman rumah yang bisa membuat udara bersih seketika!


BACA JUGA


Bingung Desain Kamar Tidur Anak Laki-laki? Beberapa Inspirasi Ini Mungkin Bisa Bantu Mama

Bingung Desain Kamar Tidur Anak Laki-laki? Beberapa Inspirasi Ini Mungkin Bisa Bantu Mama

Desain kamar tidur anak laki-laki jangan biarkan standar saja. Coba dekorasi seperti layaknya kamar anak perempuan. Karena anak laki-laki ...

Read more..


Cukup sampai di sini dulu ya, Ma, tip menata kamar tidur agar bisa tercipta suasana tenang. Rasanya sekarang Mama sudah bisa mengajak Papa berdiskusi tentang warna dinding, tempat tidur dan headboardnya, lampu kamar dan asesoris lainnya.

Jangan lupakan satu pot tanamannya juga untuk membuat kamar tidur Mama Papa nyaman, ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "5 Tip Menata Kamar Tidur Sehingga Tercipta Suasana Tenang dan Nyaman yang Refreshing". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


PutuAyu Winayasari | @ayuwinayasari

A whole-hearted writer. A caring teacher. A Rocking Mama. A loving wife-daughter. Visit me at bilikayuwinayasari@blogspot.co.id. Reach me at raynorkayla@gmail.com. Or just come by to LIA-Bandung to have some bakso with me :)

Silahkan login untuk memberi komentar