5 Tips Memilih Baju Kerja dan Aksesoris Bagi Working Mama Untuk Tampilan Fashionable ke Kantor

5 Tips Memilih Baju Kerja dan Aksesoris Bagi Working Mama Untuk Tampilan Fashionable ke Kantor

4.5K
Baju kerja adalah 'investasi' penting bagi Mama bekerja, setuju? Mama perlu sedikit tips untuk menyiasati baju kerja yang minim agar tidak salah kostum.

Bekerja lima hari seminggu dari pagi hingga sore, sebuah rutinitas yang harus dijalani para working Mama. Capek mah jangan ditanya, pergi pagi pulang kadang sudah malam. Selain itu Mama pun harus melakoni tugas Ibu rumah tangga saat tiba di rumah. Kadang kala karena kesibukan yang menumpuk, deadline mingguan ditambah harus mengurus keperluan rumah, Mama sering menyampingkan penampilan terutama perihal baju kerja. Betul?

Coba deh Mama tengok lemari yang berisikan baju kerja. Sudah berapa lama tidak ada 'anggota baru' di deretan baju kerja? Mama sering ngecek nggak warna baju kerja apa masih bagus atau sudah pudar? Noda di kemeja putih apakan sudah bersih atau belum? Jangan-jangan masih ada bercaknya. Pernah merasa nggak celana atau rok yang dipakai Mama sudah melar di bagian pinggang, nggak pas lagi di tubuh? Hal-hal kecil ini seringkali diabaikan karena kesibukan yang tiada henti. Hvft.

Baju kerja adalah hal yang penting untuk working Mama, apalagi kerjaan Mama harus bertemu klien. Mau nggak mau, suka nggak suka, Mama harus tampil fashionable yes. Penampilan fashionable tak selamanya harus mengikuti tren mode yang ada, tapi lebih bagaimana Mama memadupadankan isi lemari.

Pemilihan baju kerja dan aksesoris yang tepat bisa menunjang penampilan Mama di mata klien dan rekan kerja. Nggak harus yang fancy banget, cukup melakukan beberapa trik untuk mengatasinya.

BACA JUGA


Tips Gaya Berpakaian Street Style ala Rocking Mama - Temukan Kebebasan Berekspresi Sekaligus Kenyamanan Diri Namun Affordable

Tips Gaya Berpakaian Street Style ala Rocking Mama - Temukan Kebebasan Berekspresi Sekaligus Kenyamanan Diri Namun Affordable

Gaya berpakaian zaman sekarang asyik-asyik banget. Setiap orang sekarang bisa dan sah-sah saja punya gaya berpakaian sendiri-sendiri yang ...

Read more..

Ini dia 5 tips memilih baju kerja dan aksesoris untuk penampilan maksimal Mama ke kantor.


Investasi Outer yang Netral



Pagi hari adalah waktu yang hectic!

Mama harus pintar menyiasati waktu yang sedikit untuk memilih baju kerja. Ada baiknya Mama memiliki outer yang berwarna netral seperti, hitam, cokelat, putih, merah muda, peach, merah. Memiliki beberapa outer itu sangat menguntungkan, Ma. Tinggal memilih kemeja, dengan warna apapun entah bermotif atau tidak, padukan dengan outer! Waktu yang sedikit tak menghalangi Mama untuk tampil maksimal ke kantor.

Time waits for no one, Ma!

Miliki Pakaian yang Tidak Perlu Disetrika

Masih aja mengandalkan setrika untuk membuat baju Mama rapi? Tidak masalah kok, Ma. Waktu menyetrika mempengaruhi proses sampainya baju ke lemari Mama. Namun, lebih cepat bila proses meyetrika dilewati dan Mama memakai parfum. Toh, wangi dari pelembut juga akan tertutupi oleh parfum yang Mama semprotkan. Betul?

Baju yag berbahan crepe bisa menjadi bahan andalan Mama. Setiap membeli jangan lupa untuk selalu cek apakah bahannya transparan atau tidak, karena akan membuat Mama tidak nyaman pada akhirnya. Selain baju, blazer juga bisa menjadi andalan, loh. Dari sekian banyak model blazer yang ada, Mama bisa memilih dengan model yang sederhana namun memiliki detail yang cantik. Tahun ini, sebaiknya tinggalkan model peplum karena model ini sudah tidak lagi menjadi tren walaupun tahun lalu sempat sering dipakai. Mama bisa mencoba blazer model tanpa kerah, berbahan rayon atau berbahan polyester. Semua tergantung apakah Mama nyaman memakainya.

Beli Sepatu yang Cocok dan Praktis

Satu hal yang saya pelajari ketika melihat rekan-rekan saya adalah bermain dengan bermacam-macam model sepatu. Awalnya, saya kira sepatu yang saya pakai tidak bermain peran terlalu banyak dalam penampilan, ternyata sebaliknya. Kebanyakan dari working mama terlalu pusing memilih baju kerja apa yang akan dikenakan untuk ke kantor, tapi lupa betapa pentingnya sepatu.

Model sepatu wanita kini kian beragam dan sangat banyak pilihan warnanya. Mulai dari heel, flat, strap-pointy pump, classic pump. Pada hari-hari tertentu Mama bisa memakai ankle boots, platform atau wedges. Untuk working mama yang ingin terlihat lebih berani namun tetap feminin, Mama bisa mencoba The Tegan Shoes.


Sebelum Mama memilih sepatu mana yang akan dibeli, jangan lupa pilih warna yang sesuai dengan baju ya, Ma. Selain baju dan sepatu yang sepadan bisa menjadikan penampilan Mama terlihat rapi, juga terlihat sangat elegan dan juga profesional.

Tambahkan Aksesoris Seperlunya

Tambahkan sedikit bumbu pada penampilan Mama dengan beberapa aksesoris tren 2017 ini.

Working Mama wajib memiliki gaya busana yang membuat Mama merasa nyaman saat bermain bersama anak, khususnya saat bekerja di kantor Tambahan aksesoris bisa membuat Mama tampil lebih profesional dan feminim sepanjang hari. Rasa percaya diri Mama dapat terdongkrak dengan aksesoris yang dikenakan.

Bros, dapat dipakai saat ke kantor atau saat menghabiskan waktu bersama keluarga. Kenakan dengan rok pensil, baju polos dengan cardigan panjang dan tada! Mama terlihat lebih glamor seketika. Satu tambahan ini dapat membuat Mama tampil lebih memukau.

BACA JUGA


Buat Mama Muda Nan Tomboy, 30 Gaya Avril Lavigne dengan Celana Panjang Ini Bisa Jadi Inspirasi, Lho!

Buat Mama Muda Nan Tomboy, 30 Gaya Avril Lavigne dengan Celana Panjang Ini Bisa Jadi Inspirasi, Lho!

I'm very comfortable with how I look. I always have been. I think I look pretty good. There's nothing I want to change. I'm pretty happy ...

Read more..

Bagi working Mama yang bekerja sebagai konsultan yang mahir dalam memecahkan masalah atau advisor yang memiliki pengetahuan mendalam di banyak disiplin, keduanya cenderung bergerak dan berbicara sepanjang hari. Mama yang bekerja sebagai konsultan atau advisor perlu mendapatkan perhatian penuh dari orang disekitarnya. Selain gaya bahasa dan gestur tubuh, penampilan yang menarik akan memudahkan Mama mendapatkan perhatian orang-orang. Gunakan aksesoris yang sedikit mewah, seperti gelang yang berwarna emas atau jam tangan yang berkilau. Pilih sabuk tipis untuk melingkari rok pensil, padukan dengan jam tangan emas. Selain terlihat modern dan berkelas, klien akan lebih tertarik untuk melakukan bisnis dengan Mama.

Selain itu Mama bisa memakai cicin tambahan. Tren cincin yang dipakai saat ini cenderung memiliki model yang simpel dan hanya mempunyai beberapa detail liontin saja yang berwarna silver atau emas. Menggunakan aksesoris cincin ini bisa menambahkan kesan berkelas pada penampilan Mama.

Pilih baju kerja dengan satu warna

Tahukah Ma, bahwa ada beberapa kode etik tentang busana? Ada beberapa ketentuan kode etik memakai busana berdasarkan tipenya.

Secara umum, terdapat 4 tipe busana kerja: kasual, bisnis kasual, formal kasual dan profesional.

Tipe busana kerja kasual yang memperbolehkan Mama memakai rok dari katun, atau jeans dengan berwarna gelap dipadukan dengan blus atau baju berbahan kaos, juga sepatu yang terbuka tetapi bukan berati sendal atau sepatu olahraga diperbolehkan ya, Ma.

Kedua, blus satu warna dipaduan dengan kardigan termasuk dalam tipe busana bisnis kasual. Sepatu flats atau loafers bisa digunakan untuk tipe ini.

Selanjutnya, tipe formal kasual, biasanya digunakan saat ada meeting dengan klien yang penting, memadukan kemeja putih dan setelan dengan warna gelap seperti biru atau hitam dipadukan dengan heels tertutup berwarna netral.

Busana dengan tipe profesional sedikit berbeda dengan bisnis formal, hanya tipe ini memperbolehkan lebih banyak warna selain hitam dan putih. Selain itu, tipe busana profesional memperbolehkan perhiasan dan aksesoris yang tidak mencolok.

Keempat tipe busana kerja ini adalah yang paling sering digunakan dalam keseharian di kantor. Tapi cek dulu ke bidang HRD karena bisa saja kantor Mama memiliki aturan yang berbeda. Tapi warna yang aman dipakai adalah warna yang netral dan satu warna ketimbang pakaian dengan dengan banyak motif.

Bagi working Mama, diperlukan banyak setelan baju kerja untuk berbagai acara di kantor. Rapat penting dengan CEO, acara resmi, konferensi dan hari-hari lain. Ketika tidak yakin dengan apa yang harus dikenakan, pilih baju yang merepresentasikan posisi yang Mama ingingan, bukan yang Mama miiki saat ini. Bila Mama ingin menjadi salah satu manajer perusahaan, kenakan pakaian bak seorang manajer. Di dalam dunia profesional, inisiatif memiliki nilai yang sangat tinggi.

Jadi tips mana yang lebih dulu Mama lakukan, atau apakah Mama sudah memulai salah satunya?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "5 Tips Memilih Baju Kerja dan Aksesoris Bagi Working Mama Untuk Tampilan Fashionable ke Kantor". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


TriWahyu Melani | @triwahyumelani

Silahkan login untuk memberi komentar