5 Tips untuk Bekerja dari Rumah dengan Lancar, Rumah Beres, Suami dan Anak-anak Tetap Terurus

5 Tips untuk Bekerja dari Rumah dengan Lancar, Rumah Beres, Suami dan Anak-anak Tetap Terurus

148
"Home is where I work, and I work everywhere." ~ Alfred Nobel. Kalau Mama, bekerja dari rumah jugakah? Ini dia tips agar semua lancar.

Saat ini, sepertinya mom's war, atau perang para ibu, antara working mom dan stay at home mom sudah mendapat jawaban yang solutif, ya? Yaitu menjadi seorang working at home mom. Hihihi. Yes, thanks to internet, Ma, yang menyatukan banyak hal dalam sekotak kecil gawai canggih, sehingga siapa pun bisa bekerja dari rumah, termasuk Mama, sambil mengurus anak-anak, melayani suami, dan membersihkan rumah.

Eh tapi, tunggu, kok banyak banget ya kerjaan Mama? Hvft, ya bagaimana lagi. Memang seorang mama itu pahlawan super yang multitasking, kok.

Etapi, jangan lupa juga mendelegasikan beberapa tugas ke Papa atau simbak asisten rumah tangga, ya, supaya konsentrasi dan kewarasan Mama tetap terjaga!

Omong-omong, memangnya bagaimana sebaiknya menjadi seorang ibu yang bekerja dari rumah yang baik dan benar, ya?


BACA JUGA


Mau Bekerja dari Rumah? Ini Dia Panduan untuk Membuat Ruang Kerja Sendiri

Mau Bekerja dari Rumah? Ini Dia Panduan untuk Membuat Ruang Kerja Sendiri

Bener nih, sudah yakin mau bekerja dari rumah? Yuk, mulai siapkan ruangannya

Read more..


Ini ada 5 tip untuk para ibu yang bekerja dari rumah agar semuanya tetap lancar: kerjaan beres, rumah bersih, suami dan anak-anak juga terawat.


1. Punya jadwal kerja


Meskipun bekerja dari rumah, yang sama sekali tidak formal dibandingkan dengan kerja kantoran, Mama tetap harus punya jadwal. And be stick to it!

Siapkan jadwal kerja Mama dalam sebuah kertas, lalu tempelkan di dinding, atau meja kerja. Tuliskan dulu semua daftar kerjanya, kemudian urutkan waktunya sesuai skala prioritas.

Jangan lupa, karena keluarga adalah prioritas utama, maka tempatkan 'kerjaan' mengenai Papa dan anak-anak di atas pekerjaan-pekerjaan lainnya, ya.

Setelah itu baru kerjaan Mama sendiri, untuk berkarya dan mendapat penghasilan.


2. Siapkan alarm


Alarm penting untuk mengingatkan Mama pada kedisiplinan.

Jika Mama bisa bekerja dari rumah sesuai dengan jadwal dan patuh pada alarm, niscaya tidak ada yang akan terbengkalai, Ma. Kalaupun ada yang belum selesai, usahakan untuk berhenti dan segera pindah ke tugas berikutnya. Nanti, jika tugas-tugas berikutnya itu bisa diselesaikan dalam waktu yang lebih singkat, Mama bisa kembali ke kerjaan yang belum selesai itu.

Tapi nanti ya, setelah bekerja sesuai jadwal, dan bukannya ditunda-tunda dengan alasan 'yang ini belum selesai'. Kebiasaan ini nih membuat banyak hal terbengkalai.


3. Hindari Distraksi


Oh, Mama tau sendiri kan, betapa indahnya distraksi itu?

Menonton serial India di sela-sela membuat review produk sang klien tersayang tentu sangat menyenangkan. Atau, mengobrol dengan sahabat lama yang tetiba muncul di grup SMA sambil memasak sup kimlo pesanan Papa, waah, asyiik!

Nah, yang begitu itu, Ma, yang menyesatkan. Sebaiknya, jika Mama bekerja dari rumah, maka tetaplah berkonsentrasi dengan pekerjaan sesuai dengan jadwalnya. Ini demi efektivitas dan efisiensi, Ma.

Ingat baik-baik dalam pikiran, bahwa pekerjaan yang penuh dedikasi dan tepat waktu akan membuahkan reward yang baik.


BACA JUGA


Bekerja dari Rumah? Pastikan Mama Punya 7 Kebiasaan Ini!

Bekerja dari Rumah? Pastikan Mama Punya 7 Kebiasaan Ini!

Bekerja dari rumah memiliki tantangan yang berbeda dengan bekerja di kantor. Dengan 7 tips ini, Mama pasti akan bisa mengelola diri sendiri ...

Read more..


4. Tetapkan Time Out


Di waktu-waktu inilah, Mama bisa menonton sinetron atau chatting, karena istirahat, meski kita bekerja dari rumah, juga sangat penting. Satu jam di saat makan siang, dan setengah jam ketika selesai beberes rumah di sore hari pasti sangat menyegarkan.

Mama dapat mempergunakan waktu-waktu rehat ini juga untuk mengendurkan otot-otot yang kaku, loh. Misalnya dengan membawa secangkir teh sore ke teras depan, dan sedikit melakukan peregangan di sela-sela seruputan hangat teh yang wangi.

Hmm, nikmat! Di dalam raga yang sehat, ada jiwa dan pikiran yang sehat, kan Ma?


5. Delegasikan Pekerjaan


Bagaimanapun, Mama adalah seorang perempuan biasa yang bisa tertekan karena keadaan. Suatu saat, akan tiba waktunya jika pekerjaan sudah dilakukan sesuai jadwal, sudah menurut pada alarm, sudah menghindari distraksi, dan sudah pula memakai jatah time out, tapi kerjaan tetap belum beres! Hoaa!

Saat itulah Mama butuh seorang asisten, Ma. Seseorang yang bisa membantu meringankan kerjaan. Minta saja Papa yang menjemput anak-anak, antarkan cucian ke laundry kiloan. Kerahkan juga anak-anak, setidaknya mereka harus bisa membereskan mainan mereka yang tersebar di mana-mana. Lalu, serahkan menu masakan pada si mbak.

Demi kedamaian bersama, Mama perlu mendelegasikan sebagian pekerjaan kepada mereka!


6. Berdandan dan bersosialisasi


Terkadang, jika sudah asyik bekerja dari rumah itu jadi malas ke mana-mana. Betul nggak, Ma? Padahal dandan dan bersosialisasi itu juga sebuah kebutuhan.

Jadi, tetaplah mandi pagi, berdandan rapi saat sudah di rumah sendirian dan siap menghadapi pekerjaan. Tidak usah ber-make up berlebihan, tapi juga tidak dengan berdaster.

Somehow, mempercantik diri itu meningkatkan rasa percaya diri yang berimbas pada kinerja lo! Dan, sekali-sekali ikutlah makan siang di luar bersama mantan rekan-rekan kerja, sekadar catch things up dengan mereka.

Atau, berkencanlah dengan para besties, untuk saling share atau ngerumpi *eh. Pokoknya, tetap jadi Mama cantik dan gaul walau bekerja dari rumah, ya!


BACA JUGA


5 Elemen Ruang Kerja yang Perlu Dimiliki Untuk Mama Bekerja Sebagai Freelancer Agar Kerjanya Lebih Nyaman

5 Elemen Ruang Kerja yang Perlu Dimiliki Untuk Mama Bekerja Sebagai Freelancer Agar Kerjanya Lebih Nyaman

Saat ini, status sebagai pekerja fulltime freelancer makin banyak disandang para kaum pekerja milenial. Banyak alasan yang melatarbelakangi ...

Read more..


Bagaimana, Ma? Siap menghadapi hari-hari Mama bekerja dari rumah dengan baju casual dan seulas lipstik di depan gawai masing-masing, kan? Tetap semangat sebagai Mama yang penuh kehangatan dan profesional, ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "5 Tips untuk Bekerja dari Rumah dengan Lancar, Rumah Beres, Suami dan Anak-anak Tetap Terurus". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


PutuAyu Winayasari | @ayuwinayasari

A whole-hearted writer. A caring teacher. A Rocking Mama. A loving wife-daughter. Visit me at bilikayuwinayasari@blogspot.co.id. Reach me at raynorkayla@gmail.com. Or just come by to LIA-Bandung to have some bakso with me :)

Silahkan login untuk memberi komentar