6 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Tidak Mama Hangatkan Lagi Karena Berbahaya Bagi Tubuh!

6 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Tidak Mama Hangatkan Lagi Karena Berbahaya Bagi Tubuh!

3.7K
Ada beberapa bahan makanan yang jika dihangatkan, selain rasanya kurang lezat, ternyata bisa membahayakan tubuh kita loh Ma!

Memanaskan makanan adalah kegiatan yang biasa dilakukan. Jika Mama tidak menghabiskan makanan tetapi tidak pula mau membuangnya, pasti Mama akan memasukan sisa bahan makanan ke kulkas untuk dipanaskan keesokan hari.

Namun penelitian baru-baru ini membuktikan bahwa memanaskan ulang beberapa bahan makanan ternyata membuat makanan menjadi tidak sehat. Terutama jika makanan tersebut disimpan dengan sembarangan sebelumnya.

BACA JUGA


Bahan Makanan Harus Dicuci Sebelum Dimasak? Tidak dengan 3 Bahan Ini!

Bahan Makanan Harus Dicuci Sebelum Dimasak? Tidak dengan 3 Bahan Ini!

Bahan makanan harus dicuci, itu betul demi higienitas. Tapi, 3 bahan makanan ini justru jangan dicuci

Read more..

6 bahan makanan di bawah ini contohnya, bisa membuat Mama keracunan apabila dipanaskan atau disimpan dengan tidak baik.

1. Seledri, bayam, dan bit

Tahukah Mama, pemanasan ulang akan mengubah nitrat dalam tiga jenis sayuran di atas menjadi racun, dan melepaskan zat karsinogenik. Duh, seram sekali ya!

Cara pencegahan terbaik tentu saja dengan menghabiskan ketiga sayuran di atas segera setelah dimasak. Namun jika Mama terpaksa harus menghangatkan sup yang berseledri, sebaiknya Mama singkirkan dulu seledrinya. Untuk bayam ... hmmm, sebaiknya Mama tidak perlu memakannya lagi jika sudah lewat dari 5 jam.

2. Jamur

Jika jamur terlalu lama didiamkan, atau dihangatkan ulang, zat protein dalam jamur akan memburuk. Hasilnya, tentu saja akan sangat tidak baik untuk organ pencernaan, terutama perut. Jadi, selalu segera habiskan hidangan jamus sesaat setelah dimasak ya Ma. Ingat, peraturan ini berlaku untuk seluruh jenis jamur Ma.

3. Telur

Sama seperti jamur, telur pun mengandung banyak protein. Telur rebus atau telur goreng yang dihangatkan ulang akan berubah menjadi racun yang membawa malapetaka pada pencernaan Mama dan keluarga.

BACA JUGA


5 Makanan Ini Ternyata Nggak Bergizi Seperti yang Digembar-gemborkan - Be Wise!

5 Makanan Ini Ternyata Nggak Bergizi Seperti yang Digembar-gemborkan - Be Wise!

Banyak makanan beredar di pasaran yang diklaim sehat dan bergizi. Namun kalau kita lebih jeli lagi, ternyata makanan tersebut justru ...

Read more..

4. Kentang

Pengolahan kentang memang susah-susah gampang. Kentang, yang telah dimasak, apabila ditiriskan di suhu ruangan dan bukannya dimasukkan ke dalam kemungkinan besar kentang akan ditumbuhi botulism, bakteri langka yang dapat menyerang sistem saraf dan kelumpuhan otot. Namun, kentang yang didinginkan di dalam kulkas tentu saja kurang nikmat untuk disantap.

Tapi, tenang saja Ma, bakteri ini dapat segera dimatikan dengan sengatan panas dan cepat dari microwave.

Jadi sebaiknya, setelah dimasak, kentang harus segera dimasukkan ke dalam kulkas sesegera mungkin. Jika hendak dihidangkan, barulah Mama hangatkan kentang dengan microwave.

5. Nasi

Menurut keterangan dari Food Standards Agency, beras sangat mungkin membawa bakteri yang akan membuat pemakannya keracunan makanan. Sayangnya, proses pemasakan tidak akan menghilangkan bakteri tersebut sepenuhnya. Oleh sebab itu, nasi harus disimpan dengan benar agar tidak ditumbuhi jamur.

Hindari penyimpanan nasi di suhu ruangan agar bakteri tidak dapat berkembang biak . Jika bakteri berkembang biak, kemungkinan besar mereka akan memproduksi racun yang dapat mengakibatkan muntaber. Lagi-lagi, proses pemanasan ulang nasi yang sudah didiamkan di suhu ruang tidak akan menghilangkan racun penyebab muntaber tersebut.

Jadi pastikan nasi tidak berada di suhu ruangan ya Mama. Trik terbaiknya adalah segera menghabiskan nasi sesaat setelah dimasak.

6. Ayam

Komposisi protein di dalam makanan dalam ayam akan berubah saat dingin, dan didinginkan-kemudian-dipanaskan untuk kedua kalinya. Penghangatan ulang ayam dapat membuat Mama terkena masalah pencernaan. Jika Mama menyukai, atau terpaksa harus memanaskan daging ayam kembali, pastikan daging ayam matang secara keseluruhan dan bagian dalam harus benar-benar panas!

BACA JUGA


Punya Kebiasaan Ngemil di Malam Hari? Stop! Atasi dengan 10 Trik Jitu Ini!

Punya Kebiasaan Ngemil di Malam Hari? Stop! Atasi dengan 10 Trik Jitu Ini!

Jangan sampai membiarkan nafsu makan dan kebiasaan ngemil malam hari mengendalikan diri Mama

Read more..

Trik sederhana agar Mama tidak perlu menghangatkan bahan makanan di atas sebetulnya sangatlah sederhana yaitu: segera menghabiskan hidangan setelah dimasak. Yuk Ma lindungi keluarga dari masalah pencernaan, dan hindari membuang-buang makanan.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "6 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Tidak Mama Hangatkan Lagi Karena Berbahaya Bagi Tubuh!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ra'idah Azyyati | @raidahazyyati

Silahkan login untuk memberi komentar