Menjadi Pengusaha yang Penuh dengan Empati, Mama Bisa Melakukan 6 Cara Ini!

Menjadi Pengusaha yang Penuh dengan Empati, Mama Bisa Melakukan 6 Cara Ini!

987
Menjadi pengusaha, baik pengusaha pria maupun wanita, akan cenderung menempatkan seseorang menjadi sosok yang berkesan materialistis. Padahal, rasa empati itu adalah syarat wajib dalam diri seorang pengusaha.

Menjadi pengusaha, baik pengusaha pria maupun wanita, akan cenderung menempatkan seseorang menjadi sosok yang berkesan materialistis, berorientasi keuntungan semata dan kadang-kadang diasosiasikan kejam serta (terlalu) perhitungan. Bener nggak, Ma?

Well, kalau seperti ini sih, nggak akan menguntungkan citra diri kita sebagai pengusaha ya. Apalagi jika memang ‘kekerasan’ dunia bisnis dan kewirausahaan benar-benar mengikis rasa kemanusiaan kita. Wah, bakalan menjadi paradoksal dan merugikan diri sendiri deh.

Apalagi justru pengusaha yang penuh simpati dan empatilah yang sesungguhnya akan memperoleh lebih banyak kolega, klien dan anak buah yang setia. Hal ini karena mereka merasa ada hubungan yang saling menguntungkan, selain juga hangat dan akrab.


BACA JUGA


Ingin Membangun Bisnis? Awas, Jangan Sampai Melakukan 7 Kesalahan Ini!

Ingin Membangun Bisnis? Awas, Jangan Sampai Melakukan 7 Kesalahan Ini!

Membangun bisnis tidaklah mudah. Banyak hal yang perlu kita perhatikan termasuk 7 kesalahan ini dalam membangun bisnis

Read more..


Nah, Ma, kalau Mama adalah sosok pengusaha wanita, maka ada baiknya simak sedikit cara untuk menjadi seorang pengusaha yang lebih empatis ini.



Talk to them

Talk To Them -


Small talk, perbincangan ringan, atau bahkan cuma basa-basi bisa menjadi media yang  hebat untuk mengakrabkan orang, termasuk bagi para pengusaha. Nggak perlu terlalu menjaga jarak sehingga memilih diam atau pasif saat berjumpa, baik itu dengan karyawan maupun dengan klien dan kolega. 

Menjadi cairlah, nge-blend, mengambil inisiatif untuk membuka perbincangan. 



Listen to them

Listen To Them -


Memang butuh skill khusus untuk bisa mendengarkan, tak hanya bagi pengusaha saja, tapi juga bagi semua orang. 

Kok gitu ya? Ya, karena kebanyakan dari kita lebih suka bicara dan menyampaikan. Bener nggak, Ma? 

Padahal dari mendengarkan, akan ada banyak hal yang kita dapatkan. Selain mendapat respek dari orang yang kita dengarkan karena dia merasa dihargai, kita juga bisa mendapat pengetahuan, informasi baru, feedback yang berguna dan banyak lagi. 

Pastinya semua itu akan berguna bagi usaha kita juga kan, Ma?



Kembangkan keterampilan komunikasi

Kembangkan Keterampilan Komunikasi -


Keterampilan komunikasi sangat penting, apalagi bagi seorang pengusaha. 

Bukan saja kita nantinya bisa membaca other’s body language, tapi juga kita tahu bagaimana harus bersikap, bertutur, menjaga attitude, pandai menempatkan diri dan mengambil simpati  orang lain sampai dengan men-drive-nya untuk menjadi klien kita. 

So, ayo, asah terus keterampilan komunikasi Mama, kalau perlu ambillah kursus kepribadian, Ma! Supaya Mama bisa tampil makin oke dengan percaya diri.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Menjadi Pengusaha yang Penuh dengan Empati, Mama Bisa Melakukan 6 Cara Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dian Nafi | @diannafi

pecinta purnama penikmat hujan

Silahkan login untuk memberi komentar

Dian Nafi | @deenaff

hai, ini juga akunku ya teman-teman :)