6 Hal yang Dibutuhkan Anak Laki-laki dari Mama. Nomor 4, Jangan Pernah Mama Lupa Untuk Melakukannya!

6 Hal yang Dibutuhkan Anak Laki-laki dari Mama. Nomor 4, Jangan Pernah Mama Lupa Untuk Melakukannya!

1.8K
Kedekatan seorang anak laki-laki dengan Mama selalu melibatkan faktor empati, emosional, sisi sensitif dan kelembutan. Meskipun hal tersebut tidak selalu berlaku sama bagi setiap anak laki-laki, tapi satu dari keempatnya pasti ada.

Kedekatan anak laki-laki dengan Mama kerap kali dikaitkan dengan perkembangan sisi maskulinitasnya. Anak laki-laki sering mendapatkan cap “anak mami” yang terkesan manja dan lemah, ketika terlalu dekat dengan Mamanya. Padahal, Ma, kedekatan ini justru membentuk pribadi yang lebih kuat dan mandiri pada anak. Tapi, sebagian orang justru mengkhawatirkan munculnya sikap feminim pada anak.

Memang benar, sikap feminim yang berlebihan tidak baik untuk perkembangannya. Meskipun adanya sisi feminim pada diri anak laki-laki tidak selalu mengarah pada hal negatif. Begitu pun halnya dengan menumbuhkan sisi maskulinitas anak laki-laki. Menjauhkan mereka dari kedekatan seorang Mama tidaklah efektif untuk membentuk karakter kelaki-lakiannya.

Kedekatan anak laki-laki dengan Mama ataupun Papa tentunya memiliki sifat yang berbeda. Dengan Mama, mereka membutuhkan hubungan yang hangat satu sama lain.

BACA JUGA


Saat Mendidik Anak, 3 Hal Penting Ini Jangan Sampai Lupa Mama Ajarkan!

Saat Mendidik Anak, 3 Hal Penting Ini Jangan Sampai Lupa Mama Ajarkan!

Mendidik anak memang nggak hanya sehari saja kelar urusan, tapi membutuhkan waktu dan proses

Read more..

Naluri untuk berada dekat dan ingin selalu melindungi Mama adalah hal yang alamiah bagi seorang anak laki-laki. Karena bagi mereka Mama adalah sosok yang paling cantik dan merepresentasikan kesempurnaan seorang wanita.

Sedangkan bersama Papa, anak membutuhkan petualangan nyata, permainan yang melibatkan aktivitas fisik, belajar memahami faktor risiko serta mampu melihat suatu permasalahan dari perspektif yang berbeda dengan para wanita.

Kedekatan Mama dengan anak laki-laki sangat berpengaruh pada perkembangan karakternya. Well, kenyataannya, tidak hanya anak-anak, lelaki dewasa pun butuh untuk dicintai dan diterima apa adanya dengan segala kondisi yang mereka punya. Dan hanya dari seorang mama hal tersebut bisa mereka dapatkan.

Lalu, apa saja sih yang dibutuhkan anak laki-laki dari Mama?


Love

Love  -

Cinta … Cinta dan cinta. 

Siapa yang berani menafikkan kekuatan cinta? Cinta adalah harta terindah yang paling diharapkan seorang anak dari orang-orang terdekatnya, terutama Mama.  Cinta yang tulus dan tanpa pamrih di dalamnya, akan melembutkan hati anak-anak Mama. Tak terkecuali pada anak laki-laki yang  diharapkan menjadi pemimpin kelak di kemudian hari.

Mama bisa menunjukkan rasa cinta kepada si buyung dengan memberikan penerimaan atas diri mereka seutuhnya. Tulus dan tanpa syarat yang akan membuat mereka merasa dicintai sebagai diri mereka apa adanya.

Percaya atau tidak, anak dapat merefleksikan kembali rasa cinta ini tidak hanya pada Mama sebagai orang yang memberi dan mengajarkannya cinta, tapi pada siapa saja. Cinta sangat membantu seorang anak untuk mengembangkan kemampuan berempatinya.



Pendidikan

Pendidikan -

Mama pasti sudah sering mendengar bahwa pendidikan pertama bagi anak berasal dari dalam rumah. Tidak hanya bagi anak laki-laki tapi juga anak perempuan. Maka dari itu, Mama tak perlu segan untuk mengambil peran strategis ini. Yaitu menjadi pendidik yang pertama bagi mereka.

Didik dan tumbuhkan nilai-nilai kebaikan dalam diri anak. Tunjukkan pada mereka tentang hal baik dan buruk, ajak berdiskusi dan biarkan mereka mengemukakan pendapat. Sehingga anak lebih mudah menentukan jalan dan teladan yang akan dipilih.

Selain itu, penting bagi Mama untuk menumbuhkan karakter mandiri dan merdeka dalam diri anak laki-laki. Karena pada akhirnya mereka harus menjadi satu-satunya pengambil keputusan atas kehidupannya kelak.



Ruang untuk Bertumbuh

Ruang Untuk Bertumbuh -

Anak-anak butuh untuk dihadapkan pada suatu permasalahan secara nyata, sehingga mereka lebih siap menghadapi dunia. Mama bisa membekali mereka dengan dengan contoh baik dan pengalaman nyata. Kemudian biarkan mereka mencoba mengeksplorasi semua hal yang ingin diketahuinya. Dengan begini anak akan merasa dipercaya dan diberi ruang untuk menjadi dirinya sendiri.

BACA JUGA


Percaya Diri Anak Bisa Lenyap Oleh 3 Sikap Orang Tua Berikut Ini! Please, Don't do This, Ma!

Percaya Diri Anak Bisa Lenyap Oleh 3 Sikap Orang Tua Berikut Ini! Please, Don't do This, Ma!

Membangun rasa percaya diri anak itu penting untuk kita lakukan, Ma. Tapi, tolong jangan pernah melenyapkan percaya diri mereka dengan 3 ...

Read more..

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "6 Hal yang Dibutuhkan Anak Laki-laki dari Mama. Nomor 4, Jangan Pernah Mama Lupa Untuk Melakukannya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Damar Aisyah | @damarnuraisyah

I am a day dreamer, a mom of two who love to write anything about kids, parenting, earlychildhood education. I am interest in traveling, crafting and any activities related to women empowerment.

Silahkan login untuk memberi komentar