Inilah 6 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Guru Les Untuk Anak

Inilah 6 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Guru Les Untuk Anak

1K
Without my children, my house would be clean and my wallet would be full, but my world would be empty.

Adalah hal yang lumrah ya, Ma, kalau anak memiliki kesulitan dalam belajarnya.

Dan terkadang, nggak semua Mama bisa mengikuti pelajaran anak di sekolah, sehingga hal terbaik yang bisa dilakukan adalah mengikuti bimbingan belajar, atau memanggil guru les ke rumah.Tetapi itu juga nggak bisa sekali langsung dapat yang cocok dan sesuai dengan harapan kita. Berbagai keluhan terjadi, hingga Mama dan anak menjadi sedikit trauma untuk memanggil guru les datang ke rumah.

Jangan putus asa, Ma. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa kita terapkan untuk memilih bimbingan belajar atau memilih guru les yang cocok. Apa saja?


1. Referensi dari teman atau keluarga lebih dipertimbangkan


Dalam memilih bimbingan belajar, bukan hanya sekadar yang “punya nama”, tetapi referensi dari teman, keluarga atau sahabat sebaiknya lebih dipertimbangkan.

Nggak semua bimbel kecil atau bahkan langsung perorangan atau personal dijalankan dengan tidak profesional lho, Ma. Banyak juga dari mereka yang justru lebih profesional dan penuh tanggung jawab dibandingkan bimbel yang sudah besar.


2. Komunikasikan kepada bimbel, guru seperti apa yang kita inginkan


Kita harus jeli melihat karakter anak, lalu kira-kira seperti apa guru les yang sesuai dengan anak kita?

Misal nih, apakah anak kita lebih enjoy dengan guru laki-laki atau perempuan, atau sama saja yang penting bisa cocok. Atau, jika anak kita pendiam, kita bisa pilih guru les yang agak ceria dan ramah agar anak kita bisa nyaman dan tidak canggung saat bertanya. Karena kita sudah mengerti karakter anak, jadi seharusnya ini nggak akan susah ya, Ma.


3. Perkenalkan anak dengan guru les


Nah, kalau sudah dapat guru les, sebaiknya segera perkenalkan anak kepada guru les agar mereka nggak canggung.Sisipkan informasi sedikit tentang karakter anak, agar guru les dapat menerapkan teknik belajar yang cocok.

Selain itu, ajak ngobrol beberapa saat sebelum mulai mengajar, agar terjalin hubungan yang harmonis dengan guru les. Hal ini akan menguntungkan Mama, karena jika ada perkembangan atau kekurangan dari anak kita, guru les nggak akan segan memberitahu kondisinya pada Mama.


4. Beri kesempatan untuk guru dan anak agar saling menyesuaikan


Biasanya hingga pertemuan kedua hingga ketiga, mereka masih mencari sistem belajar yang efektif dan nyaman. Kita bisa memonitor jalannya belajar. Kalau ada yang dirasa kurang, coba sampaikan saja kepada guru tersebut dengan bijaksana.

Kalau sampai pertemuan ketiga, anak tetap tidak nyaman dengan guru lesnya, segera ambil keputusan, Ma. Mintalah pihak bimbel untuk mengganti guru lesnya. Berikan penekanan, di bagian mana letak ketidakpuasan Mama.


5. Jangan paksa anak untuk les


Pada saat tertentu, anak akan jenuh dan malas untuk les. Atau bahkan saat anak sudah capek atau sedang sakit.

Jangan paksa, Ma, tapi berikan alternatif untuk re-scheduling jadwal. Berusahalah bernego dengan anak, untuk mengganti jadwal les. Kemudian jangan lupa konfirmasi jadwal ke bimbel atau guru lesnya, ya.


6. Berikan reward ke guru les dan juga ke anak


Parameter keberhasilan belajar anak, salah satunya adalah kenaikan nilai. Atau anak yang tadinya malas dan takut belajar matematika, setelah les dengan guru tersebut, menjadi rajin dan nilainya jadi bagus. Kalau sudah begini, nggak ada salahnya juga kan, Ma, kalau kita memberikan bingkisan kecil untuk guru les sebagai rasa terima kasih kita.

Hal kecil ini akan menarik rasa kepedulian guru les terhadap anak kita lho.


Nah, sebagai tambahan informasi, guru les yang profesional biasanya memiliki beberapa ciri di bawah ini:

  1. Datang tepat waktu, durasi les sesuai dengan aturan.
  2. Selalu siap bahan/materi les/soal-soal latihan.
  3. Bisa menjawab pertanyaan siswa, menerangkan dengan tidak bertele-tele dan mudah dipahami oleh siswa.
  4. Sopan dan fokus selama mengajar.
  5. Menjaga komunikasi dengan siswa dan orangtua.

Semoga tip-tip di atas bisa membantu ya, Ma.

Selamat mendampingi si kecil belajar!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Inilah 6 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Guru Les Untuk Anak". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Nana Aditya | @nanaaditya

♡ Hot Mommy yang lagi belajar banyak hal baru. Harus segera menulis dan minum kopi saat gelisah...♡ **Life is like a piano, white and black. If God play it, all will be a beautiful melody.**