6 Pola Hidup Sehat Ini Bisa Mama Terapkan Setiap Hari Agar Jantung si Kecil Lebih Sehat

6 Pola Hidup Sehat Ini Bisa Mama Terapkan Setiap Hari Agar Jantung si Kecil Lebih Sehat

1.2K
Pola hidup sehat perlu banget kita lakukan sejak dini, bener nggak Ma? Termasuk bagaimana menjaga jantung si kecil agar tetap sehat dengan menjaga pola hidup sehat.

Entah sudah berapa kali kita dikejutkan dengan kabar kematian kerabat, kenalan atau orang terkenal akibat serangan jantung. Sebagian dari mereka bahkan berada di usia-usia produktif. Dulu, mungkin sekitar dua dekade silam, penyakit jantung dan turunan penyakit kardiovaskuler lainnya umum dialami oleh usia 40 tahun keatas. Makin kesini, trend ini malah menjalar ke orang-orang muda, usia 20 tahunan. Buat saya pribadi, ini sudah jadi alarm tanda bahaya. Saya pun berpikir, ke mana 'larinya' pola hidup sehat sekarang ini?

Okelah, saya memang tidak punya pengetahuan teknis tentang penyakit jantung. Yang saya tahu penyakit ini bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat. Istirahat cukup, pola makan sehat, aktivitas fisik yang cukup dan rutin olahraga. Sekali lagi, parahnya, di tengah ritme hidup yang terlalu cepat ini, pola hidup sehat paling mentok cuma bisa tampil sebagai tagline ketimbang praktik. Hvft.

Sebagai seorang Mama, saya percaya kita bisa melakukan sesuatu yang terbaik untuk keluarga. Hal utama yang saya lakukan adalah dengan mulai mendidik anak saya untuk menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup sehat nggak harus menunggu saat dewasa, setuju? Tapi, sejak dini pun harus bisa kita terapkan.

Memang sih awal mulanya agak kesulitan tapi lama kelamaan sebuah kebiasaan baru yang merupakan kebiasaan baik itu akan berhasil dijalankan seiring waktu. Walaupun sulit tapi ini demi kebaikan masa depan anak kita. Komitmen kuat perlu Mama miliki untuk menjalankan pola hidup sehat ini.

6 pola hidup sehat ini bisa Mama terapkan sejak dini pada si kecil agar jantungnya lebih sehat.


1. Konsumsi sayur dan buah

1. Konsumsi Sayur Dan Buah -

Banyak Mama yang mengeluhkan anaknya susah makan sayur. Begini, Ma, sebenarnya selera makan itu bisa dibentuk kok. Nggak percaya? Selama ini kita makan nasi padahal sumber karbohidrat lain itu banyak kan? Itu karena kita telah dibiasakan sejak kecil untuk selalu makan nasi. Coba lihat orang Amerika atau Eropa, mereka cenderung ke kentang atau roti, karena kebiasaan.

Harusnya dengan logika sama, kesukaan terhadap sayuran seharusnya bisa dibiasakan. Jadi, sebaiknya Mama memberikan menu sayur untuk si kecil setiap hari. Bisa dijadikan sayur ataupun camilan. Semakin dini anak dibiasakan makan sayur, semakin mudah pula membuatnya menyukai sayur.

Begitupun dengan buah. Sajikan tiap hari, entah itu pisang ataupun apel. Kalau bosan, Mama kreasikan buah-buahan menjadi jus, kue ataupun smoothies.





2. Kurangi junk food dan perhatikan cara mengolah makanan

2. Kurangi Junk Food Dan Perhatikan Cara Mengolah Makanan -

Sebaiknya jangan terlalu dini mengenalkan junk food kepada anak. Paling nggak, tunggulah hingga si kecil berusia minimal dua tahun. Mama perlu membuat batasan ketat konsumsi junk food. Ingat lho Ma, demi kesehatan anak! 

Satu hal juga yang sering luput dari perhatian kita adalah cara mengolah makanan. Penambahan bumbu penyedap, garam berlebih, MSG bisa loh memicu penyakit. Sebagian ahli bahkan menyarankan mengurangi penambahan garam saat memasak, karena konsumsi garam yang tinggi beresiko penyakit kardiovaskuler seperti hipertensi.

Begitupun dengan menggoreng makanan. Senyawa yang terbentuk saat proses penggorengan juga sama beresikonya. Jadi, kalau kita makan keripik sayuran dan merasa itu sehat, sebenarnya tak seperti itu. Sayuran memang sehat, tapi karena campuran tepung, garam hingga bumbu penyedap yang berlebih dan melalui proses penggorengan yang kita nggak tau minyaknya baru atau dipakai berulang, manfaat sayuran pun sudah terkalahkan oleh bahayanya.




3. Lakukan aktivitas di luar rumah

3. Lakukan Aktivitas Di Luar Rumah -

Bermain diluar rumah adalah cara paling mudah untuk membiasakan anak aktif bergerak. Selain baik untuk proses tumbuh kembangnya, bermain di luar juga membiasakan anak untuk melakukan aktivitas fisik yang cukup. Berbagai aktivitas fisik bersama keluarga bisa Mama lakukan untuk menerapkan pola hidup sehat ini salah satunya, berkemah.

Sesekali terapkan “puasa” gadget, ajak anak main kelereng, layangan, petak umpet dan berbagai permainan tradisional kita. Selain sehat juga membantu melestarikan tradisi dan kekayaan leluhur, bukan? 


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "6 Pola Hidup Sehat Ini Bisa Mama Terapkan Setiap Hari Agar Jantung si Kecil Lebih Sehat". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Esmasari Widyaningtyas | @WiwiedWidya

Silahkan login untuk memberi komentar