6 Tanaman Ini Bisa Membantu Mama Mengatasi Masalah Sullit Tidur. Nomor 2 Favorit Banget Sama Wanginya!

6 Tanaman Ini Bisa Membantu Mama Mengatasi Masalah Sullit Tidur. Nomor 2 Favorit Banget Sama Wanginya!

1.3K
Fungsi tanaman selain mempercantik tampilan kamar, tanaman mungkin bisa membantu Mama agar mendapatkan tidur berkualitas di malam hari.

Mama suka mengoleksi berbagai tanaman atau melakukan kegiatan berkebun? Pastinya sangat menyenangkan ya, Ma. Apalagi bisa mengajak si kecil turut serta di dalamnya.

Melihat jejeran tanaman di kebun kecil, atau di gantung cantik di teras rumah, rasanya menenangkan. Rumah kelihatan lebih asri, dan suplai oksigen pun makin banyak dengan adanya tanaman di sekeliling kita.

Selain berfungsi mempercantik rumah, ternyata tanaman bisa membantu Mama mengatasi masalah tidur loh.

Biasanya nih setelah melakukan kegiatan seharian, terkadang Mama akan mengalami susah tidur. Gangguan ini bisa bersumber dari berbagai alasan, stress, hormon, atau perpindahan jam tidur.

BACA JUGA


Untuk Mengatasi Susah Tidur dan Mendapatkan Tidur yang Lebih Berkualitas, 9 Hal Ini Mungkin Bisa Membantu Mama!

Untuk Mengatasi Susah Tidur dan Mendapatkan Tidur yang Lebih Berkualitas, 9 Hal Ini Mungkin Bisa Membantu Mama!

Mama mengalami gangguan tidur, dan tidak tahu bagaimana cara untuk mengatasi susah tidur?Yah, dunia semakin sibuk memang, Ma. Ruang dan ...

Read more..

Untuk mengatasi gangguan tidur ini, Mama mungkin sudah mencoba berbagai usaha, seperti musik pengantar tidur, olahraga, obat tidur, hingga teknologi seperti kacamata tidur. Namun, di samping keempat solusi tersebut, ada solusi lain yang sangat mudah, ramah lingkungan, dan tentu saja relatif murah, yaitu dengan menyimpan jenis tanaman tertentu di dalam kamar.

Menurut, Tyler Davis, seorang ahli dari Orchard Supply Hardware, dekorasi kamar dapat memberikan efek yang besar bagi pola dan kualitas tidur seseorang, Termasuk menempatkan tanaman di dalamnya.

Inilah enam tanaman yang bisa membuat Mama jatuh lelap lebih cepat, dan memiliki tidur yang berkualitas.


1. Melati

Meskipun memiliki kesan mistis, melati ternyata memiliki efek menenangkan tubuh dan pikiran, dan meredakan kecemasan serta kegelisahan.

Menurut Dr. Bryan Raudenbush, asisten profesor psikologi di Wheeling Jesuit University (WJU), menyatakan bahwa aroma melati dapat membuat orang yang menghirupnya memiliki tidur lebih nyenyak.

2. Lavender

Bunga berwarna cantik ini terbukti dapat menenangkan detak jantung dan menurunkan tekanan darah. Hasilnya, Mama akan berada dalam keadaan rileks.

Lebih jauh lagi, sebuah penelitian memperlihatkan bahwa seseorang yang mengendus lavender sebelum tidur akan mendapatkan tidur yang lebih nyenyak, dan merasa lebih segar saat bangun di pagi hari.

Studi lainnya, kali ini tentang bayi, mengungkapkan bahwa bayi akan menangis lebih sedikit dan tidur lebih nyenyak setelah mandi dengan minyak lavender.

Namun lavender bukanlah obat untuk insomnia ya, Ma. Lavender hanya akan memberikan efek menenangkan dan tidur yang lebih nyenyak.

Jika Mama ingin mendapatkan manfaat dari lavender, jangan ragu untuk menempatkan satu pot kecil lavender di dalam kamar. Bonusnya, nyamuk akan jauh-jauh dari tempat tidur. Agar awet, tempatkan lavender di tempat yang terkena banyak sinar matahari.

BACA JUGA


Hati-hati, Gangguan Tidur yang Nampaknya Sepele Bisa Jadi Merupakan Indikasi Terserang Penyakit Lho!

Hati-hati, Gangguan Tidur yang Nampaknya Sepele Bisa Jadi Merupakan Indikasi Terserang Penyakit Lho!

Kenali 8 gangguan tidur yang sering terjadi pada perempuan, terutama seusia kita, Ma

Read more..

3. Lidah mertua

Sanseviearia atau lebih dikenal dengan sebutan lidah mertua dikarenakan bentuknya yang tajam.

Tidak seperti tanaman lain yang hanya memproduksi oksigen pada siang hari, lalu selanjutnya mengeluarkan karbon dioksida pada malam hari, lidah mertua melepaskan oksigen sepanjang waktu.

Lidah mertua akan membantu Mama mendapatkan kualitas udara terbaik pada saat tidur di malam hari. institusi sekelas NASA pun merekomendasikan penempatan lidah mertua di tempat tidur loh, Ma. Cara perawatan lidah mertua pun cukup mudah karena dapat bertahan di kondisi cahaya apapun, dan hanya perlu disiram sekali setiap dua mingu.

4. Gardenia

Sebuah penelitian di Jerman membuktikan bahwa bunga gardenia memiliki aroma yang dapat membuat seseorang menjadi cepat terlelap, setara dengan hasil obat penenang!

Jika Mama ingin menempatkan gardenia di kamar, Mama harus cukup telaten sebab perawatannya cukup rumit. Gardenia memerlukan cahaya matahari langsung, tetapi daunnya akan kering jika terlalu terkena banyak matahari.

5. Peace Lily

Tanaman yang sering dijumpai di pekarangan rumah ini adalah pembersih udara alami.

Peace lily akan menyerap zat kimia berbahaya seperti formaldehyde, penyakit yang ditularkan melalui udara, dan berbagai jenis alergen lainnya, kemudian merilis oksigen murni ke udara. Untuk menjaga agar peace lily tetap sehat, siram sekali seminggu.

6. Lidah buaya

Selain berkhasiat untuk kecantikan, tanaman sukulen ini pun memiliki fungsi sebagai pembersih udara. Seperti halnya lidah mertua, lidah buaya akan merilis oksigen di malam hari dan akan membuat tidur Mama lebih nyenyak.

BACA JUGA


Baju Bekas Menumpuk? 11 Ide Kreatif Ini Bisa Mama Sontek dengan Memanfaatkannya!

Baju Bekas Menumpuk? 11 Ide Kreatif Ini Bisa Mama Sontek dengan Memanfaatkannya!

Baju bekas yang menumpuk di lemari seringnya diapain, Ma? Dibuang? Eits, jangan dong! Mending sontek 9 ide DIY baju bekas ini deh

Read more..

6 Tanaman ini sering banget kan Mama jumpai di mana-mana? Nggak sulit kok carinya.

Dan nggak ada salahnya juga yes Mama beli dan tempatkan di beberapa sudut ruangan rumah. Masalah sulit tidur yang dialami Mama atau Papa pun bisa teratasi dengan mudah dan murah.






Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "6 Tanaman Ini Bisa Membantu Mama Mengatasi Masalah Sullit Tidur. Nomor 2 Favorit Banget Sama Wanginya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Azyyati | @raidahazyyati

Silahkan login untuk memberi komentar