Ini Dia 7 Cara Sederhana Mendidik Anak untuk Selalu Berpikir Positif

Ini Dia 7 Cara Sederhana Mendidik Anak untuk Selalu Berpikir Positif

2.3K
Mendidik anak untuk selalu berpikir positif harus mulai kita lakukan sejak dini, Ma. Fokus pada hal yang berhasil dilakukan anak akan membuat mereka lebih percaya diri dan bersemangat untuk melakukan hal-hal positif yang lain.

Berpikir positif sangat penting dalam keseharian kita. Setuju, Ma?

Dengan perilaku ini, kita bisa mengenali hal-hal negatif yang terjadi dan mengubahnya menjadi hal yang lebih baik. Kemampuan tersebut bermanfaat ketika kita menghadapi peristiwa baru yang rentan menimbulkan stres seperti hari pertama masuk sekolah, bepergian ke tempat yang belum kita kenal, menjalani ujian dan sebagainya.

Meskipun sebagian orang memiliki sifat berpikir positif sejak lahir, kemampuan ini juga bisa kita pelajari sejak dini. Yes, karena itu kita sudah bisa mendidik anak kita untuk bisa selalu berpikir positif sejak sekarang.


BACA JUGA


Ayah Mark Zuckerberg Berbagi Cerita Mengenai Pengalamannya Mendidik Jiwa Enterpreneurship pada Anaknya - Sontek Yuk, Ma!

Ayah Mark Zuckerberg Berbagi Cerita Mengenai Pengalamannya Mendidik Jiwa Enterpreneurship pada Anaknya - Sontek Yuk, Ma!

Siapa yang tak kenal Mark Zuckerberg? Sang miliuner muda, pendiri Facebook itu, kini telah menjadi salah satu orang tersukses di dunia. ...

Read more..


Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan di rumah untuk mendidik anak agar selalu berpikir positif



Berkata Positif

Berkata Positif -


Mendidik anak berpikir positif bisa kita mulai dari mencoba untuk mengganti kalimat dengan, “Adik, ayo cepat! Ini sudah siang, jalan pasti macet. Nanti kita terlambat!” dengan kalimat yang lebih positif, seperti, “Yuk, Dik, lebih cepat siap-siapnya biar nanti kita berangkat jalanan masih lancar. Jadi adik bisa lebih cepat sampai sekolah. Bisa main dulu sama teman-teman.” 

Atau, “Adik, jangan lari-lari! Nanti jatuh!” dengan “Hati-hati ya, Dik kalau lari.” 

Mungkin awalnya memang sulit, Ma. Apalagi kalau kita terbiasa dengan kata “Jangan”, “No”, “Tidak” dan sebagainya.Tapi kalau konsisten pasti lama-lama akan terbiasa. 

Lalu lihat deh, sebentar lagi Mama pasti akan merasakan beda perilaku anak-anak yang selalu diberi semangat dengan kalimat-kalimat positif.



Fokus pada Keberhasilan Mereka

Fokus Pada Keberhasilan Mereka -


Setiap malam sebelum tidur atau ketika makan bersama, ceritakan hal positif yang Mama dan Papa hari ini. Misalnya, “Mama senang deh hari ini berhasil bikin pizza yang enak dan bisa kita makan sama-sama.” 

Lalu ajak anak melakukan hal yang sama. Tentu dengan level yang berbeda sesuai dengan usianya ya, Ma. Misalnya hari itu berhasil merapikan sendiri peralatan sekolahnya, meletakkan baju kotor di tempatnya, membantu Papa mencuci piring, berbagi bekal makanan dengan temannya yang nggak membawa bekal, membantu guru menghapus papan tulis, mendapat nilai bagus, berhasil menguasai satu gerakan baru dalam latihan taekwondo atau hal lain yang membuat mereka bangga.

Fokus pada hal yang berhasil dilakukan anak akan membuat mereka lebih percaya diri dan bersemangat untuk melakukan hal-hal positif yang lain.



Mengidentifikasi Kegagalan dan Mencari Jalan Keluarnya

Mengidentifikasi Kegagalan Dan Mencari Jalan Keluarnya -

Nah, ini perlu diingat nih, Ma. Fokus pada keberhasilan anak bukan berarti kita mengabaikan kekurangan atau kegagalannya. 

Hal tersebut tetap perlu kita diskusikan untuk bisa mendidik anak agar lebih positig. Misalnya ketika anak mendapatkan nilai yang jelek di sekolah atau saat dia memukul temannya di sekolah. Ajak dia untuk mencari akar permasalahannya lalu cari jalan keluarnya bersama-sama.

Hal yang sama juga bisa kita lakukan ketika anak menghadapi hal yang tidak menyenangkan seperti sakit, nggak bisa berlibur keluar kota atau kehilangan benda kesayangan. 

Ketimbang mengabaikan perasaan sedihnya, kita bisa berkata, “Iya, Mama tahu kamu pasti sedih karena liburan kali ini di rumah saja. Tapi coba deh pikirkan, banyak lho yang bisa kita lakukan di rumah. Kamu bisa menyelesaikan proyek roket legomu, belajar coding lewat internet. Kita juga bisa sama-sama bikin kue kesukaanmu.”


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini Dia 7 Cara Sederhana Mendidik Anak untuk Selalu Berpikir Positif". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Alfa Kurnia | @alfakurnia

Mamah galau. Introvert yang suka gaul. Punya cita-cita abadi jadi kurus tapi doyan makan. Blogging at http://pojokmungil.com. Believe that “Blogging is not rocket science, it’s about being yourself, and putting what you have into it.

Silahkan login untuk memberi komentar