7 Dosa Besar dalam Merawat Wajah - No. 5 Terlalu Sering Kita Lakukan!

7 Dosa Besar dalam Merawat Wajah - No. 5 Terlalu Sering Kita Lakukan!

2.3K
Dalam merawat wajah, kadang kita abai akan beberapa hal, yang akibatnya buruk bagi kulit kita sendiri. Siapa yang akan menyesal kemudian, hayo? Kita juga kan?

Kata orang, terkadang dosa itu terjadi tanpa disadari dan lambat laun karena sering dilakukan akan menjadi kebiasaan. Ish, amit-amit ya, Ma. Itu dosa dalam artian luas ya, yang berhubungan dengan Sang Pencipta. Tapi, kali ini yang pengin dibahas adalah ‘dosa’ terhadap tubuh kita, khususnya dalam merawat wajah.

Wait, Mama masih belum ngeh juga?

Begini, coba deh Mama jujur kadang kita melakukan hal-hal yang efeknya itu nggak baik untuk kesehatan, termasuk ke kulit wajah. Nah, hal-hal kecil maupun besar yang bikin efek nggak baik dalam merawat wajah itulah bisa dikategorikan ‘dosa’. So, ‘dosa’ ini bisa terjadi tanpa disadari dan disadari juga. Got my poin?

Okay, lanjut ....

Memang sih nggak ada ‘lembaga’ khusus yang menertibkan perilaku Mama terhadap ‘dosa’ serta kesalahpahaman yang terjadi saat merawat wajah. Tapi ada baiknya kita tahu. Betul?


BACA JUGA


Kulit Wajah Kering, Ma? Atasi dengan 7 Tip Simpel dengan Hasil Cepat di Bawah Ini!

Kulit Wajah Kering, Ma? Atasi dengan 7 Tip Simpel dengan Hasil Cepat di Bawah Ini!

Pernahkah Mama merasa nggak pede keluar rumah atau ketemu dengan teman ataupun saudara hanya karena merasakan kulit wajah kering, kaku dan ...

Read more..


Inilah 7 ‘dosa’ besar dalam merawat wajah yang sering Mama lakukan dengan sengaja maupun tidak


1. Over eksfoliasi hingga over moisturizing

image from beautylish

Dalam merawat wajah, eksfoliasi kulit memang perlu dilakukan secara rutin. Biasanya sih kita melakukan scrubbing. Namun, keinginan untuk mendapatkan hasil serba lebih secara instan biasanya mendorong kaum perempuan melakukan perawatan melebihi porsi aslinya.

Intensitas penggunaan scrub yang berlebih dengan cara menggosok terlalu keras dapat menyebabkan kulit menjadi lebih rentan terhadap sinar matahari maupun produk kecantikan yang biasa Mama pakai.

Solusinya? Sebaiknya lakukan beberapa kali seminggu di saat cuaca panas, lalu kurangi intensitasnya di saat cuaca dingin.

Begitu juga dengan over moisturizing. Memang ada kalanya saat kita sedang berlibur ke negeri 4 musim dan sedang mengalami musim dingin, kulit butuh perawatan ekstra. Namun, ternyata, terlalu banyak memakai moisturizer atau pelembap, bisa berisiko menyebabkan milia, sejenis bercak putih yang timbul akibat sel kulit mati yang terperangkap pada lapisan kulit.

Maka, lebih baik, pakailah pelembap secukupnya di pagi hari dan selingi dengan serum untuk mengurangi risiko pori-pori tersumbat.


2. Menunda memakai krim antiaging

Gaya hidup yang kurang sehat, polusi dan radikal bebas bisa memengaruhi kondisi kulit untuk kehilangan vitalitas.

Sayangnya, kebanyakan perempuan baru sadar kebutuhan untuk merawat wajah dengan krim anti aging pada usia akhir 20-an. Hal ini karena pada umumnya sebagian besar dari Mama, sebelum usia 20-an, masih berkutat dengan masalah jerawat.

FYI, menstimulasi kolagen di usia lebih awal seperti di rentang usia 20-30an akan lebih mudah untuk menjaga kondisinya tetap segar lebih lama daripada menghidupkan kembali elastisitas kulit di usia 40 tahun ke atas.

Untuk itu, nggak ada salahnya mencuri start saat merawat wajah dengan memberi perawatan anti aging. Apalagi kini teknologi kecantikan terbaru sudah mengenal kandungan retinoid yang dapat mengatasi masalah jerawat dan kerutan sehingga perawatan anti aging bisa dimulai lebih dini di usia 20-an.


3. Salah kaprah Retinol

Image from Groupon

Retinol adalah salah satu komposisi terbaru produk kecantikan yang berasal dari keluarga vitamin A, fungsinya mempercepat pergerakan sel kulit serta merangsang produksi kolagen dan elastin hingga membantu menjadikan kulit tampak segar lebih lama.

Namun memang untuk beberapa kasus tertentu terutama bagi pemilik jenis kulit sensitif, retinol dapat menimbulkan iritasi dengan tingkat toleransi yang berbeda.

Eits, tapi jangan buru-buru menyalahkan retinol! Kini berkat penelitian dan teknologi, formulasinya sudah semakin sempurna. Biasakanlah kulit Mama mengenal retinol perlahan dengan mulai memakainya setetes demi setetes tiap malam.


4. Kurang memperhatikan waktu pemakaian produk kecantikan

Image from Skinsecrets

Well, setiap produk kecantikan idealnya memiliki karakteristik tersendiri dengan ketentuan waktu penggunaan dan tempat penyimpanan yang tepat. Antioksidan, misalnya, sangat bagus untuk dipakai di pagi hari karena kulit sedang dalam keadaan prima setelah beregenerasi selama tidur 8 jam.

Kondisi ini tentu mempermudah kulit untuk menyerap vitamin dan zat-zat yang dibutuhkan selain membantu memperkuat fungsi tabir surya hingga mampu bertahan lebih lama.

Lain lagi dengan produk kecantikan untuk merawat wajah yang mengandung retinol maupun exfoliator. Sebaiknya kedua produk ini dipakai di malam hari, saat nggak terlalu banyak aktivitas luar ruangan agar proses pengelupasan sel mati dan regenerasi kulit berjalan lancar.


BACA JUGA


Mencerahkan Wajah dan Menyamarkan Wajah Kuyu? Cuma Perlu 2 Langkah Saja!

Mencerahkan Wajah dan Menyamarkan Wajah Kuyu? Cuma Perlu 2 Langkah Saja!

Mencerahkan wajah perlu makeup yang tebal? Nggak juga, cukup beberapa langkah saja

Read more..


5. Tidak dewasa menyikapi jerawat

Meskipun ratusan saran ahli dan dermatologis bahkan artikel kecantikan sudah berteriak untuk JANGAN memencet jerawat, namun masih aja tetap sering banget kita lakukan. Duh! Bahkan nggak jarang hal ini berujung pada bekas menghitam di kulit.

Asal tahu saja, jerawat timbul karena kelebihan sebum, sel kulit mati dan bakteri yang tersumbat di dalam pori. Kalau jerawat ini dipencet, maka jaringan kulit dan folikel bisa rusak, karena bakteri terdorong secara paksa ke lapisan kulit dermis.

Nah, hal inilah yang meninggalkan bekas jerawat, ataupun justru memperparah infeksi yang terjadi. Jadi, jika jerawat meradang, segera redakan dengan mengoleskan salep anti inflamasi agar kulit wajah tetap mulus ya, Ma.


6. Coba Klasifikasi kulit Mama ke dalam satu tipe saja

Kulit wajah kita memang nggak memiliki sistem klasifikasi yang pasti secara universal. Bahkan, sejalan dengan usia dan fluktuasi hormon, bisa saja terjadi pergeseran jenis kulit menjadi lebih sensitif dan lebih kering.

Oleh karena itu, untuk merawat kulit, sebaiknya Mama lihat berdasarkan klasifikasi kulit menurut permasalahan yang muncul. Misalnya kalau masalahnya jerawat, kerutan dini atau flek dan kemerahan, maka treatment-lah sesuai kebutuhan. Itu akan jauh lebih tepat sasaran, dan nggak berbahaya.


7. Tidak memakai sunblock secara menyeluruh

Kebutuhan untuk praktis memang mendesak kaum perempuan memakai produk multifungsi, seperti make up yang mengandung SPF. Padahal, Mama nggak memakai make up hingga ke telinga dan hairline, kan?

Kenyataannya, penggunaan tabir surya di area tersembunyi saat merawat kulit sangat penting untuk menghindari problema kulit semisal kulit kering, penuaan dini atau yang lebih ekstrem, kanker kulit.

Mulai sekarang pisahkan tabir surya dengan produk perawatan atau make up. Kenakan tabir surya secara merata dari wajah hingga kulit tubuh tanpa melupakan area tersembunyi. Ulangi kembali penggunaannya setiap 6 jam sekali.


BACA JUGA


Untuk Perawatan Wajah yang Maksimal Tapi Effortless, Mama Bisa Menggunakan 13 Bahan Alami INi!

Untuk Perawatan Wajah yang Maksimal Tapi Effortless, Mama Bisa Menggunakan 13 Bahan Alami INi!

Perempuan dan perawatan wajah. Ya, memang dua hal yang tak terpisahkan. Tapi, mau cantik yang seperti apa sih, Ma

Read more..


Hayo, dari 7 ‘dosa’ besar dalam merawat kulit wajah ini, mana yang sering Mama lakukan? Kalau saya sih nomor 5 dan 7. Hiks. Secara suka gemes sendiri kalau jerawat udah mau pecah, jadi dipencet deh. Dan masih suka absen pakai sunblock, padahal matahari pas pukul sepuluh saat jemput si kakak itu terik banget dan bikin perih.

Duh, semoga kita lebih memperhatikan hal=hal tersebut dalam merawat kulit wajah ya, Ma. Karena kulit merupakan aset yang mesti kita jaga.

Nggak usah maksa harus tampil flawless kayak Raisa, kulit wajah sehat saja sudah anugerah banget.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "7 Dosa Besar dalam Merawat Wajah - No. 5 Terlalu Sering Kita Lakukan!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ranny Afandi | @rannyafandi

Content creator. Aquarian. Movie lover. Bookaholic. Read my stories at www.hujanpelangi.com | Find me on IG & twitter : @rannyrainy

Silahkan login untuk memberi komentar