7 Makanan Sehat yang Harus Dikonsumsi Saat Haid

7 Makanan Sehat yang Harus Dikonsumsi Saat Haid

3.9K
Makanan sehat baik untuk dikonsumsi setiap hari agar tubuh kita selalu fit dan terhindar dari penyakit. Begitupun saat haid, kita perlu mengonsumsi makanan sehat.

Ketika tamu bulanan tiba, mendadak semua seperti berubah. Tidak berjalan mulus dan penuh emosional. Ya, itu wajar dan dialami 85% perempuan di dunia yaitu PMS (pra-menstruation syndrom). Semua perempuan yang mengalami PMS biasanya mendadak berubah jadi labil, galau, galak atau cengeng. Serasa bukan jadi diri sendiri. Benar nggak, Ma? Kada kita pun kesal sendiri akan perubahan mood yang tiba-tiba pun dengan perut yang terasa sakit atau kram. Mengonsumsi makanan sehat ternyata baik banget untuk mengatasi masalah tersebut, Ma.

Well, saat haid nggak seharusnya menjadi mimpi buruk, ya, bagi kita. Mama bisa mengonsumsi 7 makanan sehat ini agar bisa mengurangi mood swing dan kesehatan kita.

1. Daging merah

Mengonsumsi daging merah akan menggantikan posisi zat besi yang banyak hilang saat haid berlangsung. Selain itu, daging merah juga membantu aliran darah saat menstruasi sehingga baik untuk tubuh.

2. Sayuran hijau

Mengonsumsi sayuran hijau terutama yang daun-daunan, banyak mengandung zat besi dan vitamin B juga mengandung banyak serat untuk mencegah masalah pencernaan. Sehingga saat haid tiba bisa lebih santai dan happy.

3. Buah-buahan segar

Sudah tidak diragukan lagi. Selain saat haid, buah-buahan tentu akan membuat tubuh segar dan menguatkan sistem imun. Bagi yang sedang menstruasi, buah menambah fungsinya untuk memperlancar pencernaan dan mengurangi kram perut saat mens sedang banyak.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sangat dianjurkan baik kacang panjang ataupun buncis atau juga kacang yang untuk camilan. Kacang camilan yang bagus dikonsumsi ketika haid adalah almond dan kenari.

Selain untuk menambah energi, kacang-kacangan juga baik untuk menjaga keseimbangan tubuh yang kurang fit saat haid.

5. Ikan laut

Umumnya ikan laut banyak mengandung asam lemak omega 3 terutama salmon dan tuna. Konsumsilah selama haid agar merelaksasi otot-otot selama haid. Hal ini tentu saja berpengaruh dalam menstabilkan emosi Mama juga. Tidak harus salmon dan tuna loh, yang penting mengandung asam lemak omega 3, ya.

6. Cokelat

Sudah bukan rahasia lagi kalau cokelat bisa memperbaiki mood swing. Cokelat mengandung magnesium yang banyak di perlukan saat haid. Juga sebagai teman ideal untuk membantu kontrol emosi selama PMS karena dipercaya berkhasiat membangkitkan hormon bahagia dalam tubuh.

7. Air putih

Banyak mengonsumsi air putih memang banyak membantu agar selama haid jadi lancar dan tidak banyak keluhan. Air putih selain melancarkan peredaran darah juga membantu menormalkan siklus haid yang mungkin haidnya kurang teratur sebelumnya.

Sekarang Mama nggak perlu khawatir dengan mood swing ataupun sakit perut yang datang saat haid tiba. Karena bisa diatasi dengan mengonsumsi 7 makanan sehat tersebut. Yuk, Ma, lebih hidup sehat lagi. Sebagai Mama penting banget bisa menjaga mood, dan harus bisa sehat selalu.

Enjoy your period, Ma!





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "7 Makanan Sehat yang Harus Dikonsumsi Saat Haid". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ruli Retno Mawarni | @ruliretno

Supermom for 3 kids, lifestyle & travel blogger, content writer, www.ruliretno.com Cp : ruliretno@gmail.com

Silahkan login untuk memberi komentar