7 Manfaat Minyak Argan yang Ampuh Untuk Perawatan Tubuh. Nomor 4 Pasti yang Dicari Mama!

healthable

7 Manfaat Minyak Argan yang Ampuh Untuk Perawatan Tubuh. Nomor 4 Pasti yang Dicari Mama!

1.6K
Minyak argan berasal dari Maroko ini ternyata menawarkan manfaat besar bagi kulit Mama, loh.

Beberapa tahun belakangan, minyak nabati mulai dilirik untuk menjadi alternatif bagi perawatan harian kulit. Salah satu minyak yang populer, selain minyak zaitun, adalah minyak argan. Minyak alami ini berasal dari biji argan yang hanya bisa tumbuh dataran Maroko saja. Namun sejarah mencatat bahwa ternyata minyak ini sudah digunakan oelh para wanita sejak berabad-abad silam loh, Ma.

Apa saja manfaat minyak argan? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Pelembap wajah dan tubuh

alstonfaceandbody

Salah satu keunggulan minyak argan adalah kemampuannya untuk dapat diserap kulit dengan cepat. MInyak argan tidak akan meninggalkan minyak residu sehingga kandungannya benar-benar memasuki setiap sel kulit, dan tentu saja tidak akan menyumbat pori-pori. Fungsi melembapkan dari minyak argan didapat dari kandungan asam lemak sterol, vitamin E, dan vitamin A. Bukan hanya untuk wajah, minyak ini juga dapat digunakan di area kulit kering lain seperti umit, tangan, kaki, dan siku.

2. Eksfoliasi kulit

Tertarik membuat ramuan eksfoliasi kulit sendiri? Sangat mudah loh, Ma.

Mama bisa mencobanya dengan membuat campuran dari satu sendok brown sugar dengan beberapa tetes minyak argan, lalu memijatkannya ke wajah selama 2-4 menit. Eksfoliasi yang dilakukan rutin selama seminggu maksimal dua kali dapat membantu wajah bebas dari sel kulit mati, dan menyamarkan keriput.

3. Meredakan jerawat

drbaileyskincare

Setelah menggunakan minyak argan, banyak wanita yang melaporkan bahwa jerawatnya mudah sembuh, atau jarang dikunjungi jerawat kembali. TIdak heran sih sebab minyak argan memang terbukti mampu mengurangi level sebum di wajah. Nah, sebum wajah yang terkendali dapat mencegah timbulnya jerawat. Selain itu, kandungan linoleic acid dalam minyak argan juga membantu mengurangi peradangan akibat jerawat, infeksi, maupun gigitan serangga.

BACA JUGA


Ini Dia 5 Cara Sederhana Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Ini Dia 5 Cara Sederhana Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Sudah banyak cara saya tempuh untuk menghilangkan jerawat bandel itu, dari dokter, tempat perawatan kecantikan, sampai obat-obatan ...

Read more..

4. Menyamarkan dan mencegah selulit

clevelandclinic

Selain melembapkan kulit, vitamin A dan vitamin E dalam minyak argan pun dapat membantu mencegah munculnya selulit dengan meningkatkan elastisitas kulit.

Untuk mendapatkan khasiat tersebut, Mama cukup teteskan 2-3 minyak argan murni ke telapak tangan, lalu secara lembut oleskan ke area perut, pinggang, ataupun paha. Untuk menyamarkan selulit, Mama bisa menggunakan resep eksfoliasi kulit di poin nomor 2, dan mengoleskannya ke area yang bermasalah.

5. Kondisioner rambut


readersdigest

Mama memiliki rambut kering dan tidak sehat? Yuk coba gunakan minyak argan sebagai kondisioner setelah keramas, atau sebelum melakukan penataan rambut. Penggunaan minyak argan untuk rambut tergantung pada kebutuhan, tetapi biasanya dibutuhkan 1-3 tetes. Oleskan pula pada kulit kepala untuk membantu rambut tumbuh lebih lebat.

6. Pelembap bibir

shape

Ingin mengganti petroleum jelly sebagai formula pelembut dan pelembap bibir? Gunakan saja minyak argan ini. Mama cukup mengoleskan 1-2 tetes minyak argan ke permukaan bibir, kemudian diamkan. Akan lebih bagus lagi jika didiamkan semalaman.

BACA JUGA


7. Perawatan kuku

Bagi Mama yang memiliki kutikula kering, minyak argan bisa banget loh membantu Mama untuk mendapatkan kutikula yang lembut dan sehat. Selain itu, minyak argan pun dapat menjadi alternatif bagi cairan pembersih kuku. Jika Mama masih menggunakan aseton, duh ... segera ganti ya Ma agar kuku terhindar dari paparan zat kimia.

BACA JUGA


10 Masker Wajah Berikut Ini Bisa Mengatasi Kulit Wajah Berminyak yang Menyebalkan!

10 Masker Wajah Berikut Ini Bisa Mengatasi Kulit Wajah Berminyak yang Menyebalkan!

Kulit berminyak memang selalu membuat wajah menjadi kurang kece. Masker wajah ini bisa loh, Ma, dibuat dan dipakai untuk membersihkan minyak ...

Read more..

Dari ketujuh manfaat di atas dapat disimpulkan bahwa fungsi dari minyak argan adalah untuk melembapkan bagian-bagian tubuh. Hebatnya lagi, sejauh ini, minyak argan hampir tidak memberikan efek samping loh, Ma. Harga minyak argan ini relatif mahal ya Ma, tetapi manfaatnya yang besar tentu saja sepadan dengan harganya.

Selamat mencoba, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "7 Manfaat Minyak Argan yang Ampuh Untuk Perawatan Tubuh. Nomor 4 Pasti yang Dicari Mama!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ra'idah Azyyati | @raidahazyyati

Silahkan login untuk memberi komentar