7 Orang Terkenal Ini Mati Bunuh Diri, dan Depresi Menjadi Penyebab Utamanya. Jangan Abai!

7 Orang Terkenal Ini Mati Bunuh Diri, dan Depresi Menjadi Penyebab Utamanya. Jangan Abai!

6.2K
Begitu banyak kasus bunuh diri belakangan ini. Apakah ini tandanya depresi sudah menjadi wabah?

Ah. Betapa saya masih baper akan kematian Chester Bennington akibat bunuh diri. Mungkin juga karena beberapa hari yang lalu, saya juga mendengar kabar seorang selebgram yang juga telah bunuh diri.

Pikiran saya sontak menghitung, berapa banyak orang yang mati bunuh diri di dunia ini sejak bumi diciptakan? Saya kira pasti buanyak sekali. Orang-orang terkenal, yang kita kira sukses, kita bayangkan hidupnya bahagia karena berkecukupan, mau apa pun ada, dikelilingi orang-orang yang mengaguminya, saja ternyata cukup banyak yang mati mengenaskan dengan cara bunuh diri.

Mari kita lihat, beberapa orang terkenal yang telah mati bunuh diri.


BACA JUGA


Tommy Page Telah Tiada. Jangan Sedih, 7 Lagu Tommy Page Ini Bisa Mengobati Kerinduan! Yang Mana Favorit Mama-Papa?

Tommy Page Telah Tiada. Jangan Sedih, 7 Lagu Tommy Page Ini Bisa Mengobati Kerinduan! Yang Mana Favorit Mama-Papa?

Tommy Page telah tiada. Penyanyi Amerika Serikat dengan paras rupawan dan suara lembut mendesah itu ditemukan meninggal dunia, Jumat, 3 ...

Read more..


7 orang terkenal yang telah mati bunuh diri


1. Robin Williams (21 Juli 1951 - 11 Agustus 2014)


Siapa yang tak kenal Robin Williams?

Semua orang mencintai Robin Williams, yang dianggap sebagai penebar kebahagiaan di mana pun ia muncul. Siapa yang bisa melupakan si Mrs. Doubtfire, si Pak Guru John Keating, si Peter Pan dewasa, Genie dan sederet tokoh dengan karakter yang berbeda-beda?

Ternyata, orang yang membawa kebahagiaan dalam film ini mati bunuh diri. Ia menyimpan depresi dalam hidupnya. Ia tenggelam dalam ketergantungan terhadap alkohol, dan yang paling penting, ia begitu takut akan kesendirian.

How sad is that?


2. Marilyn Monroe (1 Juni 1926 - 5 Agustus 1962)



Ia adalah icon kecantikan dan sensualitas, bahkan hingga kini.

Ia telah hidup di panti asuhan sejak kecil, karena ibunya dinyatakan tak stabil secara mental. Sedangkan, Norma Jean (nama kecil Marilyn Monroe) tak pernah mengenal ayah biologisnya. Menikah di usianya yang masih remaja, kemudian ia menjajal kemampuannya di dunia modelling dan berlanjut ke akting.

Marilyn Monroe menderita depresi, dan kecanduan alkohol. Beberapa kali ia diterpa gosip, mempunyai affair dengan John F. Kennedy.

Kematiannya dinyatakan sebagai "probable suicide", kemungkinan bunuh diri karena overdosis.


3. Ernest Hemingway (21 Juli 1889 - 2 Juli 1961)


Ernest Hemingway adalah penerima hadiah Nobel untuk dedikasinya sebagai penulis sastra. Karyanya yang paling terkenal adalah The Old Man and The Sea. Selama kariernya sebagai penulis, Ernest Hemingway telah menerbitkan 7 novel, 6 kumpulan cerita pendek, dan 2 buku nonfiksi, yang kesemuanya membawa pengaruh besar bagi para penulis muda di eranya.

Namun, meski sukses sebagai penulis, Ernest Hemingway harus gagal dalam banyak kali pernikahan yang kemudian membuatnya depresi. Hingga kemudian, ia mati bunuh diri tahun 1961.


4. Vincent Van Gogh (30 Maret 1853 - 29 Juli 1890)


Vincent Van Gogh adalah seorang pelukis berkebangsaan Belanda, yang terkenal akan karyanya yang karismatik, penuh emosi dengan vibrant colors. Ialah pelukis paling berpengaruh kedua setelah Rembrandt terhadap dunia seni, hingga sekarang.

Namun, semua keterkenalan yang sekarang diraihnya itu tak sempat dirasakannya selama ia masih hidup, Ma. Selama hidup, ia begitu miskin, terbelit sejumlah utang, dan punya kesehatan mental yang sangat labil. Begitu ironis, karena kini, lukisan-lukisan asli Van Gogh merupakan lukisan-lukisan dengan harga termahal di dunia.

Meski kemudian ia berhasil menghasilkan 2.100 lukisan, namun akhirnya Van Gogh memutuskan untuk bunuh diri.


BACA JUGA


Mama, Yuk Kenali Jenis-Jenis Narkoba Supaya Mama Bisa Menjauhkan Diri dan Keluarga Sepenuhnya!

Mama, Yuk Kenali Jenis-Jenis Narkoba Supaya Mama Bisa Menjauhkan Diri dan Keluarga Sepenuhnya!

Pengetahuan akan jenis-jenis narkoba ini akan membuat kita bisa mengenali dan kemudian barangkali kita bisa tahu cara menghindarinya

Read more..


5. Kurt Cobain (20 Februari 1967 - 5 April 1994)


Kurt Donald Cobain, adalah seorang musisi Amerika yang menjelajah dunia bersama band-nya, Nirvana.

Kurt Cobain dikenal sebagai pribadi yang cinta seni sejak kecil, Ma. Namun, sayangnya, ia begitu menderita dan mengalami trauma karena perceraian kedua orang tuanya.

Sebagai katarsis, ia menemukan obat penyembuh lukanya melalui musik. Namun ternyata kemudian, Kurt juga menderita ketergantungan terhadap obat-obatan terlarang. Ia memang mencoba untuk direhabilitasi, namun pernah mencoba bunuh diri selama proses rehab berlangsung.

Percobaan bunuh diri tersebut bisa digagalkan, namun sejak itu, Kurt punya suicidal instinct. Hingga kemudian ia ditemukan tewas di usianya yang baru 27 tahun.


6. Chris Cornell (20 Juli 1964 - 18 Mei 2017)


Chris Cornell adalah mantan lead vocal Soundgarden dan juga AudioSlave. Ia juga adalah pendiri grup band Temple of the Dog. Konon, suara Chris Cornell merupakan suara terindah yang pernah ada di industri musik rock, Ma. Ia punya suara unik, yang nggak ada duanya.

Oh ya ampun. Saya pribadi memang penggemarnya, terutama saat ia menyanyikan Black Hole Sun. Black hole sun, won't you come? Won't you come?

Ia juga pernah dinominasikan meraih Grammy Awards.

Chris Cornell ditemukan mati bunuh diri dengan cara menggantung dirinya sendiri, di kamar sebuah hotel di Detroit, sesaat setelah perform dengan grupnya, Soundgarden.


7. Chester Bennington (20 Maret 1976 - 20 Juli 2017)


Kematian Chris Cornell mematahkan hati Chester Bennington, sang lead vocalist Linkin Park ini. Ia bahkan menulis lagu One More Light, in tribute for Chris Cornell.

Yang membuat para penggemarnya jatuh cinta pada Chester Bennington, adalah karena semangatnya untuk bangkit dari keterpurukan hidupnya dengan musik. Ia telah menjadi korban perceraian kedua orang tuanya saat masih kecil, dan ia juga merupakan korban sexual abuse saat masih begitu belia. Depresi membuatnya terlarut dalam ketergantungan terhadap obat-obatan terlarang.

Namun, ia bisa bangkit dan menjadikan musik sebagai katarsisnya. Dari satu band ke band lain, hingga akhirnya ia melakukan audisi untuk bergabung di Linkin Park dan terpilih.

Chester telah dipandang sebagai one of the most iconic figures of music in the 21st century.


BACA JUGA


Inilah Kisah Saya, Sang Survivor Depresi Pasca Melahirkan - Saat Menjadi Seorang Mama Jadi Hal yang Begitu Menakutkan

Inilah Kisah Saya, Sang Survivor Depresi Pasca Melahirkan - Saat Menjadi Seorang Mama Jadi Hal yang Begitu Menakutkan

Depresi pasca melahirkan dialami oleh 10 - 15% mama yang baru melahirkan dari 80% yang mengalami baby blues syndrome. Depresi pasca ...

Read more..


Ah, patah hati betul saya saat melakukan riset dan menuliskan kisah-kisah orang terkenal yang mati bunuh diri di atas, Ma. Sungguh, depresi ini nggak bisa diabaikan.

Dan, bukankah setiap orang berpeluang menderita depresi?

Saya sendiri pernah juga berada dalam fase depresi begini. Saya berusaha berteriak minta tolong di media sosial atau melalui ungkapan-ungkapan tersirat pada orang-orang terdekat saya. Tapi, yang saya dapatkan adalah cemoohan dan cibiran miring yang menyebut saya 'drama queen'.

Saya pernah berpikir, kalau saya mati, pasti semua akan berjalan lebih baik. Kalau saya nggak ada, pasti orang-orang terdekat saya itu nggak akan repot. Tapi, bagaimana saya survive, itu adalah cerita lain dalam hidup saya.

Yang pasti, saya mengajak Rocking Mama untuk aware, untuk peduli. Nggak perlu terlalu jauh. Pedulilah pada orang-orang terdekat Mama. Mereka bisa jadi merupakan orang yang nampak "nggak apa-apa" di depan mata Mama, namun bisa jadi mereka merasa "apa-apa" dalam hati dan pikiran mereka.

Waspadai jika ada tanda-tanda ia minta pertolongan. Karena orang depresi itu merasa takut sekali untuk meminta tolong. Penyebab ketakutannya bisa macam-macam, yang mungkin nggak pernah terpikirkan oleh kita sebelumnya.

So long, Chester Bennington! Selamat merayakan kebebasanmu di sana. Hiburlah malaikat-malaikat dengan suara emasmu itu. And I will be here and get jealous of them.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "7 Orang Terkenal Ini Mati Bunuh Diri, dan Depresi Menjadi Penyebab Utamanya. Jangan Abai!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar