8 Alasan Olahraga Adalah Obat Terbaik untuk Segala Penyakit

8 Alasan Olahraga Adalah Obat Terbaik untuk Segala Penyakit

4K
Manfaat melakukan olahraga tak hanya mengencangkan otot dan membuat tubuh lebih bugar, tetapi juga bisa melawan penyakit dan meningkatkan hubungan dengan orang lain.

Selamat Hari Olahraga Nasional, Ma!

Yes, hari ini tanggal 9 September diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional.

Manfaat olahraga, pasti Mama sudah hafal betul. Namun, ternyata olahraga itu nggak cuma sekadar bikin tubuh kita sehat lo.

Mama ingin bebas stres? Lebih cerdas bekerja di kantor dan memiliki hubungan berkualitas dengan Papa dan teman-teman? Ya, itu juga termasuk manfaat dari olahraga, Ma!

Malas berolahraga? Nggak ada waktu buat olahraga? Well, coba simak 8 fakta berikut ini kalau gitu.


BACA JUGA


Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh, Mana yang Lebih Efektif Antara Diet atau Olahraga? Jawabannya Adalah ....

Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh, Mana yang Lebih Efektif Antara Diet atau Olahraga? Jawabannya Adalah ....

Menjaga kesehatan: diet atau olahraga, atau dua-duanya? Mana yang lebih efektif dan cepat

Read more..


8 fakta tentang olahraga berikut ini akan menginspirasi Mama untuk nggak malas olahraga lagi

1. Terapi Depresi


Penelitian yang dilakukan di Universitas Duke, Amerika Serikat menunjukkan, bahwa 60% penderita depresi sedang yangmenjalani olahraga 30 menit tiga kali seminggu selama 6 bulan dapat melawan depresinya tanpa harus menggunakan obat dokter.

Nah, apakah Mama sedang mengalami depresi saat ini? Ayo, Ma, segera jadwalkan olahraga. Nggak perlu ke gym, di rumah juga bisa.


2. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular


Khawatir menderita penyakit jantung di usia muda? Atau ingin terbebas dari tekanan darah tinggi?

Nggak peduli berapa pun berat badan Mama sekarang ini, rutin melakukan olahraga dapat meningkatkan high-density lipoprotein (HDL) atau si kolesterol baik, dan menurunkan trigliselida atau kolesterol jahat, sehingga fungsi jantung dan sistem kardiovaskular bekerja lebih efektif. Hal ini dapat mengurangi plak dalam pembuluh darah yang dapat mempersempit aliran darah, Ma.

Jika jantung kita menjadi lebih sehat, maka masing-masing pompa akan memberikan sejumlah besar darah dan ini dapat memperlambat detak jantung kita, Ma.


3. Meningkatkan kapasitas otak

Olahraga bisa meningkatkan stamina tubuh, sudah banyak yang tahu. Namun, kalau olahraga bisa juga meningkatkan kapasitas otak, pasti belum banyak yang tahu.

Yha! Olahraga mampu meningkatkan level energi dan serotonin di dalam otak. Serotonin adalah hormon di otak yang berfungsi mengontrol mood dan suasana hati serta mengatur pemahaman.

Jika serotonin di otak meningkat, maka emosi Mama juga akan lebih stabil, Ma.

Dengan demikian, dampaknya di dunia kerja adalah produktivitas Mama akan meningkat karena Mama merasa bahagia di tempat kerja.


4. Melawan penuaan

Dengan hanya melakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki, dapat membantu tubuh mencegah penurunan daya kerja otak pada perempuan lanjut usia, demikian kata Daniel M. Landers, profesor ilmu kesehatan fisik dan olahraga dari Universitas Arizona mengutip sebuah hasil penelitian.

Menurut Daniel, semakin lama dan seringnya kegiatan berjalan kaki dilakukan maka ketajaman pikiran juga dapat terpelihara dengan baik.


BACA JUGA


Yuk, Jangan Mager! Ini Dia 5 Olahraga yang Cocok Buat Mama yang Lagi PMS!

Yuk, Jangan Mager! Ini Dia 5 Olahraga yang Cocok Buat Mama yang Lagi PMS!

God made girls have monthly periods and give birth, because He knew guys weren't strong enough to handle it

Read more..


5. Memperbaiki diet

Olahraga membuat otot kita berkembang dan otot membakar lebh banyak kalori daripada lemak tubuh ketika Mama sedang beristirahat.

Dengan begitu, menurut Atkinson, semakin banyak otot yang kita miliki, makin baik metabolisme yang kita alami. Selain itu, pembakaran kalori tentu saja tidak terjadi saat tubuh kita dalam kondisi santai, melainkan saat kita sedang berolahraga atau beraktivitas.

Kalori yang terbakar saat kita bergerak tentu saja lebih banyak daripada saat kita beristirahat atau mager kan, Ma?

Nah, dengan tingkat metabolisme yang baik, maka pola makan Mama pun jadi ikut sehat. Sehingga, selama tidak terlalu berlebihan, setiap makanan favorit dapat Mama konsumsi.


6. Mencairkan stres

Ketika stres melanda, seringkali kita malah melakukan hal-hal yang nggak sehat. Iya nggak, Ma? Seperti ngemil camilan yang tinggi kalori, mengonsumsi soft drink, makan junk food, shopping dan lain sebagainya.

Cara ini memang bisa menurunkan stres sih, tapi akibatnya berbahaya bagi tubuh. Dan, juga bagi dompet Mama. Iya nggak?

Mengapa nggak kita alihkan saja ke olahraga? Ayo, Ma, pakai sepatu olahraga Mama, lalu mulai jogging atau bersepeda.

Berolahraga memberikan efek relaksasi yang baik untuk semua orang karena bisa mengurangi stres dan membuatnya menjadikan Mama sebagai pribadi yang bahagia lo.


7. Melawan penyakit

Sakit itu mahal, yes?

Karena itu, sedini mungkin kita sebaiknya menjaga kesehatan dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Mengonsumsi makanan sehat saja nggak cukup, Mama perlu melengkapinya dengan berolahraga secara teratur. Penelitian menunjukkan, bahwa berolahraga dapat memperlambat dan mencegah berbagai macam penyakit, dari yang berat seperti jantung, stroke, tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes dan osteoporosis hingga yang termasuk ringan seperti flu.


8. Membangun hubungan

Olahraga tak hanya memberikan manfaat untuk fisik semata juga,Ma. Namun, juga membuat hubungan personal Mama dengan orang lain lebih harmonis lo.

Coba saja berolahraga bersama orang-orang terdekat Mama. Jogging bareng Papa dan anak-anak, misalnya. Atau zumba bareng sahabat-sahabat Mama. Atau ikutan yoga di kelas yoga.

Mama pasti akan merasakan hubungan yang lebih dekat dan sehat.

Bahkan, Mama juga bisa mendapatkan banyak teman baru melalui olahraga, apalagi kalau Mama bergabung di komunitas.

Selain itu, jika Mama memang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, maka Mama pasti akan sangat membutuhkan dukungan dari teman-teman dan orang terdekat, supaya usaha Mama berhasil kan?


BACA JUGA


Kurang Olahraga, Tubuh pun Mengirimkan 8 Sinyal Ini. Namun Sayangnya Sering Mama Abaikan!

Kurang Olahraga, Tubuh pun Mengirimkan 8 Sinyal Ini. Namun Sayangnya Sering Mama Abaikan!

Kurang olahraga bisa membuat kita lemah, lesu, lemot, sampai mengalami mood swing. Yes, olahraga nggak cuma berkaitan dengan pengurangan ...

Read more..


Nah, Mama. Ayo, Ma, jangan malas olahraga ya! Mama bisa memulainya dari yang ringan, yang bisa dilakukan di rumah. Mau yoga? Atau, sekadar gerakan-gerakan ringan yang bisa membakar kalori? Semua sudah pernah Rocking Mama ulas lo. Mama tinggal pilih.

Sehat sekarang, sehat nanti, sehat selamanya.

Salam olahraga!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "8 Alasan Olahraga Adalah Obat Terbaik untuk Segala Penyakit". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar