8 Perawatan Mobil Wajib Agar Kendaraan Kesayangan Mama Berumur Lebih Panjang

Perawatan mobil yang wajib dilakukan setiap hari

8 Perawatan Mobil Wajib Agar Kendaraan Kesayangan Mama Berumur Lebih Panjang

101
Walau umurnya sudah menua, perawatan mobil akan bisa membuatnya selalu awet muda.

Merawat mobil ibarat merawat tubuh.

Iya, itu bener lo, Ma. Mobil itu ibarat tubuh deh. Bila sering terpapar sinar matahari, lalu terkena hujan, ia akan mudah terlihat kusam. Ketimbang operasi plastik alias ganti cat yang memerlukan biaya mahal, yuk, kita coba saja lebih perhatian dengan melakukan perawatan mobil sendiri.

Lakukan 8 perawatan mobil wajib berikut ini setiap hari.

1. Hindari parkir di bawah pohon


Adem sih, ya, Ma, namun angin yang mengempaskan ranting-ranting dan daun bisa menimbulkan goresan halus pada cat mobil lo. Terlebih bila ada angin kencang disertai hujan, pohon tumbang akan mengancam keselamatan mobil.

Sudah begitu, tak semua asuransi menerima klaim saat mobil terempas pohon.

Nah loh.

Yuk ah, parkir jauh-jauh dari pohon.


BACA JUGA


Mobil Mogok di Jalan, Jangan Panik! Segera Lakukan Langkah-Langkah Ini untuk Mengamankan Mobil dan Diri Sendiri

Mobil Mogok di Jalan, Jangan Panik! Segera Lakukan Langkah-Langkah Ini untuk Mengamankan Mobil dan Diri Sendiri

Saat kita mengendarai mobil, ada beberapa hal yang jadi 'nightmare', yaitu mobil mogok di perjalanan. Duh, pasti panik luar biasa deh! Entah ...

Read more..


2. Cuci minimal seminggu sekali


Walaupun jarang digunakan, atau selalu ditutup rapat dengan sarung mobil, bukan berarti mobil akan terbebas dari debu lo, Ma.

Oleh karena itu, ada baiknya tetap lakukan perawatan mobil dengan membersihkannya secara rutin. Sebab, debu yang menempel terlalu lama, akan meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan. Bila tak punya banyak waktu, pergi saja ke automatic car wash yang paling-paling hanya membutuhkan beberapa menit saja untuk membersihkan bodi mobil.


3. Glass scrub


Nah, kalau kejadiannya kaca mobil sudah terlanjur berjamur dan banyak bercak kecil di kaca, maka ini saatnya meminta bantuan salon mobil untuk melakukan perawatan mobil bernama glass scrub.

Tak hanya bisa menghilangkan jamur dan mencegah jamur kembali datang dalam waktu 4 bulan, perawatan ini juga bisa membuat kaca mobil menjadi lebih “tahan air”. Maksudnya, kalau kehujanan, maka butiran air hujan tak akan diam di kaca dan menghalangi pandangan, namun akan segera turun ke bawah. Dengan demikian, kaca pun akan selalu jernih.


4. Cuci sendiri? Jangan pakai spons


Bodi mobil nggak sekotor tumpukan piring kotor sehabis kita menyantap rendang, Ma. Jadi hindarilah menggunakan spons jenis apa pun untuk membersihkannya.

Untuk perawatan mobil yang lebih baik, pilihlah kain lap jenis microfiber untuk membersihkan maupun mengeringkan mobil. Permukaannya yang halus tak akan menimbulkan goresan pada cat. Daya serapnya yang tinggi juga bisa mengeringkan mobil dengan cepat.


BACA JUGA


7 Cara Klaim Asuransi Mobil yang Harus Mama Lakukan Ketika Mobil Mengalami Kecelakaan

7 Cara Klaim Asuransi Mobil yang Harus Mama Lakukan Ketika Mobil Mengalami Kecelakaan

Cara klaim asuransi mobil sangat penting dilakukan ketika mobil Mama mengalami kecelakaan, entah ringan maupun berat. Setidaknya dengan ...

Read more..


5. Parkir di basement


Cuaca yang tidak menentu, rentan membuat mobil kepanasan atau kehujanan dalam hitungan jam. Ketimbang catnya mudah kusam karena panas atau kacanya mudah berjamur karena air hujan, pilihlah basement sebagai tempat parkir bila pergi ke mal.

Bila garasi rumah tak cukup untuk menyimpan mobil kesayangan, ada baiknya menyewa tempat parkir di dekat rumah yang memiliki atap. Atau selalu lindungi dengan sarung mobil setelah selesai digunakan.


6. Sarung mobil selalu kering


Sarung mobil kini banyak jenisnya. Ada yang hanya mampu melindungi dari debu, hingga dapat melindungi dari air.

Sesuaikan saja dengan kebutuhan Mama, namun, pastikan sarung mobil dalam kondisi kering saat digunakan. Bila kehujanan, jangan biarkan ia menempel lama di bodi mobil. Sebab, kondisi sarung yang lembap bisa membuat kaca dan bodi berjamur. Terlihat tidak mengilap lagi deh.


7. AC mobil bau asam


Pengharum mobil sudah banyak pula macamnya. Ada yang berupa cairan, ada yang berupa gel. Walau sudah memakai pengharum, AC mobil bisa saja tercium asam saat baru dinyalakan.

Ternyata, penyebab bau asam pada AC ialah pengharum itu sendiri. Sebaiknya ganti dengan aroma atau merek yang lain sebagai perbandingan.

Bila bau tak juga hilang, minta salon mobil langganan untuk melakukan perawatan mobil dengan AC-Aromatherapy. Saluran AC tak hanya dibersihkan, namun akan tercium segar saat dinyalakan. Wanginya pun bisa kita pilih sesuai selera.


8. Car spa


Efek perawatan mobil ini sih kalau di kita mirip luluran, perawatan waxing akan membuat “kulit” mobil terlihat bersih dan bersinar. Obat yang digunakan dalam perawatan ini akan memberikan perlindungan terhadap cat mobil ketimbang saat kita mencuci biasa. Dengan melakukan waxing minimal 3 kali setahun, maka cat mobil bisa terlihat baru sepanjang tahun.


BACA JUGA


Ini Dia 5 Kesalahan Mengemudi Mobil yang Biasa Kita Lakukan dan Bisa Berbahaya

Ini Dia 5 Kesalahan Mengemudi Mobil yang Biasa Kita Lakukan dan Bisa Berbahaya

Menngemudi mobil memang nggak ada teori pastinya. Semua kita lakukan berdasarkan 'hukum jalanan' yang berlaku. Cermati beberapa hal berikut ...

Read more..


Selain perawatan mobil seperti di atas, jangan lupa juga untuk memperhatikan keamanan ekstra. Terlebih bila sering diparkir di luar rumah atau ruang terbuka. Agar maling tak tergoda, yuk, lengkapi keamanannya.

  • Pakai kunci setir mobil. Hal kecil yang bila dilupakan, akan memberi kemudahan bagi para pencuri mobil. Sebab, pencurian biasanya dilakukan dalam waktu 5 menit pertama sejak kita meninggalkan mobil.
  • Kunci roda. Bila mobil akan ditinggalkan cukup lama, maka sebaiknya tambahkan kunci roda yang memiliki kualitas yang bagus. Sehingga modus pencurian dengan mendorong mobil lalu membobolnya kemungkinan kecil terjadi.
  • Asuransikan. Bila umur mobil lebih dari 5 tahun, gunakan asuransi total lost only. Untuk berjaga-jaga bila suatu saat (semoga tidak!) mobil hilang.

Nah, semoga sekarang kendaraan kesayangan Mama itu sudah lebih oke kondisinya setelah dilakukan perawatan mobil ya. Pun jadi lebih aman, bikin kita nyaman saat sedang meninggalkannya.

Stay smart, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "8 Perawatan Mobil Wajib Agar Kendaraan Kesayangan Mama Berumur Lebih Panjang". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dewi Kamaratih | @DewiKamaratih

A mom. A wife. A fighter.

Silahkan login untuk memberi komentar