8 Video TEDx Talks Tentang Keluarga Ini Bisa Mama Tonton di Waktu Senggang yang Akan Memberikan Inspirasi Luar Biasa

8 Video TEDx Talks Tentang Keluarga Ini Bisa Mama Tonton di Waktu Senggang yang Akan Memberikan Inspirasi Luar Biasa

2.9K
Video TEDx Talks yang bukan saja membagi ide tetapi juga inspirasi, motivasi, hingga kisah-kisah luar biasa yang bermanfaat untuk ditonton siapa saja, termasuk oleh Mama.

"Ideas Worth Spreading" yang menjadi jargon dari TED, sebuah organisasi non-profit yang menyebarkan diskusi secara online, memang tepat. Serbuan video-video inspiratif dan bermanfaat memang sedang ramai-ramainya di dunia maya. Coba lihat history tontonan Mama di Youtube, isinya mungkin mulai dari video lucu hingga video tutorial make up, mulai dari video klip musik hingga tutorial DIY.

Well, memang menonton video-video semacam itu sangat menghibur, ya, Ma?

Tapi pernahkah Mama menonton video TEDx Talks? Video yang biasanya menampilkan seorang pembicara di atas panggung dengan tema pembicaraan tertentu. Kalau Mama belum begitu kenal dengan TEDx Talks, mari Rocking Mama kenalkan sebentar.

TED, seperti yang sudah disebutkan di atas, adalah sebuah organisasi non-profit yang punya misi untuk menyebarluaskan ide-ide brilian dari para pembicaranya, dan memastikan bahwa banyak orang memiliki akses untuk mendengarkan ide-ide tersebut dibicarakan.


BACA JUGA


Ini Dia 13 Video Mannequin Challenge Pilihan Rocking Mama! From High Schoolers to Michelle Obama!

Ini Dia 13 Video Mannequin Challenge Pilihan Rocking Mama! From High Schoolers to Michelle Obama!

Mannequin Challenge menjadi viral sejak awal November, dan kini banyak orang yang juga terinspirasi mencoba tantangan ini. Dan, berikut ...

Read more..


Biasanya yang menjadi pembicaranya adalah para pemikir, visionaris hingga guru. Topik yang dibahas juga amat beragam, Ma, mulai dari bisnis hingga pendidikan, tentang self-improvement hingga cinta, perkembangan TEDx Talks sudah sangat luas sekarang.

Platform yang digunakan juga mudah sekali diakses, Ma. Mama bisa menontonnya di Youtube atau di situs resminya. Di Indonesia sendiri ada sebuah organisasi independen yang juga menyajikan hal yang serupa. Namanya TEDx Jakarta dan bisa dilihat di www.tedxjakarta.org. Sudah ada beberapa pembicara keren yang bisa Mama nikmati jika sedang santai di mana saja.


Untuk itu, supaya Mama nggak cuma menonton hal-hal yang menghibur, Rocking Mama punya beberapa rekomendasi video TEDx Talks yang bisa menginspirasi Mama.


1. Rahasia Menjadi Seseorang dengan Mental yang Kuat

Baper itu memang cukup sulit dihindari, ya, Ma, dan kadang perasaan sensitif memengaruhi segala macam hal dalam diri sendiri.

Maka dari itu, salah satu cara yang ampuh untuk mengilangkan negative vibes adalah dengan memiliki mental yang kuat. Tapi kan nggak gampang? Iya, betul sekali, Ma, memang untuk punya mental yang kuat itu nggak gampang. Banyak yang menasihati untuk memperkuat mental, tapi sedikit sekali yang menjelaskan bagaimana caranya.

Untuk itu Mama coba nonton video TEDx Talks berisi penjelasan dan saran dari Amy Morin ini. Bukan hanya inspiratif dan sangat mendidik, video TEDx Talks ini bisa juga Mama kasih lihat ke anak-anak Mama.


2. Terkadang Anak Kecil Jauh Lebih Dewasa Daripada Orang Dewasa, Belajar dari Anak Kecil, Yuk!

Dalam video TEDx Talks satu ini, Adora Svitak dengan baik menjelaskan mengapa terminologi "kekanak-kanakan" (childish) tidak pantas lagi digunakan: karena nyatanya yang membuat hal-hal tidak rasional dan keputusan-keputusan buruk itu adalah orang dewasa, bukanlah anak-anak.

Kadang sebagai orang tua rasanya amat penting untuk melihat hal-hal dari perspektif anak, Ma, karena dengan mendengarkan perspektif mereka, kita akan belajar lebih banyak hal.

Tengok video TEDx Talks berdurasi hampir 11 menit ini, dan rasakan decakan "Oh, iya juga!" saat Mama menontonnya, karena yang Adora sampaikan merupakan kenyataan.



3. Pertanyaan dengan Skala yang Lebih Besar Harus Juga Mama Tanyakan Pada Anak Remaja Mama

Membicarakan masa depan mungkin terdengar terlalu dini untuk Mama diskusikan dengan anak remaja Mama yang masih berusia belasan tahun.

Padahal, pertanyaan seputar "Apa yang mau kamu lakukan di masa depan?" merupakan pertanyaan penting yang bisa membantu anak remaja Mama meraih mimpinya, dan membantu Mama mewujudkan mimpinya tersebut.

Video TEDx Talks dari Lawrence Lewars ini dapat membuka mata kita bahwa beberapa hal penting yang harusnya kita tanyakan kepada para remaja selama ini belum pernah kita tanyakan. Mama pun bisa menonton video ini dengan anak remaja Mama bersama-sama.


BACA JUGA


Please, Stop Menghakimi Remaja Kita! Mari Kita Penuhi Hak-Hak Mereka!

Please, Stop Menghakimi Remaja Kita! Mari Kita Penuhi Hak-Hak Mereka!

Youth is the best time to be rich, and the best time to be poor. – Euripides

Read more..


4. Persiapkan Anak-Anak untuk Kehidupan Bukan Ulangan

Coba Mama berpikir sejenak dan ingat-ingat kapan terakhir kali Mama mengajarkan anak Mama tentang hidup? Membicarakan tentang apa rasanya dan apa yang harus dilakukan oleh orang dewasa?

Kapan terakhir kali Mama mengajarkan skill yang dibutuhkan anak-anak suatu saat nanti (seperti caranya bertanya pada orang asing atau hal kecil seperti caranya berbelanja di supermarket) tetapi tidak pernah diajarkan di sekolah?

Pasti kita lebih sibuk bertanya soal ulangan apa esok atau dapat nilai berapa saat ulangan kemarin. Orang tua memang lebih banyak bertanya dan mengajarkan hal-hal sementara seperti persiapan ulangan.

Ted Dintersmith punya tip yang praktikal dan keren untuk Mama tiru melalui video TEDx Talks ini.


5. Pasangan Orangtua yang Menemukan Makna Hidup dalam Sakit yang Diderita Anak Mereka, Sangat Menyentuh

Jangankan anak sakit parah, sakit panas pun Mama dan Papa pasti sudah panik setengah mati, ya?

Pasangan Roberto D'Angelo dan Francesca Fedeli membagi kisah mereka bertahan dengan keadaan anak pertama yang mengalami stroke saat usianya masih 10 hari. Simak hal-hal yang mereka lakukan hingga hal-hal yang membuat keduanya hampir menyerah.

Semoga dapat menyentuh hati Mama agar tetap semangat dalam berusaha. video TEDx Talks ini sangat menyentuh dan siap-siap tisu ya, Ma.


BACA JUGA


Kisah Si Kembar dengan Down Syndrome, Milo dan Charlie, Ini Bakalan Begitu Menggugah Perasaan Mama. Simak Yuk!

Kisah Si Kembar dengan Down Syndrome, Milo dan Charlie, Ini Bakalan Begitu Menggugah Perasaan Mama. Simak Yuk!

Memiliki seorang anak bagi pasangan yang sudah menikah, mungkin menjadi dambaan setiap pasangan suami istri. Namun, apa yang terjadi jika ...

Read more..


6. Ayah Malala Bercerita Mengenai Anak Perempuannya yang Hebat

Mama tentu tahu sosok Malala Yousafzai yang hebat dengan semangatnya dalam memperjuangkan pendidikan yang setara untuk laki-laki dan perempuan kan? Tapi kenalkah Mama dengan Ziauddin Yousafzai, ayah Malala?

Saya pun baru tahu bahwa ia juga adalah seorang ayah yang luar biasa lho! Dengar kisahnya yang hidup dalam kompleksitas patriarki di Pakistan. sekaligus dengar pandangannya sebagai seorang papa yang amat membanggakan anak perempuannya dalam video TEDx Talks satu ini, Ma.


7. Think Respectfully of Yourself, dan Ajarkan Hal yang Sama Kepada Anak-Anak Mama

Meaghan Ramsey membuka sesinya dengan bercerita mengenai keponakannya yang sedang senang bercermin dan mencium cerminannya sendiri.

Video TEDx Talks yang berdurasi 16 menit ini bukan hanya menggugah rasa percaya diri, tapi juga rasa untuk terus mencintai diri sendiri. Tidak hanya cocok untuk ditonton oleh Mama, tetapi bagus juga ditonton oleh anak-anak Mama. Terutama bagi anak-anak yang memiliki masalah dengan rasa percaya diri atau minder.

Jangan sampai melewatkan video TEDx Talks yang satu ini, ya, Ma.


8. Bukan Ekspektasi Tetapi Kenangan yang Indah Akan Orangtua dan Keluarga Untuk Anak

Semua orangtua pasti punya ekspektasi terhadap anak-anaknya; akan jadi sesukses apa ketika anak Mama dewasa; punya keahlian apa yang akan membuat bangga; atau mungkin sesederhana ekspektasi sebaik apa performa anak-anak Mama di sekolah hari ini.

Semua ekspektasi ini memang terbentuk bukan hanya sebagai harapan, tetapi juga sebagai bayangan yang hendak dibuat kenyataan. Maka hal-hal berguna seperti les tambahan atau ikut kegiatan ekstrakurikuler, akan Mama ajarkan kepada anak.

Tetapi di samping itu semua ternyata ada hal yang jauh lebih penting dan fundamental, lho, Ma. Austeja Landsbergiene, Ph.D, membagi hal paling dasar yang amat penting untuk kehidupan anak-anak Mama melalui video TEDx Talks-nya ini.


BACA JUGA


9 Sikap Sopan Santun yang Harus Diajarkan Kepada Anak Sejak Kecil Agar Ia Belajar Menghargai Orang Lain!

9 Sikap Sopan Santun yang Harus Diajarkan Kepada Anak Sejak Kecil Agar Ia Belajar Menghargai Orang Lain!

Sopan santun memang bersifat relatif, artinya apa yang dianggap sebagai norma kesopanan berbeda-beda di berbagai tempat, lingkungan, atau ...

Read more..


Bagaimana? Sudah ada yang pernah Mama tonton atau Mama punya rekomendasi video TEDx Talks lainnya? Coba share di kolom komentar supaya mama yang lain juga bisa lihat video inspiratif lainnya, ya.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "8 Video TEDx Talks Tentang Keluarga Ini Bisa Mama Tonton di Waktu Senggang yang Akan Memberikan Inspirasi Luar Biasa". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Putri Hadi | @yasminhadi

Part-time writer, full-time magician.

Silahkan login untuk memberi komentar