Menghindari Baby Blues Syndrome, Ini Dia 9 Cara Menumbuhkan Kedekatan Mama dengan Si Buah Hati di Awal Masa Kelahiran

abcnews.go.com

Menghindari Baby Blues Syndrome, Ini Dia 9 Cara Menumbuhkan Kedekatan Mama dengan Si Buah Hati di Awal Masa Kelahiran

1.1K
All kids needs a little help, a little hope and someone who believes in them - Magic Johnson

Semua pasti sepakat jika Mama dan buah hatinya memiliki kedekatan yang ajaib. Seorang Mama bahkan terkadang bisa memahami keinginan atau pikiran buah hatinya sebelum hal tersebut diungkapkan. Kedekatan ini hadir sejak bayi berada dalam kandungan dalam bentuk naluri keibuan yang tumbuh dalam diri Mama. Naluri ini semakin dalam manakala Mama memeluk si buah hati saat ia dilahirkan. Kedekatan yang ditumbuhkan sejak awal kelahiran si buah hati inilah yang menjadi ‘jurus rahasia’ seorang Mama.


Baca juga: 5 Hal Penting Berikut Ini Harus Dipahami Lebih Dulu Untuk Bisa Menolong Mama yang Mengalami Depresi Paska Melahirkan


Namun kadangkala proses menciptakan kedekatan tersebut tidak berjalan lancar seperti seharusnya karena satu dan banyak hal. Mama tak perlu khawatir. Kedekatan, sebagaimana sebuah hubungan, tumbuh dan berkembang karena upaya yang terus-menerus.

Ada banyak cara yang bisa Mama upayakan untuk menjadi lebih dekat dengan buah hati Mama. Mama bisa mencoba cara dari Rocking Mama berikut ini.



1. Sentuhan Skin to Skin

1. Sentuhan Skin To Skin - www.hdwallpaperscool.com
www.hdwallpaperscool.com

Jika memungkinkan saat  Mama mendekap buah hati untuk pertama kalinya, terjadi sentuhan kulit antara Mama dan bayi. Metode ini biasa dikenal dengan metode kanguru. Saat hangat kulit bersentuhan dan Mama mendekap buah hati dengan lembut, ia bisa mendengar degup jantung Mama. Suara yang ia kenal selama dalam kandungan. Itu membuatnya merasa merasa aman dan nyaman. Hidungnya pun samar-samar mulai mengenali dan merekam aroma tubuh Mama dalam otaknya.



2. Memaksimalkan Masa Menyusui

2. Memaksimalkan Masa Menyusui - www.iampregnant.eu
www.iampregnant.eu

Menyusui adalah momen emas untuk membangun kedekatan Mama dengan buah hati.  Sembari menyusui, Mama bisa mengajaknya mengobrol, menyenandungkan lagu ataupun membelai pipinya. Si buah hati biasanya akan merespon dengan memandang Mama lewat matanya yang jernih. Mengusahakan waktu menyusui selama yang memungkinkan juga sangat membantu. Berdasarkan pengalaman saya pribadi, menyusui anak-anak sampai masa 2 tahun membuat mereka  ‘lengket seperti perangko’ bahkan sampai usia remaja.



3. Menghandle Masa Perkembangan Enam Bulan Pertama

3. Menghandle Masa Perkembangan Enam Bulan Pertama - www.walloza.com
www.walloza.com

Saat enam bulan pertama adalah masa-masa penting antara Mama dan si baby untuk membangun pengertian bersama. Karena itu sebisa mungkin Mama menghandle segala hal yang berkaitan dengan pertumbuhannya. Jika Mama bisa berada di sisinya full selama enam bulan pertama tentu adalah hal yang baik. Namun jika tidak karena Mama harus bekerja misalnya, tidak masalah. Sepanjang Mama dan buah hati memiliki waktu-waktu khusus untuk bercengkerama bersama. Semua bisa diatur dan disiasati kok, Ma.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Menghindari Baby Blues Syndrome, Ini Dia 9 Cara Menumbuhkan Kedekatan Mama dengan Si Buah Hati di Awal Masa Kelahiran". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Aline Mora | @alinemora

❣ humalien ❣ writer ❣ dream walker ❣ tarot & oracle reader ❣ extraordinary mother ❣ runeranu.wordpress.com akusanglirang.wordpress.com

Silahkan login untuk memberi komentar