9 Lokasi Wisata Pantai di Bantul Yogyakarta dengan Ciri Khas Masing-masing yang Sangat Beragam

WIsata pantai di Bantul Yogyakarta - Image via Berita Daerah

9 Lokasi Wisata Pantai di Bantul Yogyakarta dengan Ciri Khas Masing-masing yang Sangat Beragam

4.7K
Wisata pantai di Bantul memang tak berpasir putih seperti di Gunung Kidul. Tapi keindahannya tak kalah, pun punya ciri khas masing-masing lho.

Meski luas wilayahnya tidak terlalu luas, namun Yogyakarta mempunyai begitu banyak objek wisata alam yang tak kalah dengan provinsi-provinsi lain di Indonesia yang lebih luas. Sebut saja, objek wisata pantai.

Keunggulan lokasi yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, membuat Yogyakarta mempunyai garis pantai yang sangat panjang, melewati tiga kabupaten.

Dan, tak hanya Kabupaten Gunung Kidul saja yang kaya akan lokasi wisata pantai, Ma. Di Kabupaten Bantul pun ada banyak sekali lokasi wisata pantai indah yang jangan sampai lupa dikunjungi pada musim liburan kali ini. Meski tak berpasir putih seperti pantai-pantai di Gunung Kidul, namun pantai-pantai di Kabupaten Bantul ini tak kalah eksotiknya. Apalagi setiap pantai punya ciri khas masing-masing yang tak akan bisa dijumpai di lokasi wisata pantai lain lho.

Penasaran kan, Ma?


BACA JUGA


Liburan Nggak Sekadar Gaya Hidup Kekinian, Namun Juga Memberi 6 Pelajaran Penting Tentang Hidup Ini!

Liburan Nggak Sekadar Gaya Hidup Kekinian, Namun Juga Memberi 6 Pelajaran Penting Tentang Hidup Ini!

Liburan membuat kita lebih bisa menerima perbedaan dan lebih toleran. Pada tahap tertentu, berjalan menyisiri belahan bumi lain membuat kita ...

Read more..


Inilah 9 lokasi wisata pantai di Bantul Yogyakarta yang mempunyai daya tarik masing-masing yang sangat beragam dan khas


1. Pantai Parangtritis


WIsata pantai di Bantul Yogyakarta - Pantai Parangtritis. Image via titik0jogja

Pantai Parangtritis merupakan wisata pantai di Bantul Yogyakarta yang paling populer. Mungkin karena memang pantai ini adalah pantai yang paling mudah dijangkau ya, Ma, jaraknya tak terlalu jauh dari pusat kota Yogyakarta dan jalannya hanya lurus dan mulus.

Tak hanya wisata pantai dan ombak yang bisa dinikmati di Pantai Parangtritis. Ada banyak sekali hal yang bisa Mama lakukan di pantai ini. Dan, memang, wisata pantai di sini lebih ramah keluarga dan anak-anak ketimbang beberapa pantai di Gunung Kidul.

Misalnya saja, di sini tersedia bendi imut berkuda satu yang bisa Mama sewa untuk dinaiki oleh anak-anak menjelajahi sepanjang pantai Parangtritis, bahkan sampai Parangkusumo. Selain bendi, ada juga persewaan ATV, dan juga ada persewaan paralayang juga lho.


2. Pantai Parangkusumo


WIsata pantai di Bantul Yogyakarta - Pantai Parangkusumo. Image via hoteldanwisata.

Pantai ini mempunyai garis pantai yang menyatu dengan Parangtritis. Terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, lokasi wisata pantai ini dianggap sakral oleh penduduk sekitar karena di sinilah konon terletak pintu gerbang menuju ke Keraton Kidul, istana tempat tinggal Nyi Roro Kidul, ratu penguasa pantai selatan.

So, di sini Mama tak hanya bisa menikmati wisata pantai, tapi juga wisata budaya. Karena di sinilah hampir semua upacara ritual budaya diselenggarakan, dari mulai Labuhan, Labuhan Ageng hingga upacara Melasti para pemeluk agama Hindu.

Tak jauh dari pantai ada suatu tempat yang disebut Cepuri. Konon, di sinilah Panembahan Senopati dan Nyi Roro Kidul sering bertemu, sehingga batu tempat mereka berdua duduk disebut batu cinta.


3. Pantai Samas


WIsata pantai di Bantul Yogyakarta - Pantai Samas. Image via Youtube.

Pantai Samas berlokasi di sebelah barat Pantai Parangtritis. Pantai Samas khas dengan ombaknya yang besar, lebih besar ketimbang yang ada di Pantai Parangtritis, juga delta-delta sungainya.

Namun, bentukan bibirnya cukup curam, sehingga lebih berbahaya ketimbang pantai-pantai lainnya. So, sebaiknya indahkan larangan untuk tidak berenang di sini ya, Ma.

Di Pantai Samas ini juga ada danau air tawar lho.


BACA JUGA


4 Teknik Fotografi Dasar yang Bisa Mama Praktikkan Sembari Liburan dan Jalan-jalan di Weekend Besok

4 Teknik Fotografi Dasar yang Bisa Mama Praktikkan Sembari Liburan dan Jalan-jalan di Weekend Besok

Teknik fotografi dasar Mama perlukan jika ingin menghasilkan foto yang bagus. Mumpung besok weekend, dan barangkali Mama sudah punya acara ...

Read more..


4. Pantai Pandansimo


WIsata pantai di Bantul Yogyakarta - Pantai Pandansimo. Image via Hotel - Wisata di Jogja.

Pandan berarti adalah pohon pandan, dan simo adalah singa.

Pantai ini merupakan wisata pantai di Bantul Yogyakarta yang terletak paling barat, berbatasan dengan muara Sungai Progo. Pantai ini diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono VIII, dan dijadikan tempat tirakatan, karena itu suasana mistisnya masih sangat kental.

Di sini ada objek wisata sejarah, Ma, yaitu Pandanpayung dan Pandansari.

Keunikannya yang lain adalah adanya kincir angin yang merupakan pembangkit energi yang ada di sepanjang Pantai Pandansimo. Keren ya, Ma? Bisa jadi objek menarik untuk dieksplor oleh anak-anak nih.


5. Pantai Patehan/Pandansari


WIsata pantai di Bantul Yogyakarta - Image via Njogja

Kadang kita suka banget kalau ngeliat lukisan atau foto pemandangan laut di malam hari dengan mercusuar di pojok yang sedang memancarkan sinar menerangi cakrawala. Tsah. Kayaknya romantis, menyejukkan sekaligus misterius, gitu kan ya, Ma. Kayak Rangga #eh.

Pemandangan seperti ini bisa kita dapatkan di Pantai Patehan atau Pantai Pandansari, yang punya bangunan mercusuar di salah satu sisi pantainya. Bangunan ini setinggi 7 lantai lho. Jadi kalau Mama sekeluarga pengin menikmati pemandangan wisata pantai dari ketinggian, bisa banget nih naik ke mercusuar ini.

Di Pantai Patehan ini juga terdapat area Agrowisata Buah Naga, yang ada di tepi pantai di Bantul Yogyakarta ini. Petik sendiri buahnya dan dimakan langsung ataupun dijadikan oleh-oleh.

Waw, seru!


6. Pantai Baru


WIsata pantai di Bantul Yogyakarta - Pantai Baru. Image via Setapak Pesona.

Sederetan dengan Pandansimo dan Pandansari, ada juga Pantai Baru.

Pantai ini termasuk wisata pantai yang paling baru yang dikembangkan oleh pemerintah Bantul, sehingga masih sangat bersih dan belum terlalu ramai.

Seperti juga di Pantai Patehan, Mama akan bisa menemukan deretan kincir angin pembangkit listrik di area Pantai Baru ini, Ma. Indah banget memandangi kincir angin itu berputar berlatar belakang langit biru.

Begitu Mama sampai di Pantai Baru, Mama akan disambut rimbunan pohon cemara yang sangat unik, disebut dengan Cemara Udang. Berbeda dengan pohon cemara yang biasa kita lihat, Cemara Udang ini berbentuk melebar dan pendek. Cemara ini cukup meneduhkan area bibir pantai, so, jadi enak banget buat duduk-duduk.


BACA JUGA


Tetap Jaga Kesehatan Kulit Mama Selama Liburan dengan 4 Tips Sederhana Ini!

Tetap Jaga Kesehatan Kulit Mama Selama Liburan dengan 4 Tips Sederhana Ini!

Vacation: live in the sunshine, swim the sea, drink the wild air. ~ Ralph Waldo Emerson

Read more..


7. Pantai Gua Cemara


WIsata pantai di Bantul Yogyakarta - Pantai Gua Cemara. Image via dunia pariwisata.

Pantai Gua Cemara masih berada di satu garis lokasi wisata pantai dengan Pandansimo, dan Pantai Baru.

Disebut Gua Cemara, karena pohon Cemara Udang yang tumbuh di sepanjang pantai ini sangat banyak, berderet-deret hingga membentuk lorong alami mirip gua. Deretan ini membuat pantai sangat teduh dan sejuk, sama sekali tak terasa panas.

Di sini Mama bisa menyewa ATV dan bermain sepuas hati, juga banyak wahana untuk anak-anak, Ma. So, pasti ramah keluarga ya. Selain tentunya Mama juga berwisata kuliner dan belanja oleh-oleh khas daerah ini.


8. Pantai Kuwaru


WIsata pantai di Bantul Yogyakarta - Pantai Kuwaru. Image via Info Wisata Jogjaku.

Di sebelah Pantai Gua Cemara ada Pantai Kuwaru, juga segaris pantai dengan lokasi wisata Pantai Pandansimo dan Pantai Baru. Karena satu garis pantai, maka di sini juga ada deretan pohon Cemara Udang, meski tak sebanyak di Pantai Baru apalagi di Pantai Gua Cemara.

Tapi Pantai Kuwaru menawarkan pemandangan laut yang tak kalah indah dengan pantai-pantai yang lain. Mama bisa menikmati berbagai hidangan laut di dalam warung-warung makan sambil mendengarkan gemuruh angin kencang yang memacu ombak menuju pantai.


9. Pantai Depok


Pantai Depok berada di sebelah barat lokasi wisata Pantai Parangtritis, dan terkenal karena di sini ada tempat pelelangan ikan atau TPI.

Setiap hari nelayan yang pulang melaut akan membawa ikan-ikan hasil tangkapannya ke TPI di Pantai Depok untuk dilelang, dan biasanya pembelinya adalah para pemilik warung-warung makan yang ada di sepanjang pantai.

So, kalau Mama makan di salah satu warung ini sudah dijamin deh, Ma, ikan yang disantap ikan yang masih sangat segar dan harganya pun lebih miring karena dibeli langsung pada nelayan.

Karena itulah, Pantai Depok dikenal sebagai pusatnya seafood di Yogyakarta.


BACA JUGA


Liburan ke Kebun Binatang? Pastikan Si Kecil Aman Bermain dengan 7 Langkah Ini!

Liburan ke Kebun Binatang? Pastikan Si Kecil Aman Bermain dengan 7 Langkah Ini!

Kebun binatang? Wow, itu wisata yang paling mengasyikkan buat si kecil lho, Ma! Agar ia tetap aman dan nyaman bermain sambil belajar di ...

Read more..


Nah, itulah 9 lokasi wisata pantai di Bantul Yogyakarta, masing-masing dengan daya tariknya sendiri-sendiri. Mama mau menikmati semua keunikan pantai itu masing-masing?

Yuk, jalan-jalan sekarang!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "9 Lokasi Wisata Pantai di Bantul Yogyakarta dengan Ciri Khas Masing-masing yang Sangat Beragam". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar