Ada 11 Liburan Long Weekend di Tahun 2017 Lho, Ma! Yuk, Persiapkan Sejak Sekarang Semuanya!

Ada 11 Liburan Long Weekend di Tahun 2017 Lho, Ma! Yuk, Persiapkan Sejak Sekarang Semuanya!

6.3K
Yay, liburan long weekend di tahun 2017 ada 11 lho! Ayo, rencanakan liburan mulai sekarang!

Mama, di tahun 2017 ini kita punya 11 hari libur long weekend di luar libur hari raya Idulfitri lho, Ma! Ha! Iya bener! Coba deh, cek kalender.

Iya, termasuk minggu ini ya. Besok Senin kan kita memperingati Isra Mi'raj. Nah, bakalan banyak lagi long weekend-nya. Yay!!!

Jadi, mau ke mana nih enaknya? Mau ke kebun binatang? Ke pantai? Camping ke gunung? Atau sekalian mau ke New York? Widih! Keren!


BACA JUGA


Liburan Seru Bersama Anak-anak Tanpa Beban Itu Bukan Sekadar Mimpi, Ma! Begini Caranya.

Liburan Seru Bersama Anak-anak Tanpa Beban Itu Bukan Sekadar Mimpi, Ma! Begini Caranya.

Liburan seru yang menyenangkan itu penting sebagai penyeimbang hidup. Kerja keras yang sudah kita lakukan sepanjang waktu sebelumnya bisa ...

Read more..


Well, ke mana pun tujuan liburan kita saat long weekend, biar nggak rempong, kuncinya adalah pada persiapannya, Ma.


Yuk, simak tips berikut ini agar kita dapat benar-benar menikmati liburan long weekend kita kali ini


Selesaikan pekerjaan minimal seminggu sebelumnya


Mungkin bagi Mama yang bekerja kantoran sudah mulai siap-siap beberapa hari yang lalu ya.

Karena long weekend ini pastinya akan mengambil 'jatah' hari kerja, maka sebaiknya sih selesaikan pekerjaan setidaknya seminggu sebelum mulai liburan. Misalnya, Senin nanti Mama kan libur. Supaya nggak numpuk semua di hari Selasa, coba balasin email-email yang ada dulu, Ma. Karena biasanya setelah liburan, semua memang menumpuk di hari berikutnya masuk kerja ya.

Bagi yang memilki usaha sendiri, tetap ya, Ma, jangan lupa untuk menginformasikan kepada pelanggan bahwa Mama akan off saat long weekend ini. Jadi, mungkin Mama akan sedikit slow respond. Atau berikan pengumuman, bahwa semua pesan yang masuk akan ditangani saat sudah aktif lagi.

Namun, kalau ada karyawan yang memang Mama tugaskan untuk tetap mengelola bisnis di saat long weekend, ya Mama cukup mendelegasikan saja tugas-tugas pada mereka. Jadi, nggak perlu berhenti sama sekali ya.


Rencanakan dengan matang


Apakah ada agenda mengunjungi beberapa tempat wisata, tempat kuliner yang sudah jadi incaran selama ini?

Jika Mama belum tahu ingin ke mana saja, atau ngapain saja di tempat tujuan, maka segera browsing tempat-tempat dan kegiatan seru apa sajakah yang bisa dilakukan di daerah tujuan tersebut.

Misalnya, kalau Mama mau ke Solo, Mama bisa membaca kembali artikel liburan ke Solo yang murah di Rocking Mama ini. Atau Mama bisa juga mengecek ke media sosial khusus bagi traveler itu, Ma.


BACA JUGA


Liburan Nggak Harus Mahal. Ini Dia 4 Cara untuk Menikmatinya Secara Murah Meriah!

Liburan Nggak Harus Mahal. Ini Dia 4 Cara untuk Menikmatinya Secara Murah Meriah!

Holiday isn't holiday without plenty of freedom and fun. ~ Louisa May Alcott

Read more..


Bikin itinerary


Itinerary adalah rencana dan agenda perjalanan, Ma. Setelah Mama mencari informasi mengenai lokasi tujuan liburan, maka yang perlu Mama lakukan berikutnya adalah membuat itinerary.

Biasanya itinerary akan terdiri atas:

  • Persiapkan transportasi: perlu segera dipikirkan mau naik apa ke sananya. Kereta api, pesawat, bus atau mau naik kendaraan pribadi? tiket perlu dipersiapkan jauh-jauh hari. Tiket kereta api dan pesawat dapat dipesan maksimal 3 bulan sebelum tanggal keberangkatan. Jika naik kendaraan pribadi, pastikan kendaraannya cukup fit untuk bepergian. Jika Mama memutuskan untuk naik kendaraan umum, maka perlu juga dipikirkan transportasi selama di daerah tujuan ya.
  • Persiapkan akomodasi: cari hotel jauh-jauh hari, Ma. Biasanya kalau long weekend, hotel-hotel juga suka penuh. Maka, siapkanlah hal tersebut sekitar 1 bulan sampai 2 minggu sebelum hari kedatangan. Kalau memungkinkan, pilihlah hotel yang dekat dengan lokasi wisata, atau yang bisa diakses dengan mudah.
  • Persiapkan rute: rute ini penting ya, Ma. Apalagi kalau Mama berlibur kendaraan sendiri. Carilah informasi, daerah-daerah mana yang biasanya terjadi kemacetan. Antisipasi dengan memikirkan rute alternatif, karena saat liburan long weekend begini akan banyak sekali orang yang juga akan berlibur. Macet deh, pasti. Mama bisa download aplikasi-aplikasi di smartphone yang bisa membantu Mama menghindari daerah-daerah macet.

Itinerary ini nggak terlalu perlu dibuat, jika Mama berlibur dengan menggunakan jasa travel agent. Biasanya mereka sudah memilki rangkaian acara dan destinasi wisata. Begitu juga dengan transportasi dan akomodasinya.


Siapkan kondisi kesehatan seluruh keluarga


Kalau liburan long weekend begini, pasti semua anggota keluarga ikut ya, Ma? Pastinya!

Maka dari itu, persiapkan kondisi mereka jauh-jauh hari ya, agar tetap fit saat akan dan sedang berlibur nanti. Jaga asupan gizi seluruh keluarga, kalau perlu tambahkan multi vitamin.

Untuk anak-anak yang masih kecil, perlu persiapan lebih ekstra ya, Ma. Karena tubuh mereka belum sekuat yang sudah dewasa. Jadi, supaya nggak kecapekan dan malah sakit, batasi mereka bermain dengan teman-temannya. Apalagi kalau temannya ada yang sedang sakit. Jaga supaya si kecil jangan ikutan sakit karena ketularan.

Mama sendiri juga jangan terlalu capek ya, Ma!


Packing keperluan yang akan digunakan selama liburan


Persiapkan apa yang akan dibawa selama liburan dengan cermat, Ma.

Keperluan ini tergantung siapa saja yang mau ikut, dan kegiatan apa saja yang akan kita lakukan selama liburan. Persiapkan mulai seminggu sebelum keberangkatan.

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan antara lain:

  • Pakaian, sesuaikan dengan tempat tujuan
  • Alas kaki, sesuaikan dengan tempat tujuan
  • Peralatan mandi (terutama untuk yang bawa bayi)
  • Obat-obatan dasar, P3K dan multivitamin untuk seluruh keluarga
  • Termometer
  • Susu jika bayi atau balita kita masih minum susu
  • Makanan dan perlengkapan makannya jika anak masih MPASI, camilan untuk di perjalanan
  • Alat dokumentasi (pocket kamera atau kamera handphone)
  • Mainan agar anak tidak bosan di perjalanan, jika membawa mobil sendiri dan kebetulan mobilnya ada video playernya maka bawa juga beberapa VCD untuk diputar saat di perjalanan.
  • Aksesoris untuk menunjang penampilan seperti jaket, topi, kacamata, baju renang jika ada agenda berenang di hotel atau di pantai.
  • Kosmetik dan skincare. Jangan lupa sunblock jika ingin bermain di pantai atau bermain di siang hari. Dan pelembap atau moisturizer dan lipbalm jika berlibur ke daerah yang dingin.
  • Stroller atau carrier yang nyaman. Jika tidak membawa kendaraan sendiri saya lebih menyarankan untuk menyewa stroller di daerah tujuan saja. Mulai cari info mengenai pernyewaan tersebut sekitar 2 minggu sebelum keberangkatan. Jika tidak ada stroller, padahal butuh, mungkin bisa membawa sejak dari rumah. Pastikan yang mudah dilipat, ringan sehingga mudah dibawa.


BACA JUGA


Agar Liburan Makin Menyenangkan, Perhatikan 5 Hal yang Harus Dijaga di Tempat Wisata Ini Agar Tetap Terjaga dan Tidak Tercemar!

Agar Liburan Makin Menyenangkan, Perhatikan 5 Hal yang Harus Dijaga di Tempat Wisata Ini Agar Tetap Terjaga dan Tidak Tercemar!

Liburan memang menyenangkan! Tapi, kalau tempat wisata yang kita datangi kotor dan rusak, gimana dong? Itu ulah kita juga kan, yang nggak ...

Read more..


Nah sementara itu dulu tips liburan long weekend ala Rocking Mama kali ini.

Semoga liburan Mama dan keluarga menjadi liburan yang menyenangkan dan tak terlupakan ya.

Enjoy your long weekend trip!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ada 11 Liburan Long Weekend di Tahun 2017 Lho, Ma! Yuk, Persiapkan Sejak Sekarang Semuanya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ratna MaulinaAnneLesmana | @annelesmana

Silahkan login untuk memberi komentar