Agar Balita Sehat dan Bisa Tumbuh Menjadi Healthy Eater, Coba Terapkan 4 Kebiasaan Baik Ini Mulai Sekarang, Ma!

Agar Balita Sehat dan Bisa Tumbuh Menjadi Healthy Eater, Coba Terapkan 4 Kebiasaan Baik Ini Mulai Sekarang, Ma!

904
Ingin menumbuhkan balita sehat? Ingat-ingat selalu 4 kebiasaan yang harus Mama tanamkan sejak ia bayi ini.

Mama mana yang nggak ingin mempunyai anak balita sehat?

Dikutip dari situs PopSugar, para ahli dari Infant Nutrition Council of America meyakini, bahwa Mama dapat mulai menerapkan pola makan sehat pada bayi Mama sejak hari pertama ia lahir.


BACA JUGA


Selera Makan Anak yang Baik Dibentuk oleh Selera Makan Kita Sendiri - Yuk, Biasakan Supaya Anak Nggak Jadi Picky Eater!

Selera Makan Anak yang Baik Dibentuk oleh Selera Makan Kita Sendiri - Yuk, Biasakan Supaya Anak Nggak Jadi Picky Eater!

Selera makan dibentuk oleh budaya keluarga. anak dari orangtua yang picky eater memang biasanya akan cenderung jadi picky eater juga. So, ...

Read more..


Selanjutnya, lama-kelamaan sistem pencernaannya akan menyesuaikan dan ia pun terbiasa makan sehat. Ya, meskipun saat bayi kebanyakan ia hanya mengonsumsi ASI atau susu formula dan makanan bernutrisi yang dilumatkan. Namun, Mama harus tahu dan terapkan 4 kebiasaan ini agar anak Mama tumbuh menjadi balita sehat sekaligus seorang healthy eater hingga ia dewasa nanti.


4 kebiasaan untuk membentuk balita sehat sekaligus healthy eater


1. Ketahui saat ia kenyang


Saat ia menaruh botol susu dan terlihat tidak tertarik lagi dengan botol susunya, jangan paksa ia untuk menghabiskan, Ma.

Itu tandanya, perutnya sudah terisi dan ia merasa sudah cukup. Pilihlah ukuran botol yang kecil atau sedang sesuai dengan umur balita Mama.

Hati-hati, kalau Mama terlalu banyak memberi susu nanti ia gumoh. Setelah ia menghabiskan susunya pun sebaiknya jangan biarkan ia langsung tidur ya, Ma. Ajak duduk-duduk dulu sebentar, atau Mama gendong dalam posisi yang tidak datar. Tunggu beberapa saat sebelum akhirnya ia tidur.


2. Stop menyusui atau memberikan susu formula tengah malam


Saat berat badan anak balita Mama sudah mencapai 5,5 kilo atau lebih, sebetulnya ia sudah bisa tidur tenang dalam waktu 6 jam tanpa asupan ASI ataupun susu formula, Ma.

Jadi sebenarnya, Mama sudah bisa melepasnya dari payudara Mama ataupun botol susunya di malam hari.

Tapi, ya wajar sih, kalau anak masih susah dilepaskan menyusu sampai tertidur begini, karena kebiasaan saat awal-awal ia lahir pastinya 'begadang untuk menyusui' kan, Ma?

Namun, agar balita sehat, Mama memang harus tahu waktu yang tepat untuk berhenti memberikan susu. Kalau bingung saat dapat saran dari ibu mertua, ibu kandung, dan saudara yang beda-beda soal ini, solusi paling baik ya bertanya ke ahlinya, dokter anak, sehingga Mama tahu keterangan medisnya.


3. Saat ia terbangun atau menangis, jangan langsung diberi susu atau makan


Bayi Mama menangis nggak berhenti?

Jika itu terjadi di luar jadwal makannya, jangan buru-buru Mama kasih botol susu. Cari tahu lebih lanjut penyebab utamanya. Mungkin saja ia tidak nyaman dengan posisi popoknya, atau hanya kegerahan.

Biasanya, Mama refleks memberikan camilan sehat favoritnya, ya? Nah, setelah tahu poin ini, cek lebih teliti lagi ya, Ma.


4. Jangan kebanyakan memberi makan saat Mama khawatir dengan berat badannya


Inilah mengapa penting bagi Mama untuk memantau berat badannya secara berkala serta kondisi fisiknya.

Datang ke posyandu terdekat sesuai jadwal itu perlu banget, Ma. Jadi Mama nggak mengira-ngira sebetulnya, berapa takaran makan yang tepat bagi bayi usia 3 bulan atau 6 bulan. Tentunya berbeda kan ya?

Perlu Mama ingat, bahwa ukuran tubuh tak menentukan balita sehat atau nggak sehat. Si kecil mungkin susah gemuk, namun jika dinyatakan sehat ya nggak apa-apa. Mungkin balita anak tetangga memang lebih gembil dan montok ketimbang si kecil, sehingga terkesan lebih sehat.

Kebutuhan dan kemampuan tubuh untuk menyimpan makanan pada masing-masing balita itu berbeda satu dengan yang lainnya. Yang pasti, balita Mama butuh gizi yang cukup untuk tumbuh kembangnya. So, jangan hanya berorientasi pada bobot dan ukuran tubuh saja ya. Lebih baik jangan berlebih terlalu jauh dari rentang berat badan ideal, bisa-bisa anak Mama obesitas!


BACA JUGA


5 Kebiasaan Mama yang Tidak Sehat Ini Jangan Sampai Menular Pada si Kecil ya, Ma!

5 Kebiasaan Mama yang Tidak Sehat Ini Jangan Sampai Menular Pada si Kecil ya, Ma!

Jika anak dibesarkan dengan celaan, maka dia belajar memaki. Jika anak dibesarkan dengan kasih sayang dan persahabatan, dia belajar ...

Read more..


Jangan lupa untuk menginfokan 4 kebiasaan demi membentuk balita sehat yang juga merupakan bekalnya untuk menjadi healthy eater saat dewasa ini ke Papa dan juga pada babysitter ya, Ma. Meski barangkali Mama adalah seorang ibu bekerja di luar rumah, namun Mama pastinya juga harus mengawasi dengan ketat.

Sedari dini, Mama harus terapkan kebiasaan ini agar si kecil menyesuaikan dan tumbuh menjadi balita sehat.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Agar Balita Sehat dan Bisa Tumbuh Menjadi Healthy Eater, Coba Terapkan 4 Kebiasaan Baik Ini Mulai Sekarang, Ma!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Githa MuthiaAnanda | @githamuthiaananda

Silahkan login untuk memberi komentar