Agar Barang Bekas Bermanfaat, Berikut 7 Ide Kreatif Pemanfaatannya Untuk Mempercantik Rumah

Agar Barang Bekas Bermanfaat, Berikut 7 Ide Kreatif Pemanfaatannya Untuk Mempercantik Rumah

1.6K
Barang bekas bermanfaat, emang ada? Ada dong, Ma! Sebelum Mama membuang barang-barang bekas tersebut sebaiknya dipikir lagi karena terkadang barang bekas bermanfaat untuk mempercantik kebun kecil Mama.

Bagi sebagian besar Mama, mengoleksi piranti rumah tangga itu hal yang wajib dilakukan. Bener nggak, Ma? Setiap ada diskon di toko, pasti deh kita membeli minimal satu atau dua alat rumah tangga, entah satu set alat makan, piring maupun alat memasak. Coba deh Mama cek di dapur, ada berapa barang sejenis tapi jumlahnya lebih dari satu? Contohnya nih, piring, segala macam piring pasti ada bukan di lemari, mulai piring motif bunga, polos, ukuran kecil hingga ukuran besar. Kebiasaan mengoleksi barang ini tak hanya sebatas piranti rumah tangga yes, tapi produk fashion hingga otomotif pun tumplek di rumah. Betul? And in the end, ketika barang-barang tersebut jarang dipakai atau rusak maka akan menjadi barang bekas. Tau nggak Ma, ternyata barang bekas bermanfaat untuk bisa mempercantik rumah kita lho.

Selama ini, barang bekas langsung kita buang karena sudah menuhin rumah, bikin ruang keluarga tambah sesak. Sebenarnya, jika kita jeli, barang tersebut bisa kita daur ulang menjadi barang bekas bermanfaat. Daripada kita menumpuk limbah dari barang bekas, ada baiknya kita mencari ide kreatif untuk mengolah bahan tersebut. Ide ini bisa Mama dapatkan di mana saja entah di Instagram, Pinterest ataupun dari teman.



Ini dia 7 ide barang bekas bermanfaat untuk rumah.



1. Panci atau pengukus yang sudah berlubang

1. Panci Atau Pengukus Yang Sudah Berlubang -


Hayo, ada berapa banyak panci atau pengukus di rumah? Hehehe... Kalaupun sudah berlubang jangan dulu dibuang, Ma! Barang bekas bermanfaat ini bisa digunakan untuk menghias sudut rumah lho. Bisa Mama fungsikan kembali dengan menanam bunga di dalamnya lalu menggantungnya di salah satu sudut rumah. Keren Ma!



2. Botol-botol bekas

2. Botol-botol Bekas - Barang bekas bermanfaat : botol plastik maupun kaca dijadikan wadah pot bunga
Barang bekas bermanfaat : botol plastik maupun kaca dijadikan wadah pot bunga


Botol kaca bekas terutama yang mempunyai desain cantik dan unik, bisa di manfaatkan sebagai pot unik juga loh Ma. Semakin cantik apabila botol-botol tersebut di gantung, bisa di area taman depan rumah. Pasti para tamu Mama akan terkagum-kagum deh dengan hiasan dinding ala Mama ini..

Botol plasti? Bisa banget Mama fungsikan sebagai pot. Hitung-hitung kita mengurangi limbah besar yang tidak bisa mengurai ribuan tahun.



3. Ban mobil bekas

3. Ban Mobil Bekas - Barang bekas bermanfaat : ban mobil bekas
Barang bekas bermanfaat : ban mobil bekas


Dengan sedikit kreativitas, mengecat ban mobil bekas dengan warna menyolok akan membuat barang bekas ini terlihat menarik. Semakin menarik karena bisa di manfaatkan juga sebagai media tanam. Kalau Mama mempunyai ban bekas lebih dari 1 buah, untuk penataan bisa di tumpuk secara vertikal sebagai media tanam tanaman yang mempunyai batang besar dan tinggi.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Agar Barang Bekas Bermanfaat, Berikut 7 Ide Kreatif Pemanfaatannya Untuk Mempercantik Rumah". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Indriyas Wahyuni | @indriyaswahyuni

Blogger, Freelancer, Book & Food Lover Blog : http://www.indriariadna.com