Agar Hubungan Suami Istri Tetap Solid Setelah Anak-anak Hadir, Maka Lakukanlah 5 Hal Ini Mulai Sekarang!

Agar Hubungan Suami Istri Tetap Solid Setelah Anak-anak Hadir, Maka Lakukanlah 5 Hal Ini Mulai Sekarang!

4.8K
Hubungan suami istri yang memiliki anak seharusnya justru lebih kuat, karena harus bertanggung jawab kepada kehidupan yang dipercayakan Sang Mahakuass.

Kehidupan suami istri setelah punya anak membuat kita perlu melakukan adaptasi besar-besaran ya, Ma.

Sewaktu masih berdua saja, kepentingan bersama masih dapat mudah diakomodir, karena memang masih berdua. Setelah berubah menjadi bertiga, berempat, atau bersekian, tentu akan membuat kita jadi sulit fokus lagi akan hal yang menjadi inti dari pernikahan, yaitu hubungan suami istri yang solid.

Fokus dan tingkat kematangan hubungan suami istri akan benar-benar diuji saat kita sudah memiliki anak-anak. Papa mungkin akan semakin tenggelam dalam tugasnya sebagai pencari nafkah, semakin dituntut untuk membawa keuangan keluarga ke level yang lebih baik. Sedangkan Mama, lebih tertekan lagi dengan kurangnya waktu dalam 24 jam untuk melakukan semua hal di rumah.


BACA JUGA



Ingat Ma, meski easy to talk, but hard to do, namun Mama pasti setuju kan, kalau kita perlu menjadi tim yang solid untuk menjadi orangtua yang baik bagi anak-anak?

Ada beberapa hal loh, Ma, yang sebenarnya bisa dilakukan supaya hubungan suami istri tidak terasa tersabotase oleh hadirnya anak-anak di tengah-tengah kita.


Beberapa hal yang bisa dilakukan oleh suami istri agar hubungan tetap solid meski anak-anak telah hadir



1. Sediakan waktu berdua

1. Sediakan Waktu Berdua -


Ini mungkin terdengan klise dan sudah sering banget kita dengar sebagai nasihat pernikahan di mana-mana ya, Ma. Tapi percaya deh, Ma, waktu berdua antara suami istri ini adalah hal yang penting untuk selalu diadakan agar tetap terhubung satu sama lain.

Ketika Mama dan Papa, masing-masing seharian disibukkan oleh kewajiban dan rutinitas, tetaplah sediakan waktu untuk berdua. 

Mama dan Papa bisa saling berbagi cerita, atau sekadar diam berdua dalam pelukan. Kembalikan bonding antara Mama dan Papa yang telah hilang sepanjang hari. Mama dan Papa bisa janjian off gadget di waktu berdua ini, sehingga bisa memiliki waktu yang lebih berkualitas.

Jika sebelum ada anak-anak, Mama dan Papa punya hobi nonton bioskop atau nonton acara musik, cobalah juga untuk tetap lakukan hal tersebut. Walaupun perlu usaha lebih, usahakan tetap melakukan tradisi atau kebiasaan ini ya, Ma, supaya tetap memiliki waktu spesial berdua.

Kalau memang harus, Mama dan Papa perlu juga punya tradisi parents' night out! 

Ambil akhir minggu ketika anak-anak menginap di rumah kakek nenek, lalu pergi ke hotel atau ke tempat yang seru untuk dihabiskan berdua. Benar-benar nikmatilah waktu dan kebersamaan yang ada. Berikan reward kepada diri Papa dan Mama sendiri, karena telah menjadi pasangan suami istri dan orangtua yang luar biasa. 

Dijamin deh, hubungan berdua akan lebih dekat dan tentunya lebih kuat.



2. Sediakan Juga Waktu untuk Sendiri

2. Sediakan Juga Waktu Untuk Sendiri -


Pernah dengar lagunya, Chicago dengan judul Hard To Say I'm Sorry, yang bilang gini, Ma? 

Even lovers need a holiday, far away from each other.

Wah, saya percaya banget tentang ini, Ma. Bahwa, bahkan sepasang kekasih pun juga perlu waktu sendiri. Dan ini termasuk sepasang suami istri yang sudah menikah lama, seperti Mama dan Papa. 

Setelah berperan sebagai anggota tim sebagai orangtua, Papa dan Mama juga perlu waktu sendiri

Sekadar menikmati creambath buat Mama, atau melakukan hobi untuk Papa. Waktu sendiri membuat kita lebih fokus dan sadar kalau kita, bagaimanapun, adalah seorang individu. 

Bahagia dimulai dari diri sendiri loh, Ma. Jika kita bahagia, hal lainnya akan mengikuti. Maka membahagiakan diri sendiri itu memang perlu banget!



3. Jangan Menjadi Martir

3. Jangan Menjadi Martir -


Yep! Jika Mama merasa beban pekerjaan di rumah sudah mulai terlalu banyak, dan pikiran pun hilang fokus, maka barangkali sudah waktunya Mama bicara atau minta bantuan kepada Papa. 

Bicarakan bantuan apa yang Mama inginkan. Kita tidak harus dan tidak bisa melakukan semua sendirian kok, Ma. Sekuat apa pun Mama, bantuan yang datang dari akan jauh meringankan beban Mama, dan Mama bisa lebih fokus dalam mengerjakan sesuatu.  


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Agar Hubungan Suami Istri Tetap Solid Setelah Anak-anak Hadir, Maka Lakukanlah 5 Hal Ini Mulai Sekarang!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Susan | @susanindriany

Mom of two. Surviving motherhood. Owner of Blog Dekat Hati. www.dekathati.com

Silahkan login untuk memberi komentar