Liburan Naik Pesawat, Ini Dia 5 Tips Agar Anak Tak Rewel dalam Penerbangan Pertamanya

Liburan Naik Pesawat, Ini Dia 5 Tips Agar Anak Tak Rewel dalam Penerbangan Pertamanya

2.5K
Naik pesawat? Persiapan adalah koentji! Yuk, persiapkan semua bekal si kecil saat ia akan naik pesawat untuk pertama kalinya.

Liburan atau traveling dengan keluarga apalagi sambil bawa bayi tentu repot ya, Ma. Apalagi kalau tempatnya jauh dan hanya bisa dijangkau dengan naik pesawat terbang. Pastilah Mama khawatir si Kecil nangis saat perjalanan atau kakaknya mau lari-larian, mumpung lagi di atas awan.

Nah, saya punya tips nih, yang cukup berhasil untuk mengatasi kekhawatiran kita sebagai orangtua, terutama Mama saat mengajak balita kita naik pesawat untuk yang pertama kalinya.


BACA JUGA


7 Tips Mudik Nyaman dengan Menggunakan Kapal Bersama Si Kecil. Seru!

7 Tips Mudik Nyaman dengan Menggunakan Kapal Bersama Si Kecil. Seru!

Agar selalu nyaman, Mama hanya perlu melakukan 7 tips mudik ini jika nanti hendak melakukan perjalanan dengan menggunakan kapal bersama si ...

Read more..


5 Tips mengajak balita naik pesawat untuk yang pertama kalinya



1. Tidur Cukup

Pastikan Mama sudah mengatur pola tidur anak sebelum hari keberangkatan dengan naik pesawat tiba, sehingga jam tidur anak tidak terganggu dan anak bangun dengan perasaan riang gembira karena akan pergi berlibur.


2. Jaga Pola Makan

Saat berpergian, biasanya jadwal makan kita agak terganggu karena jarak tempuh yang jauh atau kondisi tertentu yang menghambat kita untuk segera mengisi perut.

Jadi, Mama bisa pastikan anak-anak sudah sarapan sebelum berangkat ke bandara, atau sesaat sebelum naik pesawat. Atau, bisa juga menyiapkan bekal, seperti nasi goreng dan roti untuk dimakan di perjalanan, baik di pesawat, mobil, ruang tunggu ataupun di rest area.



3. Pastikan Kebutuhan si Kecil Tersedia

Kalau Mama berpergian bareng balita naik pesawat, pastikan kalau Mama sudah menyiapkan segala sesuatunya mulai dari camilan kesukaannya, air minum, susu, pakaian ganti, minyak telon, bedak, jaket, topi, popok sekali pakai, lap, tisu basah, mainan dan lain-lain yang bisa membuat si Kecil nyaman dan tenang saat perjalanan.

Tentu Mama nggak mau panik dong, saat tiba-tiba si kecil merengek karena haus atau lapar di atas pesawat, sedangkan Mama nggak punya apa pun untuk diberikan.

Mau beli pun kalau di pesawat mahal ya Ma. Bisa lebih panik ketika bayi Mama muntah dan seluruh pakaiannya ada di bagasi. Nah, Mama bisa siapkan satu tas kecil yang memuat semua perlengkapan bayi.


BACA JUGA


Mudik Lebaran Menggunakan Kereta Bersama Bayi? Asyik Aja, dan Lakukan Tips Berikut!

Mudik Lebaran Menggunakan Kereta Bersama Bayi? Asyik Aja, dan Lakukan Tips Berikut!

Hai, Mama! Apa kabar puasa Ramadan, Mama? Lancar ya? Nggak terasa sudah sepertiga Ramadan kita lalui ya. Well, kayaknya ini sudah waktunya ...

Read more..


4. Usir Rasa Bosan dengan Kegiatan yang Bervariasi

Perjalanan jauh dengan naik pesawat paling tidak memakan waktu satu jam lamanya. Anak Mama bisa saja sudah kenyang, tak mau tidur, dan mulai bosan karena harus tetap duduk di kursinya.

Mama bisa alihkan perhatiannya dengan melihat pemandangan di luar jendela, sambil mengomentari atau bercerita tentang bangunan atau awan yang dilihat.

Bisa juga Mama mengajak si kecil membaca, atau sekadar melihat gambar yang ada di buku dan katalog promosi yang biasanya tersedia di semua maskapai penerbangan. Biarkan si kecil membolak-balik halaman bukunya sendiri.

Pilihan aktivitas lainnya, Mama juga bisa ajak si kecil mengobrol dan bernyanyi. Pokoknya, make it fun!


5. Minta Bantuan Anggota Keluarga yang Lain

Wah, semua cara sudah digunakan tetapi si kecil masih juga rewel. Ini saatnya Mama minta bantuan anggota keluarga.

Ya, mungkin dia ingin bermain bersama ayahnya, kakek neneknya, tentunya setiap orang punya permainan atau topik obrolan yang berbeda. Itu artinya saatnya Mama bertukar tempat duduk!


BACA JUGA


Ada 11 Liburan Long Weekend di Tahun 2017 Lho, Ma! Yuk, Persiapkan Sejak Sekarang Semuanya!

Ada 11 Liburan Long Weekend di Tahun 2017 Lho, Ma! Yuk, Persiapkan Sejak Sekarang Semuanya!

Yay, liburan long weekend di tahun 2017 ada 11 lho! Ayo, rencanakan liburan mulai sekarang

Read more..


Nah, semoga beberapa tips di atas bisa membantu Mama lebih menikmati perjalanan naik pesawat dengan buah hati tercinta ya, Ma?

Selamat jalan, Ma!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Liburan Naik Pesawat, Ini Dia 5 Tips Agar Anak Tak Rewel dalam Penerbangan Pertamanya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ara Dewi | @aradewi

Silahkan login untuk memberi komentar